10 Universitas Terbaik di Dunia, Mana Impianmu?

Stanford University.
Sumber :
  • http://www.ruangteknologi.com/

VIVA – Menjadi salah satu bagian dari Universitas terbaik di dunia tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hal ini tentu menjadi prestasi yang paling membanggakan bagi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat, lantaran berhasil masuk ke dalam Universitas terbaik di dunia.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

Bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang jauh lebih tinggi menjadi impian semua orang. Terlebih jika bisa berhasil masuk ke dalam Universitas terbaik di dunia. 

Salah satu prestasi yang paling didambakan oleh semua orang tentu bisa melanjutkan pendidikan di Universitas terbaik di dunia, ataupun minimal terbaik di negaranya sendiri, Indonesia.

Mengintip 7 Fakta Menarik Prodi Manajemen Universitas Atma Jaya

Tapi nyatanya tidak semua orang yang bisa mencapai impiannya karena adanya beberapa faktor, mulai dari biaya, keinginan, kemampuan akademis hingga keberuntungan. Faktor tersebut tidak sedikit melatarbelakangi orang berpikir dan mempertimbangkan untuk melanjutkan ke Universitas terbaik di dunia maupun di negaranya sendiri.

Bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi saja sudah lebih dari cukup. Tapi berbeda dengan mereka yang ambisius dan sungguh-sungguh mendambakan bisa menjadi bagian dari Universitas terbaik di dunia.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Tak memiliki banyak biaya pun, tidak menghalangi keinginan mereka untuk bisa menimba ilmu di sana. Tidak sedikit orang hanya bermodalkan nekat dan belajar bersungguh-sungguh agar bisa mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan di universitas terbaik di dunia. Salah satunya dengan mencoba peruntungan beasiswa. 

Untuk mendukung hal tersebut, pihak pemerintah tak ketinggalan untuk menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi mereka yang ingin dan mampu secara intelektual untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Pendidikan memang menjadi aset penting sekaligus berharga untuk selalu ditingkatkan. Tak heran jika pemerintah pun berani untuk mengeluarkan dana bantuan berupa bentuk beasiswa pada orang-orang yang ingin dan bersungguh-sungguh. 

Dengan harapan mereka yang menuntut ilmu hingga ke luar negeri bisa mengharumkan nama baik Indonesia setelah pulang dari sana.

Nah bagi Anda yang butuh referensi universitas terbaik di dunia, berikut ini kami bagikan 10 kampus terbaik versi QS World University Rankings. Di mana baru-baru ini QS World University Rankings kembali membagikan daftar peringkat Universtias terbai di dunia tahun 2022. 

Tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, beberapa nama kampus masih mengisi jajaran sepuluh besar kampus terbaik di dunia. Wah, apa ada kampus idaman kalian?

1. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Photo :
  • U-Report

Di posisi pertama ada nama Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang masih menduduki peringkat Universitas terbaik di dunia. Kampus terbaik di dunia ini rupanya berhasil mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut. 

MIT merupakan universitas yang dikenal dengan riset dan teknologinya yang sudah ternama. Meski pamornya di bawah Harvard atau Oxford, sejak 2013 QS University menempatkan MIT pada posisi teratas sebagai universitas terbaik di dunia.

MIT memeiliki beberapa program studi terbaik di dunia, antara lain arsitektur, teknologi, kimia, matematika, ekonomi, sistem informasi, dan linguistiknya dianggap sebagai yang terbaik di dunia.

MIT merupakan institusi riset swasta yang berlokasi di Kota Cambridge, tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay, Boston, Amerika Serikat.

2. University of Oxford, United Kingdom

Oxford University

Photo :

Selanjutnya di posisi kedua ada University of  Oxford.  University of Oxford, United Kingdom ini menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di Inggris. 

Perguruan tertinggi tertua di Inggris ini memiliki beberapa program studi yang terkenal, mulai dari fisiologi, arkeolog,  anatomi, geografi, juga sastra dan kemanusiaan. Dengan beragam keunggulan yang dimiliki University of Oxford membuat kampus ini berhasil dinobatkan menjadi kambut terbaik di posisi nomor dua di dunia.

Di balik keberhasilannya menjadi kampus terbaik di dunia, menjadikan University of Oxford ini melahirkan sejumlah tokoh penting dunia. Pemandangan indah sekitar sungai Thames Inggris, membuat kampus Oxford of University ini begitu ikonik dan apik. 

3. Stanford University, United Statest

Stanford University.

Photo :
  • http://www.ruangteknologi.com/

Universitas terbaik di dunia pada urutan ketiga ada Stanford University. Lokasinya  terletak di Stanford, California, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1891. 

Kampus yang menempati posisi ketiga di dunia ini dikenal dengan memiliki bidang terbaik di kampusnya. Mulai dari sastra dan kemanusiaan, teknik dan teknologi, ilmu sains dan kedokteran, ilmu sosial dan manajemen serta ilmu pengetahuan alam.

Berada di Silicon Valley, California, Stanford University telah berhasil menghasilkan banyak periset kelas dunia, begitu pula pengusaha teknologi yang memiliki pengaruh besar pada generasi saat ini. 

Beberapa di antaranya adalah Elon Musk (Tesla), Sergei Brin (Google), Peter Thiel, John Kennedy (mantan Presiden AS) dan Larry Page (Google).  Sedangkan dari Indonesia sendiri, ada nama Maudy Ayunda.

Tidak heran, jika kampus ini menjadi incaran bagi banyak para calon mahasiswa baru.

4. University of Cambridge, United Kingdom

University of Cambridge .

