20 Kata-kata Umar bin Khattab yang Meresap di Jiwa

Ilustrasi Umar bin Khattab
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kata-kata Umar bin Khattab tidak kalah memberikan inspirasi serta motivasi, dari Ali bin Abi Thalib. Hazrat Umar Ibn Al-Khattab atau Umar bin Khattab merupakan salah satu khalifah yang terkenal dalam sejarah agama Islam. 

Masih Bingung? Simak Penjelasan Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Fitri Ini

Dia adalah khalifah Islam kedua setelah Hazrat Abu Bakar R.A. Tahukah kalian, ternyata ada banyak hal-hal besar dan prestasi spektakuler yang telah dibuat Umar bin Khattab pada masanya. Seperti salah satunya kutipan kata-kata Umar bin Khattab yang terkenal dan menyebar di mana-mana. Oleh karena itu, Umar bin Khattab menjadi salah satu idola semua umat Muslim, selain Nabi Muhammad SAW.

Banyak kutipan terkenal dari  kata-kata Umar bin Al-Khattab, yang menginspirasi umat muslim untuk menjadi orang yang lebih baik dalam bertindak. Tapi sebelum menulis beberapa kutipan kata-kata Umar bin Khattab, saya ingin segera memberikan beberapa informasi tentang orang hebat ini. 

Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Umar ibn Al-Khattab atau Umar bin Khattab berasal dari Quraisy Mekah, dia adalah sosok yang sangat kuat dan lihai bahkan sebelum dia menjadi seorang Muslim.  Umar bin Khattab merupakan salah satu khalifah muslim paling berpengaruh dalam sejarah. Dia adalah sahabat senior Nabi Muhammad (saw). 

Dia menggantikan Abu Bakar (RA) (632–634) sebagai khalifah kedua dari Kekhalifahan Rashidun pada 23 Agustus 634. Baik dalam kepemimpinan atau sebagai orang beriman yang saleh, Umar bin Khattab berhasil meninggalkan jejaknya untuk diikuti oleh umat muslim.

Putri Ridwan Kamil: Muslim yang Baik Bukan Soal Penampilan Tapi Hati yang Bersih

Dia adalah seorang ahli hukum muslim yang dikenal karena sifatnya yang saleh dan adil, yang membuatnya mendapatkan julukan Al-Farooq. Orang-orang memanggilnya dengan gelar Al-Farooq, yang membedakan antara yang hak dan yang batil. 

Siapa Umar bin Khattab?

Hazrat Umar Bin Khattab adalah salah satu pemimpin paling berpengaruh dan berkuasa yang menggantikan Hazrat Abu Bakar (R.A.) sebagai Rashidun Khilafah kedua. Di bawah kepemimpinannya, kerajaan Islam tidak diragukan lagi menyebar ke bagian dunia yang jauh lebih besar. Dia adalah seorang yang pandai berbicara, adil, kuat dan berwatak saleh. 

Orang-orang kafir dulu takut padanya. Ini adalah Umar yang sama tentang siapa Nabi Muhammad dikutip mengatakan:

"Jika ada Nabi setelah saya, itu adalah Umar bin Khattab."

Kutipan Nabi Muhammad di atas sudah cukup untuk memberi gambaran tentang sosok Umar bin Khattab r.a.


Kata-kata Umar bin Khattab

Sosok Umar bin Khattab sering kali spontan atau blak-blakan Dia dalam menuturkan berbagai kata-katanya, selalu berdiri teguh untuk apa yang dia yakini dan katakan.  

Hadhrat Umar Ibn Al-Khattab juga memiliki banyak ucapan dan semuanya bisa tepat ke sasaran untuk siapa saja dan kapan saja.  Di sini, saya akan mencantumkan kutipan kata-kata Umar Ibn Al-Khattab atau Umar bin Khattab dalam bahasa Indonesia. Semoga diharapkan, agar kata-kata Umar bin Khattab ini bisa menjadi penerang dan jalan keluar Anda ketika tertimpa masalah.

Kutipan kata-kata Umar bin Khattab dalam bahasa Indonesia ini juga bisa memberikan Anda inspirasi dan membuka cara pandang Anda  sesuatu hal. Nah berikut ini kata-kata kutipan yang bisa menginspirasi Anda.

Kata-kata Umar bin Khattab tentang Kesuksesan

Menurut Umar bin Khattab, kesuksesan adalah produk dari kerja keras dan sikap Anda terhadap orang-orang di sekitar Anda.

