Dosen Unsoed: Perawat Garda Terdepan Menangani Covid-19

Ilustrasi perawat di RSD Wisma Atlet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Arif Imam Hidayat mengatakan, perawat memiliki peran penting dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 mulai dari pemberian vaksin hingga perawatan di ruang isolasi.

"Perawat merupakan elemen terpenting dalam perang menghadapi pandemi ini. Perawat terlibat dalam banyak hal mulai dari pemberian vaksin, perawatan di ruang isolasi," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (17/3)

Dosen Departemen Keperawatan Gawat Darurat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman itu menjelaskan, momentum Hari Perawat Nasional setiap tanggal 17 Maret 2022 merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan perhatian kepada para perawat di Tanah Air.

"Peringatan Hari Perawat Nasional kali ini masih kita lewati di tengah pandemi COVID-19. Seperti diketahui bahwa pada awal-awal pandemi perawat menjadi salah satu garda terdepan di rumah sakit. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perawat memiliki peran penting," katanya.

Arif juga mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan semangat kepada para perawat.

"Perawat sejatinya adalah tetap manusia biasa, yang memerlukan perlindungan dan dukungan, agar setelah mereka bertugas merawat pasien, mereka bisa pulang bertemu keluarganya sembari tetap tersenyum ," katanya.

Dia juga mengajak semua masyarakat untuk memberikan apresiasi kepada para perawat termasuk mereka yang memberikan pelayanan di daerah pedalaman.

"Para perawat khususnya mereka yang memberikan pelayanan di wilayah pedalaman tentu saja menjadi harapan bagi masyarakat banyak, sehingga perlu mendapat apresiasi," katanya.

Sementara itu, Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr. Yudhi Wibowo juga mengatakan bahwa profesi perawat dan tenaga kesehatan secara umum pada saat ini menjadi garda terdepan dalam upaya penanganan pandemi.

"Perawat dan tenaga kesehatan menjadi agen perubahan sehingga perannya sangat strategis mulai dari hulu hingga hilir. Semoga tenaga kesehatan termasuk perawat selalu bersemangat dan terus meningkatkan sinergi dalam melaksanakan tugas terkait dengan penanganan pandemi," katanya. (antara)

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024