20 Sifat Wajib Allah SWT Harus Diketahui untuk Tingkatkan Iman

Kaligrafi Allah
Sumber :
  • Pixabay/ John1cse

VIVA – Sifat wajib Allah SWT merupakan sesuatu yang melekat pada diri Sang Pencipta sehingga wajib diketahui oleh kita sebagai umat-Nya. Adalah sebuah kewajiban untuk seorang umat Islam untuk memahami ilmu tauhid supaya membuat rasa cinta kepada Allah SWT semakin besar. Bila diajarkan sejak dini, hal ini akan terus diingat sampai menjadi dewasa bahkan hingga akhir hayatnya. Dengan mempelajari Sifat wajib Allah SWT ini diharapkan keimanan dan ketakwaan seseorang akan semakin bertambah. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Sesungguhnya sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah tidak terbatas, tapi pengelompokkan ini bertujuan supaya memudahkan semua umat Islam dalam mengenal dan memahami keagungan Allah SWT melalui sifat-sifatnya. Selain itu, melalui ketauhidan, seseorang dapat belajar mengenai cara memaknai iman kepada Allah SWT seperti yang terdapat di dalam rukun Islam. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang sifat wajib Allah SWT yang wajib untuk diketahui. 

Sifat Wajib Allah SWT

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

1. Wujud

Kalimat Allah.

Photo :
  • U-Report
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Sifat wajib Allah yang pertama adalah wujud yang memiliki arti ada. Artinya, Allah merupakan zat yang sudah pasti ada, berdiri sendiri, tidak diciptakan oleh siapa saja, dan tidak ada Tuhan selain Allah SWT. Bukti dari Allah SWT itu ada adalah dengan kehadiran alam semesta lengkap dengan isinya. 

Allah berfirman dalam Al Quran: “Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudia ia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi Syafa’at 1190. Maka kamu tidak memperhatikan?” (Q.S As Sajadah: 4).

2. Qidam

Kalimat Allah.

Photo :
  • U-Report

Bashiran adalah sifat wajib Allah yang dapat melihat atau mengawasi. Sifat ini mampu mengawasi semua hal yang ada di alam semesta, termasuk gerak-gerik seorang manusia. Tidak ada hal apapun yang luput dari penglihatan-Nya. “Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha mengetahui lagi Maha melihat dosa hamba-hamba-Nya.” (Q,S. Al Isra' : 17 ).

20. Mutakalliman

Allah SWT

Photo :
  • U-Report

Mutakalliman adalah sifat wajib Allah yang mempunyai arti berkata-kata. Allah SWT berfirman melalui kitab suci yang diturunkan dan disampaikan kepada para nabi dan rasul. “Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (Q.S. An Nisa': 164).

Ilustrasi jemaah umrah.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan pemegang berbagai jenis visa dapat melakukan ibadah umrah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024