5 Doa Nabi Musa yang Penuh Manfaat, Bacakan Secara Rutin

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Doa Nabi Musa jika dibacakan secara rutin akan mendapatkan manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Nabi Musa adalah seorang nabi dan rasul yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada Raja Firaun yang dikenal kejam pada masanya.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Nabi Musa mendapat julukan Ulul Azmi karena memiliki sikap pemberani, tak mudah menyerah, dan penuh kesabaran.
Selain itu, Nabi Musa juga menerima wahyu berupa kitab Taurat. Dalam melaksanakan dakwahnya, Nabi Musa senantiasa berdoa kepada Yang Maha Kuasa ketika menghadapi berbagai cobaan.

Kisah kehidupan Nabi Musa dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi kaum muslim. Selain itu, doa Nabi Musa juga sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari jika di amalkan. Berikut beberapa doa Nabi Musa yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dikutip dari berbagai sumber.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Doa Nabi Musa meminta dimudahkan dalam segala urusan

Ilustrasi orang mendapatkan masalah.

Photo :
  • U-Report
Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Dalam beberapa kisah Nabi Musa yang tertulis dalam Al-Qur’an, terdapat beberapa doa yang kala itu diucapkan Nabi Musa dalam beberapa peristiwa. Berikut bacaan doa Nabi Musa untuk meminta kemudahan dalam segala urusan.

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”
Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

Doa Nabi Musa merupakan salah satu doa yang masyhur di kalangan umat muslim. Berikut beberapa makna yang terkandung di dalam doa tersebut:

  • Memohon Hati yang Lapang

Dalam lafadz doa Nabi Musa ini, Nabi memohon kepada Allah untuk memiliki hati yang lapang. Dengan hati yang lapang, maka Nabi Musa dapat menerima petunjuk dan hidayah dari Allah SWT. Selain itu, dengan hati yang lapang lebih mampu menerima kebenaran.

  • Dipermudah Urusannya

Makna dalam doa Nabi Yusuf tersebut juga meminta segala urusannya dipermudah. Kala itu Nabi Musa mengemban tugas yang berat, yaitu harus menghadapi raja Firaun yang bertingkah semena-mena. Untuk menghilangkan rasa khawatir dalam dirinya, Nabi Musa memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk diberi kemudahan dalam segala urusan termasuk dalam menyampaikan dakwah.

  • Dakwahnya Dimengerti

Nabi Musa adalah seorang Nabi yang cadel karena kisahnya ketika diminta memilih antara bara api atau batu permata, Nabi Musa memilih bara api untuk dimasukkan kedalam mulutnya. Hal ini menjadi kegelisahan Nabi Musa saat berdakwah. Oleh sebab itu, Nabi Musa memohon supaya apa yang menjadi kekurangannya (lidah yang cadel) tidak menghalanginya dalam melaksanakan dakwah.

Atas permohonan Nabi Musa tersebut, Allah mengutus Nabi Harun saudara Nabi Musa untuk membantunya dalam berdakwah menyampaikan ajaran tauhid.

Doa Nabi Musa untuk memohon Ampunan

Memohon kepada Allah.

Photo :
  • U-Report

Berikut bacaan doa untuk meminta ampunan.
"Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofaro lah, innahuu huwal-ghofuurur-rohiim"
Artinya: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Qashash: 16)

Salah satu doa Nabi Musa yang wajib kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari adalah doa ini. Doa ini memiliki makna untuk memohon ampunan kepada sang maha kuasa. Tak ada manusia yang pernah luput dari dosa. Maka, sudah sewajarnya jika kita selalu memohon ampunan kepada Allah SWT. 

Doa Nabi Musa supaya Terhindar dari Fitnah

Ilustrasi difitnah.

Photo :
  • U-Report

Berikut bacaan doa supaya terhindar dari fitnah.
"Fa qooluu aalallohi tawakkalnaa, robbanaa laa tajaalnaa fitnatal lil-qoumizh-zhoolomiin. Wa najjinaa birohmatika minal-qoumil-kaafiriin."
Artinya: “Kepada Allahlah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.” (QS. Yunus ayat 85-86).

Doa ini dapat kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama saat kamu mengalami kesulitan dan tengah menghadapi sebuah cobaan. 

Doa Nabi Musa untuk Memohon Kebaikan

Ilustrasi berbuat kebaikan

Photo :
  • U-Report

Berikut bacaan doa untuk memohon kebaikan.
"Robbi innuu limaaa angzalta ilayya min khoiring faqiir."
Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS. Al-Qashash Ayat 24).

Nabi Musa pernah mengucapkan doa ini untuk meminta bantuan dan kebaikan dari Allah SWT di saat tengah dalam pelarian. Kamu juga bisa mengamalkan doa ini di saat kamu mengalami kesulitan dan membutuhkan pertolongan serta kebaikan dari Allah SWT.

Doa Nabi Musa untuk Memohon Petunjuk

Wanita memohon kepada Allah.

Photo :
  • U-Report

Berikut bacaan doa untuk memohon petunjuk
"Robbi najjinii minal-qoumizh-zhoolimin. Asaa robbiii ay yahdiyanii sawaaa as-sabiil."
Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar.” (QS. Al-Qashash Ayat 21-22).

Cara Mengamalkan

Doa memperlancar urusan.

Photo :
  • U-Report

Berdoa adalah salah satu ikhtiar meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT. Sebagaimana Nabi Musa ketika dalam kondisi tertentu selalu berdoa kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim, kita juga bisa mengamalkan doa-doa Nabi Musa seperti yang sudah dijelaskan di atas. Berikut beberapa cara untuk mengamalkan doa Nabi Musa.

  • Memudahkan Urusan

Saat menghadapi suatu ujian atau musibah, kamu jangan mengeluh dan pasrah. Sebaiknya kamu mengamalkan salah satu doa Nabi Musa agar segala urusan bisa terselesaikan. Sebagaimana yang diajarkan dalam doa tersebut, ketika beliau mengalami kesulitan beliau tidak langsung mengeluh. Namun, Nabi Musa berdoa dan memohon kepada Allah SWT untuk mempermudah urusannya.

Doa Nabi Musa dapat diamalkan setiap habis sholat wajib maupun sholat sunnah. Hal ini karena waktu setelah sholat adalah waktu yang mustajab (doa yang terkabul). Jika Allah SWT berkehendak, maka segala urusan akan dipermudah oleh-Nya.

  • Meminta Pertolongan kepada Allah

Tempat terbaik untuk kembali adalah Allah SWT. Karena itu, ketika kamu membutuhkan bantuan, kamu harus berpaling kepadanya. Dalam hal meminta pertolongan, kita bisa mengamalkan doa Nabi Musa memohon pertolongan Allah SWT.

  • Jadilah pembicara yang baik

Ada beberapa kondisi yang terkadang dibutuhkan untuk menjadi pembicara yang baik. Misalnya sebagai pendakwah, juru bicara, dll. Pembicara yang baik adalah orang yang berbicara dengan mudah dan dimengerti serta dipahami oleh pendengarnya. Oleh karena itu, doa dapat diamalkan untuk memohon kepada Allah agar kemampuan berbicaranya dipahami dan dipahami oleh pendengarnya.
Demikian beberapa doa Nabi Musa yang bisa kamu amalkan. Dengan membaca doa Nabi Musa ini secara rutin, kamu akan merasakan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Direktur Prudential Syariah, Paul Setio Kartono

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Sederet manfaat asuransi yang paling banyak dicari oleh masyarakat usai Lebaran Idul Fitri adalah asuransi kesehatan hingga kematian.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024