Bacaan Doa Sholat Jenazah Lengkap untuk Mayit Perempuan dan Laki-Laki

Sholat Jenazah
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

VIVA – Doa sholat jenazah wajib diketahui oleh setiap umat Islam di seluruh dunia. Sebab, mengurus jenazah juga akan membuat kita semakin menyadari bahwa kematian pasti akan datang. Apalagi dalam agama Islam, berbuat baik bukan hanya dengan ditunjukkan kepada seseorang yang masih hidup. Menjadi umat Islam, kita senantiasa diwajibkan untuk melakukan amalan-amalan terhadap jenazah atau orang yang sudah meninggal dunia. Sholat jenazah merupakan salah satu bentuk amalan kita kepada mayit selain memandikan, mengkafani, dan menguburkan. 

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

Dalam ajaran agama Islam, hukum sholat jenazah adalah fardhu kifayah, yang mana bila ada satu orang yang mengerjakannya, maka gugurlah kewajiban untuk orang lain. Walaupun demikian, setiap amalan tentunya menyimpan berbagai keutamaan yang sayang bila dilewatkan saat ada kesempatan. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar." (HR. Bukhari dan Muslim).

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Tata cara dan doa sholat jenazah berbeda dengan sholat fardhu atau sholat sunah yang biasa dikerjakan sehari-hari. Sebab, dalam pelaksanaannya tidak ada gerakan I’tidal, ruku, dan sujud. Niat sholat jenazah, antara laki-laki dan perempuan juga berbeda. Nah, untuk memahaminya secara lebih jelas, berikut ulasan tentang doa sholat jenazah lengkap dengan tata cara yang disadur dari berbagai sumber. 

Urutan Sholat Jenazah

Jenazah Taruna STIP Tewas Diduga Dianiaya Senior Akan Dibawa ke Bali Besok

Menurut hadi Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Abu Umamah dikatakan bahwa urutan tata cara shilat jenazah adalah sebagai berikut. 

“Dari Abi Umamah bin Sahl bahwa seorang shahabat Nabi SAW mengabarkannya bahwa aturan sunnah dalam shalat jenazah itu adalah imam bertakbir kemudian membaca Al-Fatihah sesudah takbir yang pertama secara sirr di dalam hatinya. Kemudian bershalawat kepada Nabi SAW, menyampaikan doa khusus kepada mayyit dan kemudian membaca salam.” (HR. Al-Baihaqi).

Tata Cara dan Doa Sholat Jenazah

1. Berwudhu

Berwudhu.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang kita ketahui bahwa syarat sah sholat tidak terkecuali untuk sholat jenazah adalah suci dari hadas dengan cara berwudhu. 

2. Berdiri untuk yang Mampu

Sholat Jenazah

Photo :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

Layaknya melakukan sholat wajib atau sholat sunnah, sholat jenazah juga dianjurkan untuk berdiri bagi orang yang mampu. 

3. Niat

Sholat Idul Adha

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Sebelum melakukan sholat jenazah, kita harus tahu tentang bacaan niat sholat jenazah terlebih dahulu. Sebab, seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa niat sholat jenazah perempuan dan laki-laki berbeda. Nah, berikut adalah bacaan niat sholat jenazah. 

Niat sholat jenazah untuk mayit laki-laki:

Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat sholat jenazah untuk mayit perempuan:

Usholli ‘ala hadzahihil mayyitati arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma’muman lillahi ta’ala.

Artinya: ”Saya niat salat atas jenazah ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

4. Takbir

Salat berjamaah.

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Dalam tata cara dan doa sholat jenazah, takbir dilakukan sebanyak empat kali termasuk takbiratul ihram. Ketika takbir, disunahkan untuk mengangkat kedua telapak tangan sampai telinga untuk laki-laki, dan dada untuk perempuan. Kemudian disedekapkan kembali di area pusat setelah setiap takbir. 

Allau Akbar. (Allah Mahabesar)

5. Membaca Surat Al Fatihah Setelah Takbir Pertama

Ratusan jamaah sholati jenazah Ameer Azzikra.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil 'alamiin. Ar rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh-dhaalliin. 

Artinya: "Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam, yang maha pengasih, maha penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

6. Membaca Sholawat Nabi Setelah Takbir Kedua

Jenazah Pilot Merpati Disholatkan

Photo :
  • Erik Hamzah

Allahumma sholli alaa muhammad wa ala aali muhammad. Kamaa sholaita ala ibroohim wa ala aali ibroohim. Innaka hamiidun majiid. wa baarik ala muhammad wa ala aali muhammad. Kamaa baarokta ala ibroohim wa ala aali ibroohim. Fil aalamiina Innaka hamidun majiid.

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia."

7. Takbir Ketiga Kemudian Membaca Doa Sesuai Jenis Kelamin Jenazah

Ilustrasi Sholat Idul Fitri

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Untuk jenazah perempuan membaca doa:

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar.

Atau kamu juga dapat membaca dalam versi pendek:

Allahummagh firlahaa waa warhamhaa wa'aafihaa wa'fuanhaa.

Untuk jenazah laki-laki dapat membaca doa

Allahummagfir lahuu warhamhu wa'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahuu wa wassi' madhkhalahuu waghsilhu bil maa-i-wats-tsalji walbaradi wa naqqihii minal-khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul-abyadhu minad-danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa raujan khairan min zaujihi waqihii fitnatal-qabri wa'adzaaban-naar.

8. Setelah Takbir Keempat Membaca Doa

Warga di Makassar salat tahajud berjamaah

Photo :
  • VIVA/ Irfan/ Makassar

Allahumma laa tahrimna ajrahu wa laa taftinna ba'dahuu waghfir lanaa wa lahuu. 

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

9. Tutup Sholat Jenazah dengan Salam ke Kiri dan ke Kanan dalam Posisi Berdiri. 

10. Tahlil

Setelah melaksanakan sholat jenazah, dianjurkan untuk membaca doa tahlil berikut ini. 

La ilaha illallahul a'fi ba'da qudratih. La ilaha illallahul Baqi ba'da fana-i kholqihi. La ilaha illallah kullu syai-in halikun illa wajhah. Lahul hukmu wa ilaihi yurja'un. 

Artinya: “Tiada tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah Yang Maha memberikan afiat setelah KekuasaanNya. Tiada tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah Yang Maha kekal setelah binasa seluruh ciptaanNya. Tiada tuhan yang pantas disembah dengan sebenar-benarnya melainkan Allah segala sesuatu di alam ini akan hancurkecuali wajahNya (keridhoanNya). Dialah Yang Maha memiliki otoritas segala kebijakan. Dan kepadaNya mereka semua kembali”.

Anggota DPR RI dari PAN Ahmad Yohan

Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

Penyerangan terhadap sejumlah mahasiswa Katolik yang tengah berdoa Rosario di Tangsel jadi perhatian. Ada mahasiswa yang alami kekerasan dengan luka bacokan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024