10 Sekolah Termahal di Indonesia, Biayanya Nyaris Rp1 Miliar!

Jakarta Intercultural School
Jakarta Intercultural School
Sumber :
  • Wikipedia Jakarta Intercultural School

VIVA – Ada beberapa sekolah termahal di Indonesia, di antaranya berbasis kurikulum internasional. Sekolah mahal tersebut menerapkan program pembelajaran internasional, ada yang berasal dari Inggris, Selandia Baru, dan juga Belanda. Sekolah termahal di Indonesia memakan biaya yang sangat fantastis. Biayanya bisa mencapai Rp500 juta, lho. Tak hanya biaya pembangunannya yang mahal, namun biaya penjemputan dengan bus sekolahnya juga senilai puluhan juta. Nggak main-main ya!

Ada beberapa daftar sekolah termahal di Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut. 

1. Jakarta Intercultural School (JIS) - Rp496 Juta

Jakarta Intercultural School (JIS) adalah sebuah sekolah internasional swasta di Jakarta, Indonesia. Sekolah ini didirikan tahun 1951 untuk anak-anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta dan merupakan sekolah dasar dan menengah internasional terbesar di Indonesia.

Sekolah ini diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges dan Council of International Schools. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat melaporkan bahwa kurikulum Jakarta International School memiliki fokus internasional yang kuat dan menganggapnya sebagai salah satu sekolah terbaik di luar negeri untuk mempersiapkan siswa masuk universitas di Amerika Serikat. JIS memiliki tiga kampus, dua untuk SD di Pattimura dan Pondok Indah dan satu kampus utama untuk SMP dan SMA di Cilandak, Jakarta Selatan.

Jakarta Intercultural School (JIS) masuk dalam daftar sekolah termahal di Indonesia. Sekolah ini terletak di Jalan Terogong Raya, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. JIS menggunakan program International Baccalaureate (IB®) diploma dan Advanced Placement (AP®).

Total biaya yang harus disiapkan per tahunnya adalah sekitar Rp496,5 juta. Rincian biaya tersebut antara lain:
- Uang masuk Rp22 juta per tahun;
- Uang pendaftaran Rp5 juta;
- Uang pengembangan Rp54,6 juta per tahun;
- Uang sekolah Rp419 juta per tahun. 

Orang tua masih harus mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi sekolah sebesar Rp72,8 juta. 

2. British School Jakarta - Rp350 Juta

British School Jakarta didirikan di bawah perlindungan kedutaan besar Britania Raya pada tahun 1973. Sekolah ini terletak di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jakarta. British School Jakarta adalah anggota internasional dari Headmasters' and Headmistresses' Conference (HMC).

Total biaya per tahun yang dibutuhkan untuk bersekolah di sini adalah sekitar Rp300-350 juta. Dilansir dari situs resminya, rincian biaya tersebut antara lain:

- Biaya pendaftaran sebesar Rp4 juta; 
- Uang Jaminan sebesar Rp30 juta ketika diterima; 
- Uang Pendaftaran program International Baccalaureate (IB) sebesar Rp30 juta untuk siswa baru di Kelas 12 dan 13;
- Uang pembangunan untuk kelas 11-13 sebesar Rp55 juta per satu tahun;
- Uang sekolah, pelunasannya dapat dilakukan per semester ataupun per tahun.

3. ACG School Jakarta - Rp310 Juta

ACG School Jakarta juga salah satu dari sekolah termahal di Indonesia. Sekolah yang terletak di Warung Jati, Jakarta Selatan ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) langsung dari Selandia Baru dengan pembelajaran berbasis bahasa Inggris.

Berdasarkan data di laman resmi ACG School Jakarta, total biaya yang harus dibayarkan per tahun mencapai Rp310 juta. Biaya ini meliputi:
- Biaya pendaftaran: Rp2,5 juta; 
- Biaya SPP Kelas 1-2: Rp235 juta; 
- Kelas 3-6: Rp295 juta; 
- Kelas 7-11: Rp306,5 juta; 
- Kelas 12-13: Rp310,5 juta. 
- Biaya pembangunan: Rp37,6 juta; 
- Biaya transport: Rp19,3 juta per semester; 
- Biaya English Language Support (ELS): Rp37 juta per semester.

4. New Zealand School Jakarta - Rp215 Juta

New Zealand School Jakarta membebankan sejumlah biaya seperti Biaya Pengembangan Tahunan (BPT) yang dibayarkan untuk satu tahun penuh dan juga biaya SPP. Sekolah yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan ini menerapkan kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum, NZC. Dari data di laman resminya, biaya yang harus dibayarkan ketika bersekolah di sini meliputi beberapa opsi sebagai berikut:

- Biaya pendaftaran siswa baru sebesar Rp4 juta untuk tahun awal dan Rp5 juta untuk siswa tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. 
- Opsi Tahunan Playgroup Rp48,7 juta; TK Rp84,9 juta; Kelas 1-6 Rp195,6 juta; Kelas 7-9 Rp199,4 juta.
- Opsi Setengah Tahun Playgroup Rp50,9 juta; TK Rp89,1 juta; Kelas 1-6 Rp203,3 juta; Kelas 7-9 Rp207,2 juta; 
- Opsi Per Semester Playgroup Rp53,3 juta; TK Rp93,3 juta; Kelas 1-6 Rp210, 9 juta; Kelas 7-9 Rp215,2 juta.