Photo :
  • U-Report

University of Cambridge, yang terletak sekitar 60 mil utara London, menelusuri sejarahnya kembali ke tahun 1209. Sekitar 19.000 mahasiswa menghadiri universitas dan lebih dari 35 persen dari mereka belajar di tingkat pascasarjana.

Ada enam bidang di kampus ini, antara lain seni dan humaniora; ilmu biologi; obat klinis; humaniora dan ilmu sosial; ilmu fisika; dan teknologi. 

Kalender akademik di Cambridge dibagi menjadi tiga istilah - Michaelmas (musim gugur), Prapaskah (musim dingin) dan Paskah (musim semi). Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di universitas ini.

Jika kamu ingin mencoba untuk masuk ke perguruan tinggi satu ini, siap-siap banyak persyaratan masuk dan pastinya sangat ketat untuk diikuti. Selain University of Oxford, Cambridge University juga termasuk  perguruan tinggi tertua di Inggris. Tak heran, jika universitas ini memiliki banyak sejarah di dunia pendidikan Inggris. 

Banyak tokoh penting yang dulunya mengenyam pendidikan di kampus ini. Beberapa di antarnaya adalah Sir Isaac Newton sang penemu hukum gravitasi, Stephen Hawking, dan pendiri The Huffington Post Arianna Huffington.

5. Harvard University, United States

Harvard University

Photo :

Didirikan pada tahun 1636, Harvard University adalah institusi pendidikan tinggi tertua di AS. Sebagian besar mahasiswa Harvard belajar di tingkat pascasarjana dan lebih dari 20 persen dari badan mahasiswa adalah internasional.

Harvard terletak di Cambridge, Massachusetts,  memiliki fasilitas seperti Harvard Medical School yang berbasis di kota terdekat Boston. Universitas ini memiliki sumbangan terbesar dari sekolah mana pun di dunia. Penelitian Harvard berlangsung di berbagai disiplin ilmu di lebih dari 100 pusat.

Universitas Harvard berada di peringkat #1 di Universitas Global Terbaik. Sekolah diberi peringkat menurut kinerjanya di seluruh indikator keunggulan yang diterima secara luas.

Bicara Harvard University pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Universitas terbaik di dunia ini selalu jadi perbincangan seantero negeri.

Keunggulan Harvard University terletak pada jurusan ilmu sains dan kedokteran serta ilmu sosial dan manajemen. Adapun tokoh-tokoh dunia yang berhasil mengenyam pendidikan di Harvard University adalah sebagai berikut ini, Barack Obama, Michelle Obama, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, dan pendiri Microsoft Bill Gates.

6. California Institute of Technology (Caltech)

Caltech

Photo :

Universitas terbaik di dunia urutan keenam adalah  California Institute of Technology (Caltech).  California Institute of Technology dikenal sebagai Caltech. 

Didirikan pada tahun 1891 sebagai Universitas Throop dan menerima namanya saat ini pada tahun 1920. Sekolah yang berfokus pada sains dan teknik ini berlokasi di Pasadena, California, kira-kira 11 mil timur laut Los Angeles.

Ada sekitar 2.200 siswa di Caltech, dengan sekitar 55 persen dari mereka belajar di tingkat pascasarjana. Rasio mahasiswa-fakultas sangat rendah, pada 3:1. Lebih dari seperempat dari total pendaftaran Caltech adalah internasional. 

Hal tersebut lantaran, Caltech University memiliki kapasitas mahasiswa yang lebih kecil. Kendati demikian, Caltech University memiliki reputasi yang sangat baik di bidang STEM, terutama di bidang teknik kimia, biologi, kimia, ilmu kelautan dan perairan, ilmu alam, fisika dan astronomi. 

7. Imperial College London

UCL Building

Photo :

Imperial College London adalah lembaga publik yang didirikan pada tahun 1907. Universitas ini sebelumnya merupakan perguruan tinggi dari University of London dan menjadi lembaga independen pada tahun 2007

Universitas yang berfokus pada sains terdiri dari beberapa kampus yang berlokasi di dan sekitar London. Kampus utama terletak di South Kensington, sebuah area di London Pusat yang merupakan rumah bagi lembaga budaya dan pendidikan lainnya, seperti Museum Sejarah Alam. 

Lebih dari 15.000 siswa Imperial, dan biaya kuliah lebih tinggi untuk siswa non-Uni Eropa. Kampus ini populer karena menyediakan program teknik dan kedokteran kelas dunia.

8.  ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology

UCL Building

Photo :

University College London menjadi salah satu dari universitas bergengsi di dunia. University College London memiliki persyaratan masuk yang sangat tinggi sehingga seringkali banyak calon siswa yang tidak lulus seleksi karena kurang memenuhi persyaratan secara akademis. 

University College London menyediakan berbagai program jalur khusus di mana memang sengaja dikhususkan untuk siswa internasional yang belum memiliki kualifikasi mencukupi untuk masuk ke tahun pertama universitas. 

 Universitas ini pertama kali Didirikan pada tahun 1826, UCL menawarkan lebih dari 400 program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Sungguh luar biasa bukan?

Kampus terbaik di urutan sembilan ini dikenal sebagai kampus dengan jumlah profesor perempuan terbanyak. Adapun beberapa tokoh dunia yang berhasil menimba ilmu di sini. 

10. University of Chicago

Chicago University

Photo :

Di urutan 10, ada University of Chicago. University of Chicago didirikan pada tahun 1890, kampus ini merupakan universitas riset swasta yang sangat konsisten dalam hal peringkat universitas dunia.

Banyak sederet orang hebat dan ternama berhasil mengenyam ilmu di sini, termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan. University of Chicago menawarkan berbagai jurusan dan fakultas yang dapat kamu pilih. 
 

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024