8 Nama-nama Dinosaurus, Populer hingga Saat Ini

Dinosaurus
Sumber :
  • istockphoto

VIVA – Nama-nama dinosaurus ada beragam macam. Diketahui, ada delapan nama-nama dinosaurus yang populer hingga saat ini. Industri film Hollywood juga banyak menghadirkan film mengenai kehidupan dinosaurus, baik animasi dan juga laga.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode Kapur (65 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum.

Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia. Ukurannya yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan film-film laris yang mengisahkan mengenai dinosaurus, misalnya Jurassic Park.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Kulit dinosaurus kering dan bersisik, dan sebagian dari mereka mempunyai bulu di tubuhnya, meskipun bulu tersebut lebih difungsikan untuk menghangatkan diri dibanding untuk terbang. Dinosaurus adalah hewan poikiloterm, hewan berdarah dingin seperti reptilia modern yang harus mendapatkan sinar matahari sebagai sumber energi mereka selain makanan. Namun, belakangan ini muncul pendapat bahwa dinosaurus adalah hewan homoioterm, hewan berdarah panas.

Dinosaurus bereproduksi secara seksual dan ovipar. Ukuran telur dinosaurus beragam dari yang sebesar telur ayam sampai sebesar bola basket. Fosil telur dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan sejauh ini adalah fosil telur ''Gigantoraptor'' dari Mongolia. Telur tersebut berbentuk elips dengan diameter hampir 50 cm.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Berikut delapan nama dinosaurus yang paling banyak diketahui:

1. Tyrannosaurus Rex
Tyrannosaurus Rex lebih sering disebut dengan T-Rex. Nama T-Rex sering muncul di film Jurrasic Park dan Jurrasic World. Dinosaurus ini dianggap paling mengerikan dan garang. Ciri-cirinya memiliki kaki yang besar, rahang yang kuat dan keras, serta semua bagian tubuh yang penuh dengan duri sehingga bisa mematikan mangsanya dengan mudah.

T-Rex memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan berat badan hampir di angka 1 ton. Untuk sekali makannya, jenis dinosaurus ini bisa melahap 250 kg daging. Wow!

2. Brontosaurus
Brontosaurus memiliki tubuh yang sangat besar dan panjang. Lehernya lebih panjang seperti jerapah. Brontosaurus memiliki tinggi dengan kisaran 27 meter dengan berat 39 ton. Jenis dinosaurus ini lebih nyaman tinggal di padang pasir yang sangat luas daripada harus tinggal di hutan. Makanan brontosaurus daun-daun berwarna hijau.

3. Stegosaurus
Ciri-ciri Stegosaurus badannya memiliki lempengan duri. Lempengan duri ini sebagai penarik perhatian lawan jenisnya menjelang masa kawin.

Stegosaurus ini memiliki panjang mencapai 9 meter dan berat sekitar 3 ton. Dinosaurus jenis ini memiliki otak dengan volume yang kecil.

4. Triceratops
Memiliki tanduk yang besar di belakang kepala, menjadikan jenis dinosaurus ini sebagai ciri khasnya dan mudah untuk dikenali. jenis dinosaurus ini memiliki tinggi kurang lebih 9m dengan berat hampir 10 ton. Kepala Triceratops tergolong paling besar, karena sebagian dari beratnya tertahan di kepala.

5. Velociraptor
Nama dinosaurus yang satu ini dari segi bentuknya hampir mirip dengan T-rex. Hanya saja tubuh dinosaurus ini lebih kurus dan kecil.

Meskipun kecil, ukuran tubuh dinosaurus ini terlihat sangat besar. Ukuran dari nama dinosaurus ini tingginya sekitar 1,5 meter dengan berat sekitar 135 kg. Dinosaurus ini mempunyai tubuh yang kecil, sehingga lincah dan tanggap. selain itu juga dinosaurus ini juga cerdas.

Hewan ini diperkirakan dapat berlari hingga kecepatan 39 km per jam. Selain itu hewan ini juga dapat berinteraksi dengan kawanan sejenisnya dan lebih suka berburu dalam jumlah besar atau berkelompok.

6. Dilophosaurus
Dilophosaurus sangat unik karena memiliki sirip di bagian kepalanya. Sirip ini dapat menutup dan membuka. Hewan ini mempunyai tinggi sekitar 6 meter dengan berat sekitar 400 kg. Selain itu, hewan ini mempunyai rahang yang sangat kuat yang digunakan untuk memangsa dan memakan mangsanya karena hewan ini merupakan dinosaurus karnivora.

7. Spinosaurus
Spinosaurus menjadi salah satu dinosaurus terbesar diantara dinosaurus lainnya. Tingginya mencapai 18 meter dengan berat tubuh sekitar 22 ton.

Ciri khas dari dinosaurus ini yaitu mempunyai sirip besar yang tumbuh pada bagian punggung hingga ke ekor.Hewan ini merupakan hewan karnivora, spinosaurus lebih suka mengkonsumsi ikan dan hewan laut meskipun badannya besar, spinosaurus ini diperkirakan dapat berenang dengan gesit di dalam air.

8. Corythosaurus
Corythosaurus mempunyai ciri khas yang unik yaitu bentuk mulutnya yang seperti paruh bebek dan bagian atas kepalanya yang memiliki jengger seperti ayam.

Jengger pada bagian atas kepalanya ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan bunyi ketika disalurkan ke udara. Apabila jengger tersebut berbunyi, itu tandanya corythosaurus memberikan peringatan bagi hewan pemangsa yang ada disekitarnya supaya tidak mendekat. Corythosaurus memiliki tinggi mencapai 9 meter dengan berat sekitar 3-4 ton.

Semua ahli setuju bahwa dinosaurus merupakan binatang terbesar yang pernah berjalan di bumi. Dinosaurus-dinosaurus terbesar berada di kelompok Sauropodomorpha, yang dapat tumbuh hingga sepuluh kali lebih besar dibanding mamalia darat terbesar, Paraceratherium, dan sepuluh kali lebih besar dibanding dinosaurus karnivora terbesar atau dinosaurus Ornithschia terbesar. Ukuran dinosaurus raksasa meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir.

Dinosaurus karnivora raksasa mempunyai selisih ukuran yang tipis, akan tetapi telah diketahui bahwa Theropoda terbesar adalah Spinosaurus dari Afrika Utara, dengan panjang antara 15–16 m dan berat 7-11 ton, disusul Giganotosaurus, Carcharodontosaurus, dan Tyrannosaurus lalu Mapusaurus.

Sementara, pemegang rekor dinosaurus terkecil masih diperdebatkan. Compsognathus pernah diduga sebagai dinosaurus terkecil, dengan panjang 60 cm dan berat 4 kg. Kemudian diketahui bahwa fosil tersebut merupakan hewan yang masih muda. Compsognathus dewasa mencapai panjang sekitar satu meter. Ornithschia terkecil adalah Fruitadens dengan panjang kurang dari 80 cm, yang hidup pada Zaman Jurasik.

TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Video baru Galih Loss yang kontroversial kembali menjadi perbincangan hangat setelah kasus video prank yang menggegerkan. Ia diduga melecehkan agama Islam.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024