9 Nama-nama Surga Tercatat dalam Al-quran, Lengkap dengan Artinya

Nama-nama Surga
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Nama-nama surga tercantum dalam Alquran. Selain mencantumkan nama-nama surga, dalam Alquran juga menggambarkan surga, hingga sifat-sifat penghuni surga. Menurut teologi Muslim, surga adalah tempat kembalinya manusia, dipenuhi dengan kegembiraan orang-orang beriman, dan digambarkan memiliki beberapa tingkatan dan nama. 

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Pandangan yang berlaku di masyarakat adalah bahwa surga dibagi menjadi tujuh atau delapan lapisan, begitu juga neraka. Namun sebenarnya nama-nama surga dalam Alquran tidak terbatas pada tujuh tingkatan tersebut.

Dalam surat Az-Zumar ayat 73,  Allah SWT. telah berfirman mengenai surga yang telah dijanjikan tersebut.
“Wa siiqallaziinattaqau rabbahum ilal-jannati zumaraa, attaa izaa jaa`haa wa futiat abwaabuhaa wa qaala lahum khazanatuhaa salaamun ‘alaikum tibtum fadkhuluhaa khaalidiin”.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Artinya: “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya.” (Q.S. Az-Zumar: 73).

Surga

Chinese Muslims: Adapting and Becoming Part of Indonesia

Surga.

Photo :
  • U-Report

Surga merupakan sebuah nama yang telah dikenal oleh setiap manusia, baik muslim maupun kafir sebagai tempat yang penuh dengan kenikmatan. Melansir dari muslim.or.id, surga berarti kebun yang di dalamnya terdapat banyak pohon dan kurma. Sebagian ulama bahasa mengatakan, “Tidaklah disebut jannah/surga dalam bahasa arab kecuali di dalamnya terdapat pohon kurma dan anggur.” Sebagian yang lain mengatakan, disebut surga/jannah karena lebatnya pohon yang ada di dalamnya dan ranting / dahannya memberikan naungan bagi yang berada di bawahnya.

Allah Taala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Rabb mereka ialah surga Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Rabbnya." (QS. Al-Bayyinah: 6-8).

Surga berarti kebun yang di dalamnya terdapat banyak pohon dan kurma. Sebagian ulama bahasa mengatakan, "Tidaklah disebut jannah/surga dalam bahasa arab kecuali di dalamnya terdapat pohon kurma dan anggur." Sebagian yang lain mengatakan, disebut surga/jannah karena lebatnya pohon yang ada di dalamnya dan ranting / dahannya memberikan naungan bagi yang berada di bawahnya.

Dalam bukunya Darajat al-Jannah bi al-Tartib, Hanan Ubaidillah menyebutkan bahwa surga adalah tempat tinggal para pemenang, orang-orang yang beriman, berbuat kebaikan dan selalu menjauhi dosa. Orang-orang ini menemukan kebahagiaan abadi, kepuasan dan istirahat di surga. Tidak ada kesedihan, kelelahan dan rasa sakit di surga.

Selain nama dan pangkat, surga memiliki beberapa pintu, tepatnya delapan pintu. Empat gerbang pertama adalah gerbang sholat, gerbang perang suci, gerbang sedekah, gerbang rayan atau gerbang puasa. Sedangkan empat gerbang ulama lainnya berbeda, yaitu: gerbang penekan amarah, gerbang kepuasan, gerbang utama, gerbang pengakuan, gerbang bakti, gerbang haji, gerbang ingatan dan gerbang praktik. Gerbang Ilmu (Fathul Bari [7]: 34)

Pandangan ini didasarkan pada hadis nabi Muhammad saw yang berbunyi, “Siapa yang bersedekah sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari pintu shalat, jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari pintu sedekah, jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau pintu ar-Rayyan.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

Terlepas dari perbedaan pandangan ulama berkenaan nama pintu surga, dari hadis di atas dapat dipahami bahwa manusia dapat memasuki surga dari berbagai pintu yang sesuai dengannya. Mereka yang gemar melaksanakan sholat bisa masuk lewat pintu sholat, mereka yang gemar berpuasa bisa masuk lewat pintu puasa dan sebagainya. Artinya, setiap kebaikan bisa saja membawa seseorang dapat masuk ke dalam surga.

Nama-nama Surga

Ilustrasi surga.

Photo :
  • U-Report

1. Darussalam

Allah Ta’ala berfirman,

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal shalih yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127).

Sebagian ulama mengatakan, “Disebut darussalam karena surga adalah tempat yang terbebas dari hal yang kotor, hal yang membahayakan dan hal yang tidak disukai”. Pendapat yang lain mengatakan artinya Darullah, karena As-Salam adalah salah satu nama Allah.

2. Jannatul Khuld

Allah Ta’ala berfirman,

“Katakanlah (Muhammad), “Apakah (adzab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?” (QS. Al-Furqan: 15). Disebut dengan nama ini karena penduduk surga itu kekal berada di dalam surga, tidak berpindah posisi ke tempat yang lain, dan tidak mencari cari tempat lain selain surga.

3. Jannatul Ma’wa

Allah Ta’ala berfirman, “(yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS. An-Najm: 14-15)

4. Darul Muqamah

Allah Ta’ala berfirman, “Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu”. (QS. Fathir: 34-35)

5. Jannatu ‘Adn

Allah Ta’ala berfirman, “Dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ash-Shaff: 12).

6. Maq’adu Shidq

Allah Ta’ala berfirman, “Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.” (QS. Al-Qamar: 54-55).

7. Qadama Shidq

Allah Ta’ala berfirman, “Berilah peringatan kepada manusia dan gembirakanlah orang-orang yang beriman bahwa mereka mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Rabb kalian.” (QS. Yunus: 2).

8. Al-Maqamul Amin

Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam tempat yang aman.” (QS. Ad-Dukhan: 51).

9. Jannatun Na’im

Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Luqman: 8).

Firdaus Termasuk dari Nama-nama Surga?

Ilustrasi surga Firdaus.

Photo :
  • U-Report

Firdaus merupakan salah satu bagian dari surga yang letaknya paling mulia dan yang paling tinggi. Allah Ta’ala berfirman, “Sungguh, orang yang beriman dan beramal shalih, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Ummu Haritsah, “Wahai Ummu Haritsah, sesungguhnya di sana terdapat banyak Surga dan sungguh anakmu telah mendapat Firdaus (Surga) yang paling tinggi.” (HR. Al-Bukhari No. 3982).

Sebab – Sebab Orang Masuk Surga

Ilustrasi calon penghuni surga.

Photo :
  • U-Report

Melansir dari quora, terdapat empat hal yang membuat manusia masuk ke dalam surga diantaranya sebagai berikut:

  • Memberi makan orang yang sedang menjalankan puasa kepada orang miskin atau yang tidak mampu.
  • Orang yang menjalankan puasa Ramadhan dengan melakukan sholat wajib atau sunnah.Orang yang suka
  • Membaca Quran (baik selama bulan Ramadhan atau bulan-bulan biasa)
  • Orang yang bisa melindungi kata-kata mereka dari kata-kata kotor dan jahat yang menyakiti orang lain.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian surga, nama-nama surga yang terdapat di dalam Alquran, hingga sebab-sebab orang masuk surga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ilustrasi Masjid

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Pentingnya penelusuran tentang negara-negara tanpa masjid menjadi sorotan kali ini. Saat ini, Islam merupakan salah satu agama terbesar di dunia. Berikut daftar negaranya

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024