5. Surabaya Intercultural School - Rp260 Juta

Surabaya Intercultural School adalah sekolah internasional yang terletak di daerah Surabaya.  Sekolah ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) American. Sekolah ini masuk dalam daftar salah satu sekolah termahal di Indonesia. Tingkat Pendidikan yang tersedia di sekolah ini antara lain TK, SD, SMP, dan SMA dengan total kapasitas pelajar sebanyak 300 siswa.

Biaya yang diperlukan mencapai sekitar Rp260 juta. Biaya ini meliputi biaya masuk Rp2,7 – 20 juta dan SPP per tahun berkisar Rp208 – 262 juta.

6. Bandung Alliance Intercultural School (BAIS) - Rp218 Juta

Sekolah termahal di Indonesia yang satu ini terletak di Bandung merupakan bagian dari Network of International Christian Schools (NICS) yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Untuk bersekolah di sini, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp218 juta. 

Dilansir dari laman resminya, biaya tersebut meliputi rincian biaya sebagai berikut:
- SPP: Playgroup Rp44,2 juta; Kindergarten Rp155,4 juta; SD (Kelas 1-5)  Rp182,6 juta; Kelas 6-12 Rp198,2 juta.  
- Uang Pangkal: Playgroup Rp10,2 juta; Kindergarten Rp20,4 juta; SD Kelas 1-5 Rp20,4 juta; Kelas 6-12 Rp20,4 juta. 
- Total biaya berkisar Rp54-218 juta per tahun.

7. Global Jaya School - Rp150 Juta

Global Jaya School adalah sekolah termahal di Indonesia yang terletak di daerah Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang. Merujuk dari laman resminya, Global Jaya School membagi biaya sekolah menjadi dua komponen yaitu SP (biaya pengembangan) dan SPP (biaya pendidikan).

Biaya SP hanya ditujukan untuk kelas 1-12. Sementara itu, TK tidak dikenai biaya SP tersebut. Keseluruhan rincian biaya yang harus dikeluarkan antara lain sebagai berikut:
- SP untuk 1 tahun: Rp23 juta. 
- SP untuk 6 Tahun: Rp98,8 juta. 
- SPP Opsi 1 (dilakukan per semester atau 3 bulan): TK-A Rp17,4 juta; TK-B Rp17,4 juta;  Kelas 1-6 Rp29,1 juta; Kelas 7-10 Rp33,9 juta;  IB Diploma Kelas 11-12 Rp40,8 juta.
- Opsi 2 (dilakukan setahun dan diskon satu bulan): TK-A Rp63,8 juta;  TK-B Rp63,8 juta;  Kelas 1-6 Rp106,7 juta; Kelas 7-10 Rp124,3 juta; IB Diploma Kelas 11-12 Rp149,6 juta.
- Biaya tambahan untuk seragam sebesar Rp700 ribu untuk tiga set seragam sekolah, satu sweater dan satu seragam olahraga.

8. SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang - Rp130 Juta

Anak SMA yang sekolah di sini bisa dibilang remaja paling elit karena sekolah berkurikulum Cambridge ini menerapkan biaya pendidikan yang sangatsangat mahal. Dana yang harus dikeluarkan untuk bersekolah di SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang adalah sekitar USD 9.000 atau sekitar 130 juta rupiah.

Tentu saja uang sebanyak itu belum termasuk biaya tambahan seperti buku dan seragam. Uniknya, 30% dari siswa yang menempuh pendidikan di cabang dari sekolah internasional di Swiss ini berasal dari Korea Selatan, loh.

9. Singapore Intercultural School Bona Vista - Rp 50 juta

Singapore Intercultural School Bona Vista menggunakan kurikulum gabungan antara Cambridge dan metodologi Singapura dan menerapkan tes masuk yang lumayan. Calon siswa harus bisa mendapatkan skor sesuai standar yang telah ditentukan pada bidang akademik tertentu dan lolos uji wawancara. Untuk bersekolah di SIS Bona Vista, orang tua harus mengucurkan dana 39 hingga 185 juta rupiah - tetapi sekolah ini juga menawarkan program beasiswa. 

10. Highscope - Rp18 juta

HighScope bisa dibilang paling unik karena menggunakan sistem multi age di mana ada 2 grade sekaligus yang belajar bersama-sama dalam satu kelas. Selain itu, HighScope juga telah memberlakukan pembelajaran secara bilingual dengan kurikulum Cambridge.

Biaya pendidikan yang ditetapkan tentunya sungguh sepadan, geng. Menurut CNBC Indonesia pada 2020 saja, orang tua harus menyediakan 502 juta rupiah untuk menyekolahkan anaknya di SD HighScope sampai lulus. Selain itu, HighScope diketahui menetapkan biaya masuk sebesar 18 juta rupiah dengan SPP 6,4 juta per bulannya untuk jenjang TK.