8 Nama Nama Neraka dalam Islam, Ada Tempat untuk Orang Gibah

Ilustrasi Siksa Neraka
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagai umat Islam, nama nama neraka tentunya harus sudah menjadi pengetahuan umum. Sebab, ajaran agama Islam mewajibkan kita semua untuk meyakini keberadaan surga dan neraka sebagai tempat terakhir kehidupan manusia di akhirat nanti. Umat muslim tentu saja sudah mengetahui ganjaran yang akan didapatkan sesuai dengan apa yang dilakukan di dunia. Dalam Islam, neraka digambarkan sebagai tempat untuk mereka yang mempunyai amal buruk lebih berat ketimbang amal baik. Kata neraka sendiri berasal dari bahasa Arab an-nar yang artinya panas, tembakan, dan api. 

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Secara istilah, neraka mempunyai arti sebuah tempat yang mengerikan yang disediakan untuk orang-orang yang berbuat dosa dan kejahatan. Semata-mata neraka bukan tempat penyiksaan oleh Allah, tapi tempat penyembuhan. Neraka dibuat untuk menghukum orang-orang yang sudah durhaka, yaitu kafir, musyrik, fasik, dan lain sebagainya. Orang-orang ini akan tinggal abadi di dalam neraka. Kemudian orang mukmin yang durhaka akan menjalankan masa hukuman dan tinggal sementara di neraka. Nah, berikut adalah ulasan tentang nama nama neraka yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Neraka Jahannam

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Ilustrasi Neraka

Photo :
  • U-Report

Nama nama neraka pertama adalah Jahannam yang menjadi tempat paling tinggi dan dikhususkan untuk orang-orang yang sudah membuat dosa besar. Neraka yang satu ini mempunyai dasar yang sangat dalam atau keadaan gelap serta hitam, sehingga dinamakan sebagai neraka Jahannam. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari HR. Muslim yang berbunyi. 

Dapat Kecaman Keras, Presiden Iran Tetap Pertahankan Aturan Hijab yang Ketat

Artinya: “Kami dulu pernah bersama Rasulullah SAW, Tiba-tiba terdengar suara sesuatu yang jatuh. Nabi Muhammad SAW lantas bertanya, “Tahukah kalian, apakah itu?” Para sahabat pun menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Nabi Muhammad SAW kemudian menjelaskan, “Ini adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka sejak 70 tahun yang lalu dan batu tersebut baru sampai di dasar neraka saat ini.” (HR. Muslim)

Para penghuni neraka jahannam ini antara lain orang-orang yang sudah melakukan dosa besar, orang munafik, orang yang sudah mengikuti langkah setan, orang yang durhaka kepada Allah SWT, sampai orang yang bakhil atau pelit. Allah SWT berfirman dalam Al Quran tentang kehadiran neraka Jahannam ini yang artinya:

“Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya,” (Q.S Al-Hijr: 43).  

2. Neraka Lazha

Ilustrasi Siksa Neraka

Photo :
  • U-Report

Neraka Lazha adalah neraka yang berkobar-kobar atau menyala dan diperuntukkan bagi mereka yang berpaling dari risalah Nabi Muhammad SAW, membelakangi tauhid, dan tidak mau melakukan sedekah. Saat ketamakan dan terlalu mencintai duniawi, orang-orang ini akan dimasukkan ke dalam neraka Lazha. 

Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." (Q.S Al Ma'arij: 15-18). 

3. Neraka Huthamah

Ilustrasi api neraka.

Photo :
  • U-Report

Neraka Huthamah sendiri merupakan salah satu dari nama nama neraka yang wajib diketahui. Neraka ini akan diisi oleh orang-orang yang kerap melakukan hal yang sedang populer saat ini, yaitu membicarakan orang lain. Untuk kamu yang kerap bergosip, membuat informasi yang tidak benar dan mengumpat, maka akan masuk ke dalam api neraka yang sangat panas. 

Bukan hanya itu saja, orang-orang yang mengutamakan kepentingan dunia juga akan menjadi calon penghuni nama nama neraka ini. Neraka Huthamah ini pun hadir dan dibahas di dalam salah satu surat Al Quran yang berbunyi:

"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat (al-humazah) lagi pencela (al-lumazah), yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya" (Q.S Al Humazah: 1-3). 