1. "Apa yang ditakdirkan akan sampai kepadamu, meskipun berada di bawah dua gunung. Apa yang tidak ditakdirkan, tidak akan sampai kepadamu, meskipun berada di antara kedua bibirmu." (Umar bin Khattab r.a.)

3. "Tetap berpegang pada kebenaran bahkan jika kebenaran membunuhmu." (Hazrat Umar Bin Khattab)

4. "Berbuat baik untuk kebaikan yang dilakukan kepada Anda hanyalah pembayaran, sedangkan melakukan kebaikan untuk kejahatan yang dilakukan kepada Anda adalah kebajikan yang luar biasa." (Umar bin Khattab RA)

5. "Semakin sedikit Dunia, semakin bebas Anda hidup." (Umar bin Khattab)

6. "Saya tidak pernah menyesali kesunyian saya. Adapun pidato saya, saya telah menyesalinya berulang kali." (Hazrat Umar Farooq R.A.)

7. “Orang yang menjaga rahasianya pasti aman” (Umar bin  Khattab)

Kata-kata Umar bin Khattab Tentang Pendidikan

Fakta bahwa ayat pertama Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah instruksi untuk mencari ilmu memiliki arti penting dalam pendidikan. Mari kita lihat beberapa kutipan Umar bin Khattab tentang hal itu.

8. "Ketika seorang pria mengajukan pertanyaan kepada saya, saya menilai kecerdasannya." (Umar bin Khattab)

9. “Bila kamu melihat bahwa seorang ulama mencintai dunia, maka kesarjanaannya diragukan.” (Umar Faruq r.a.)

10. "Tetap berpegang pada kebenaran bahkan jika kebenaran membunuhmu." (Umar bin Khattab)

11. "Duduklah dengan orang-orang yang mencintai Allah, karena itu mencerahkan pikiran." (Umar bin Khattab)

Kata-kata Umar bin Khattab tentang Persahabatan

Tidak diragukan lagi manusia membutuhkan orang lain dalam hidup ini. Carilah sifat-sifat ini seperti yang dikutip oleh Umar Ibn al-Khattab dalam teman-teman Anda. Jika Anda tidak menemukannya, lebih baik menyendiri daripada berteman dengan orang-orang palsu. 

12. "Duduklah dengan mereka yang terus-menerus bertobat, karena mereka memiliki hati yang paling lembut." (Hazrat Umar Farooq r.a.)

13. "Orang yang paling saya cintai adalah orang yang menunjukkan kekurangan saya kepada saya." (Hazrat Umar bin al-Khattab r.a.)

14. "Semoga Allah merahmati dia yang mengirimi saya aib saya sebagai hadiah." (Hazrat Umar bin Khattab r.a.)

15. “Jika kamu melihat salah satu dari kalian terpeleset, perbaiki dia, doakan dia dan jangan bantu setan melawannya (dengan menghinanya).” (Umar bin Khattab)

Kata-kata Umar bin Khattab tentang Cinta

Cinta? Yang terbaik adalah yang menghubungkan seorang suami dengan istrinya. Hazrat Umar juga memperingatkan kita untuk tidak membiarkannya menjadi objek kehancuran kita. 

Berikut adalah beberapa kutipan inspirasional dari Umar bin Khattab r.a. tentang cinta:

16. "Haruskah setiap rumah dibangun di atas cinta? Bagaimana dengan kesetiaan dan penghargaan?" (Umar bin Khattab r.a.)

17. "Jangan biarkan cintamu menjadi obsesi, atau kebencianmu menjadi kehancuran." (Umar bin Khattab)

18. "Wanita bukanlah pakaian yang Anda pakai dan buka pakaian sesuka Anda. Mereka dihormati dan memiliki hak-hak mereka." (Umar bin Khattab r.a.)

19. "Seorang pria harus seperti anak kecil dengan istrinya, tetapi jika dia membutuhkannya, dia harus bertindak seperti laki-laki." (Hazrat Umar Farooq r.a.)

20. "Ketika pasangan Anda marah, Anda harus tenang. Ketika yang satu menjadi api, yang lain harus menjadi air." (Umar bin Khattab)

Wakil Presiden KH Maruf Amin melayat ke rumah duka KH Salahuddin Wahid

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Wapres RI Ma'aruf Amin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H bagi seluruh umat muslim yang bertepatan akan dilakukan pada Rabu 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024