10 Universitas Terbaik di Jakarta Swasta Versi Dikti

Universitas Bina Nusantara
Sumber :
  • www.binus.edu

VIVA – Universitas terbaik di Jakarta. Setelah lulus SMA pastinya ada keinginan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Universitas. Buat anda yang ingin melanjutkan perkuliahan di Jakarta ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu sebelum menentukan tujuan akan melanjutkan kuliah dimana.

Cek Fakta: Prabowo Bentuk 4 Fakultas Berkaitan dengan Teknologi

ViVA akan memberikan sedikit informasi dalam memilih Universitas terbaik di Jakarta, karena bagaimanapun anda harus cermat dalam memilih Universitas dan menentukan jurusan di bidang yang anda minati sesuai dengan kemampuan anda.

Tentunya ada Universitas terbaik di Jakarta, keberadaan tempat kuliah di Jakarta tidak hanya memfasilitasi warga Jakarta, namun juga calon mahasiswa dari provinsi di seluruh Indonesia, Bukan menjadi rahasia umum jika kebanyakan orang menginginkan berkuliah di Ibu Kota.

Universitas MH Thamrin Resmikan Pusat OSCE

Jika anda menginginkan berkuliah di Jakarta, ada baiknya anda harus mengetahui Universitas terbaik di Jakarta, jangan sampai bingung untuk menentukan pendidikan setelah SMA. Berikut beberapa Universitas terbaik di Jakarta seperti dikutip dari Sevima dan Akupinter sebagai berikut:

1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keren, 9 Peneliti UI Masuk Top 2% Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

Kampus Atmajaya Jakarta

Photo :
  • VIVAnews / Reza Fajri

Universitas terbaik di Jakarta yang pertama adalah, Universitas Atma Jaya merupakan kampus swasta yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 5, sementara kampus keduanya terletak di Jl. Pluit Raya 2, dan kampus ketiga di Jl. Cisauk, BSD Tangerang.

Kampus Atma Jaya memiliki 8 Fakultas dan 22 program studi, untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa langsung mengunjungi website resmi dari kampus Atma jaya. Kemenristekdikti mengatakan kampus Atma Jaya merupakan Universitas terbaik di Jakarta nomor satu.

Secara institusi, Unika Atma Jaya pun juga sudah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 3007/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A Unika Atma Jaya sudah berlaku sejak 2016 lalu.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Photo :
  • www.binus.edu

Universitas terbaik di Jakarta selanjutnya adalah Binus, kampus swasta yang satu ini berlokasi di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Seperti keterang dari Kemenristekdikti Universitas Bina Nusantara masuk dalam peringkat ke-20 dalam daftar QS World University Ranking pada tahun 2020.

Binus memiliki sekitar 11 fakultas untuk program S1, di antaranya Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Desain.

Secara akreditasi institusi, Binus pun juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A yang dimiliki Binus sudah berlaku sejak tahun 2016.

3. Universitas Tarumanagara

Penulis dapat undangan di program pasca sarjana teknik arsitektur, Universitas Tarumanagara

Photo :
  • vstory

Universitas Tarumanagara termasuk Universitas terbaik di jakarta yang berlokasi di Jl Letjen S Parman No 1 Jakarta Barat dan termasuk salah satu kampus tertua di Jakarta.

Sejak berdiri pada tahun 1959 hingga sekarang, Untar telah meraih banyak penghargaan. Di antaranya yang terbaru ialah, pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

UNTAR menawarkan 8 fakultas di program S1-nya, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Seni Rupa dan Desain dan Fakultas Teknik. 

Universitas Tarumanagara sudah mendapatkan Akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. SK ini menunjukkan bahwa UNTAR sudah terakreditasi sejak 2017 lalu.

4. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Photo :
  • gunadarma.ac.id

Universitas Gunadarma merupakan salah satu Universitas terbaik di Jakarta, meskipun lokasi kampus utamanya berada di Depok. Tapi Gunadarma memiliki cabang di Jl Kenari No. 13 Jakarta Pusat dan lokasi kampus lainya berada di Jl Salemba Bluntas Jakarta pusat.