4. Neraka Sa’ir

Ilustrasi neraka.

Photo :
  • U-Report

Nama nama neraka yang satu ini berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti menyala, berkobar, dan tidak dipadamkan sejak diciptakan. Neraka Sa’ir disimpulkan sebagai neraka yang mempunyai api berkobar-kobar dan menyala. Di dalam neraka ini sudah disiapkan tali-tali, rantai-rantai, ular, kalajengking, dan belenggu. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran berikut. 

“Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami menjadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala,” (Q.S Al Mulk: 5).

Kehadiran neraka ini jadi pengingat dari Allah untuk manusia yang tidak menunaikan kewajiban zakat, memakan harta anak yatim, menentang dakwah nabi dan rasul, memakan harta yang bukan hak atau korupsi, dan mendustakan kiamat. Allah SWT juga berfirman tentang nama nama neraka ini yang berbunyi:

Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka),” (Q.S An Nisa: 10). 

5. Neraka Saqar

Ketika Penghuni Neraka Mengharapkan Kebinasaan Diri Mereka

Photo :
  • U-Report

Al Quran menerangkan bahwa neraka saqar mempunyai panas yang sangat membakar. Dijelaskan juga ciri-ciri dari manusia yang akan menjadi calon penghuni neraka Saqar adalah orang yang sombong dan mendustakan Al Quran, orang yang tidak pernah melaksanakan sholat, dan orang yang tak pernah memberikan makan untuk orang miskin.

“Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (Neraka) Saqar?” Mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan salat, dan kami (juga) tidak memberi makan orang miskin, bahkan kami biasa berbincang (untuk tujuan yang batil), bersama orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari Pembalasan, sampai datang kepada kami kematian,” (Q.S Al Mudatsir: 42-47). 

6. Neraka Jahim

Penghuni neraka.

Photo :
  • U-Report

Nama nama neraka berikutnya adalah Jahim yang mempunyai arti sangat panas. Karena itu, neraka tersebut dinamakan Jahim sebagai tempat dengan api besar di sebuah jurang atau lubang. Neraka ini disiapkan oleh Allah SWT untuk para pendusta ayat-ayat Allah, mendurhakai-Nya, dan untuk mereka yang lupa urusan akhirat karena disibukkan dengan duniawi. 

“Tetapi orang-orang yang berusaha menentang ayat-ayat Kami dengan maksud melemahkan (kemauan untuk beriman), mereka itu adalah penghuni-penghuni Neraka Jahim,” (Q.S Jahim: 51). 

7. Neraka Wail

Gambaran orang kafir di neraka.

Photo :
  • U-Report

Nama nama neraka ini disiapkan oleh Allah untuk mereka yang lalai dalam mengerjakan sholat. Lalai ini dalam arti terlena oleh urusan dunia dan meninggalkan seruan-Nya. Neraka ini juga disiapkan untuk mereka yang selalu riya’ (sombong) dengan memperlihatkan amal kebajikannya kepada orang orang lain dan curang dalam bisnis. Allah SWT berfirman dalam Al Quran:

"Celakalah (wail) bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)! (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan, dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi," (Q.S Al Muthafifin: 1-3).

8. Neraka Hawiyah

Ilustrasi neraka.

Photo :
  • U-Report

Menurut bahasa, Hawiyah artinya jatuh dari tempat yang paling tinggi ke tempat yang paling rendah. Artinya, bisa dikatakan bahwa Hawiyah adalah segala sesuatu yang tak diketahui dasar atau keraknya. Sebutan untuk neraka ini dalam Al Quran adalah nar hamiyah yang berarti api panas dan berkobar. Jadi, Hawiyah adalah tempat dengan api panas di dasar neraka yang paling dalam. 

Neraka ini akan diisi oleh orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran surat Al Qariah tentang adanya neraka hawiyah dan para calon penghuni yang artinya:

“Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah Neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas,” (Q.S Al Qariah: 8-11). 

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha merupakan salah satu ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir dan pakar Al Quran hingga mendapat julukan 'manusia Quran'.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024