Bacaan Doa Sholat Hajat Supaya Keinginan Dikabulkan Allah SWT

ilustrasi sholat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Doa sholat hajat wajib diketahui oleh setiap umat muslim, karena semua orang tentunya mempunyai hajat atau keinginan tertentu. Dalam agama Islam sendiri, sangat dianjurkan untuk melakukan sholat hajat ketika kamu mempunyai keinginan. Terkait dengan keinginan dunia atau akhirat, dengan cara tertentu yang merupakan bentuk ibadah. Sholat hajat sendiri sangat berkaitan erat dengan rezeki, karena sholat sunah ini akan mendatangkan rezeki berupa ijabah doa, keberhasilan dan kesuksesan, terhadap apa yang tengah diinginkan.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Selain itu, lewat sholat hajat juga seorang manusia akan mendapatkan rezeki yang berbentuk ketenangan dan ketentraman di dalam hidup. Keduanya bisa diperoleh lantaran dekat dan memiliki hubungan yang baik dengan Allah SWT. Bahkan, Allah SWT akan mengabulkan permintaan hamba-Nya, baik secara cepat atau lambat. Dalam praktiknya, sholat sunah ini dikerjakan sebanyak dua rakaat hingga 12 rakaat selama satu minggu berturut-turut. Nah, berikut adalah ulasan tentang bacaan doa sholat hajat secara lengkap dari berbagai sumber. 

Waktu Pelaksanaan Sholat Hajat

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Untuk mengerjakan sholat hajat sebetulnya tidak ada waktu khusus untuk mengerjakannya. Sebab, sholat hajat bisa dilaksanakan, baik siang atau malam hari, asalkan tidak dalam waktu yang terlarang. Adapun maksud dari waktu yang terlarang untuk mengerjakan sholat hajat adalah setelah subuh hingga terbit matahari, setelah waktu asar, dan lain sebagainya. 

Tata Cara dan Doa Sholat Hajat

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

1. Membaca Niat

At tahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaat lillah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barokaatuh. Assa’aamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish sholihiin. Asyhadu alla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh. Allahumma sholli ‘ala Muhammad.

Artinya: Segala kehormatan, keberkahan, shalawat dan kebaikan adalah milik Allah. Keselamatan, rahmat dan berkah Allah mudah-mudahan tetap tercurahkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Keselamatan semoga tetap terlimpahkan kepada kami dan seluruh hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya.

13. Berdiri Mengulang Seperti Rakaat Pertama

14. Duduk Tasyahud Akhir

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu’alaina wa’alaa ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah. Allaahumma shalli’alaa muhammad, wa’alaa aali muhammad. Kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. Wabaarik’alaa muhammad wa alaa aali muhammad. Kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil’aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad.Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

15. Salam

Doa Sholat Hajat

Dalam rangkaian sholat sunah ini, dianjurkan untuk membaca doa sholat hajat berikut ini. 

1. Bertawassul dengan cara membaca surat Al Fatihah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya, para sahabat, ulama, guru, orang tua, dan semua umat Islam. 

2. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Falaq, An Naas, dan Ayat Kursi sebanyak tiga kali. 

3. Lalu, dilanjutkan dengan membaca doa sholat hajat berikut ini. 

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul 'arsyil 'azhiim. Alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. As 'aluka muujibaati rohmatika wa 'azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada' lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap kebaikan.

Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

4. Setelah itu, sampaikan segala keinginan atau hajat dihadapan Allah SWT. 

Menaker Ida Fauziyah.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Menaker Ida menegaskan pentingnya keselamatan kerja dalam kegiatan usaha di Indonesia agar dapat maksimal dalam upaya mendongkrak laju perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024