Universitas Gunadarma memiliki 16 jurusan untuk program S1. 13 diantaranya mendapatkan Akreditasi A sementara sisinya mendapatkan Akreditasi B.

Adapun oleh BAN-PT, Gunadarma sudah diberikan akreditasi A dengan No SK 244/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018. SK ini menunjukkan bahwa Gunadarma sudah terakreditasi A sejak tahun 2018.

5. Universitas Pancasila

Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Photo :

Universitas terbaik di Jakarta datang dari Universitas Pancasila yang didirikan pada tahun 1996 dan merupakan gabungan dari Universitas Bung Karno, kampus ini berlokasi di Jl Jagakarsa, Jakarta Selatan dan kampus dua berlokasi di Jalan Borobudur No. 7 Jakarta Pusat.

Nama Universitas Pancasila semakin melejit ketika kampusnya pernah digunakan syuting sinetron legendaris “Si Doel Anak Sekolahan” pada tahun 90 an. Dalam sinetron tersebut digambarkan Doel yang diperankan Rano Karno menjadi mahasiswa jurusan teknik Universitas Pancasila.

Universitas Pancasila terdapat 6 Fakultas untuk program S1 yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Pariwisata.

Universitas Pancasila sudah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2018 dengan No SK 410/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. SK ini menunjukkan bahwa Universitas Pancasila sudah terakreditasi A sejak tahun 2018.

6. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti

Photo :
  • http://ennysupriati.wordpress.com

Universitas Trisakti merupakan kampus yang sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta dan merupakan Universitas terbaik di Jakarta, kampus Trisakti berlokasi di Jl Kyai Tapa No. 1 Grogol, Jakarta Barat.

Dilihat dari letaknya, posisi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta. Karena itu, saat pertama kali didirikan, Universitas Trisakti diharapkan dapat menjadi barometer perubahan beserta penggerak pembangunan daerah dan pembangunan di tingkat nasional.

Kampus Trisakti memiliki 9 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. BAN-PT, Usakti diberikan akreditasi A pada 2017 lalu dengan No SK 4341/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017.

7. Universitas Nasional

Kampus Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Photo :
  • unas.ac.id

Universitas terbaik di Jakarta selanjutnya adalah Universitas Nasional yang berlokasi di Jl Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kampus ini sudah berdiri sejak 15 Oktober 1949, UNAS juga memiliki 9 Fakultas dengan 22 program studi.

Unas sudah terakreditasi A dengan No SK 3891/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Adapun secara program studi, dari total 23 program studi untuk tingkat S1, enam diantaranya sudah terakreditasi A, 15 diantaranya terakreditasi B, satu sisanya terakreditasi C.

8. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Pertahankan Akreditasi A BAN PT

Photo :
  • universitas mercu buana

Universitas Mercu Buana merupakan Universitas terbaik di Jakarta yang berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat dan kampus duanya berada di Cibubur Jl Kranggan No. 6, Jatisampurna Bekasi.

Akreditasi Mercu Buana cukup baik. Secara institusi, Mercu Buana mendapat akreditasi A sejak 2016 dengan No SK 3001/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Secara program studi, dari total 14 program studi untuk tingkat S1, enam diantaranya terakreditasi A, dan delapan sisanya terakreditasi B.

9. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul merupakan salah satu Universitas terbaik di Jakarta selanjutnya. Kampus ini juga di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa yang berlokasi di Kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

10. Institut Sains dan Teknologi Nasional

Universitas terbaik di jakarta selanjutnya adalah Institut Sains dan Teknologi Nasional. Kampus swasta di Jakarta ini dulu dikenal sebagai ATN atau STTN.

Kampus ini berada di bawah Yayasan Perguruan Cikini, ISTN merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia di bidang sains dan teknologi. Lokasi kampusnya berada di kawasan Srengseng Sawah, Kota Jakarta Selatan.

Prabowo Hadiri Wisuda UKRI

Prabowo Apresiasi Dibentuknya Fakultas Matematika dan Fisika UKRI: Sangat Strategis

Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Republik Indonesia, Prabowo Subianto menyampaikan apresiasinya pada UKRI yang kini memiliki Fakultas Matematika dan Fisika. 

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024