5 Doa Menyambut Ramadhan, Beserta Keutamaannya

Ilustrasi Bulan Ramadan.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Doa menyambut Ramadan rasanya perlu kita panjatkan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan nikmatnya kita masih diberikan kesempatan untuk bisa merasakan bulan suci Ramadan yang penuh berkah. Hal itu juga yang dicontohkan oleh Rasullah SAW, dengan mengamalkan doa menyambut Ramadan. Bulan Ramadan sudah tinggal hitungan bulan, tidak terasa seluruh umat Muslim akan memasuki bulan yang penuh berkah ini. Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan hadirnya selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Karena pada bulan suci yang penuh berkah ini, Allah SWT akan memberikan segala kebaikan dan keistimewaan dibanding bulan-bulan lainnya.

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Tidak heran, jika semua umat Muslim di seluruh dunia akan berlomba-lomba untuk mencari ladang pahala dengan meningkatkan ibadan serta amalannya selama bulan Ramadan. Bulan Ramadan menjadi bulan pengampunan dosa dan bagi siapa yang melakukan amalan-amalan ibadah dengan sungguh-sungguh bisa mendapatkan kebaikan serta pahala berlipat ganda.

Kehadiran bulan Ramadan dalam hitungan kurang dari 180 hari itu tentunya menjadi kabar paling menggembirakan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Tidak sedikit umatnya yang selalu mengucap syukur karena masih diberikan kesempatan untuk mengikuti bulan suci Ramadan di tahun-tahun berikutnya.

Hasil Kolaborasi Kemenag, KPI dan MUI Hasilkan Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

Seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang berdoa pada saat menyambut bulan suci Ramadan. Rasulullah SAW juga selalu bersuka cita ketika menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini. Hal tersebut dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai tanda syukur setiap kali dipertemukan dengan bulan suci Ramadan yang penuh rahmat. Berdoa bisa menjadi salah satu cara untuk bersyukur atas kebesaran Allah SWT yang telah mempertemukan kita kembali dengan bulan Ramadan. Doa menyambut Ramadan ini perlu kita amalkan pada saat datangnya bulan penuh berkah, sama seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

1. Doa Menyambut Ramadan

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

Doa menyambut Ramadan dianjurkan untuk diamalkan, agar selama sebulan kedepan kita bisa mendapatkan kebaikan dan keberkahan. Tidak hanya itu, doa menyambut Ramadan juga menjadi cara Rasulullah SAW untuk mengungkapkan perasaan suka citanya karena kembali dipertemukan dengan bulan suci Ramadan. Dan berikut ini terdapat doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW, karena begitu bahagia telah bisa merasakan bulan Ramadan kembali.

Adapun berikut ini doa-doanya Allahumma ahillahu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah Artinya: Terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Adapun doa-doa menyambut Ramadan lainnya yang biasa diamalkan Rasulullah SAW, berdasarkan hadis riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami. "Allhumma sallimn li Ramadhna, wa sallim Ramadhna l, wa sallimhu minn." Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan."

Ada bacaan lainnya yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk menambah pahala dan upaya mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan. Berikut doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang diamalkan Rasulullah SAW berdasarkan riwayat Imam Abu Dawud: "Hillu rusydin wa khairin (2 kali), mantu bil ladz khalaqaka, (3 kali), alhamdulillhil ladz dzahaba bi syahri kadz, wa j’a bi syahri kadz." Artinya: "Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini." (HR Abu Dawud).

2. Doa Saat Melihat Hilal

Selain doa menyambut Ramadan, adapun doa yang sering diamalkan Rasulullah SAW saat melihat hilal. Hilal menjadi salah satu tanda, jika kita sudah memasuki awal bulan Ramadan menurut kalender agama Islam. Doa melihat hilal tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi seperti berikut ini. "Allahumma ahillahu 'alaina bil yumna wal imani was salamati wal islami rabbi wa rabbukallahu." Artinya: "Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu adalah Allah."

3. Zikir Saat Melihat Hilal

Selain bacaan doa, ternyata ada zikir yang bisa kita amalkan saat melihat hilal Ramadan. Berdasarkan hadis riwayat Imam Ahmad dijelaskan, Rasulullah SAW membaca zikir saat melihat bulan atau hilal sebagai tanda datangnya Ramadhan: "Allahu akbaru, l haula wa l quwwata ill billhil ‘aliyyil ‘azhmi. Allhumma inn as’aluka khaira hdzas syahri, wa a‘dzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari." Artinya: "Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.

4. Doa Memohon Ampunan

Selain doa menyambut Ramadan di atas, Rasulullah SAW juga memohon ampun pada Allah SWT. Rasulullah SAW begitu banyak memanjatkan doa, salah satunya memohon agar umatnya dijauhkan dari azab dari Allah SWT. Adapun doa-doanya seperti yang ada berikut ini, sesuai dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas RA: "Allahumma la tursil 'ala ummati 'adzaban min fauqihim wa la min tahti arjulihima wa la talbishum syiya'an." Artinya: "Ya Allah, jangan Engkau kirim kepada umatku azab dari arah atas mereka, dan juga jangan kirim azab dari arah kaki mereka, dan jangan Engkau campurkan mereka dengan macam-macam golongan yang saling bertentangan."

Adapun keutamaan bulan Ramadan sebagai berikut:

1. Ramadan Bulan Diturunkannya Kitab Suci Al-Quran

Seperti firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

“ Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu sekalian bersyukur.”

2. Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Tuhan menutup pintu neraka di saat bulan suci Ramadan. Dan Dia membuka lebar pintu surga bagi siapapun yang ingin memasukinya. Hal ini dibuktikan dari hadis Rasulullah SAW., dari Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang keutamaan bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah. Ustad Zaenal Karomi dalam tulisannya di laman Tebuireng mengatakan, hadis ini jelas tertulis dalam Kitab Shahih Bukhari juz 3 halaman 32, yang artinya:

“ Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhari)

3. Bulan Ramadan Bagian dari Rukun Islam

Allah SWT telah menjadikan puasa yang dilakukan pada bulan Ramadan sebagai rukun yang keempat dari rukun Islam. Hal ini tertulis dalam ayat al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185:

“ Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah.”

4. Malam Seribu Bulan (Lailatul Qodar) Dalam Bulan Ramadan

Kemuliaan bulan Ramadan salah satunya adalah adanya malam seribu bulan. Malam ini disebut malam Lailatul Qodar yaitu malam penuh kemuliaan dan keberkahan. Malam ini terletak pada malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Malam ini adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Allah berfirman dalam surat al-Qodar ayat 1-3:

“ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qodar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

5. Bulan Ramadan Bulan Pengampunan Dosa

Bulan Ramadan sebagai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa. Hal ini menjadi keutamaan di bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat. Nabi SAW bersabda yang artinya:

“ Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa  di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Saipul Jamil

Berangkat Naik Haji, Saipul Jamil Ingin Bacakan Doa Ini di Depan Ka'bah

Saipul Jamil pun menuturkan sejumlah hal terkait keberangkatan dirinya menjadi salah satu jemaah ibadah haji tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024