Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Makna yang Harus Kamu Ketahui

Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Nama hari dalam Bahasa Inggris perlu kamu ketahui karena ada makna yang tersirat dalam setiap penamaannya. Semua orang tahu bahwa ada 7 "hari dalam seminggu". Tapi tahukah kamu jika hanya ada 5 "hari kerja"? Dan tentu saja "akhir pekan" memiliki 2 hari.

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Hari-hari dalam seminggu berasal dari Nama-nama tokoh mitos, jadi huruf pertama setiap hari harus huruf Kapital. Berikut nama-nama hari yang diambil dari nama tokoh mitos, dikutip dari englishclub.

Hari dalam seminggu

Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

Nama-nama hari

Photo :
  • pixabay

Monday / Senin = terkait dengan Bulan
Tuesday / Selasa = dari dewa Tiw, terkait dengan Mars
Wednesday / Rabu = dari dewa Jerman Odin
Thursday / Kamis = dari dewa guntur Jerman Thor
Friday / Jumat = dari dewi Jerman Frigga yang diasosiasikan dengan Venus
Saturday / Sabtu = terkait dengan Saturnus
Sunday / Minggu = terkait dengan Matahari

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

Hari kerja

Monday

Photo :
  • pixabay

Hari kerja ada lima hari, yakni Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan ada Sabtu dan Minggu. Berikut singkatannya:
Mo, Mon, Senin.
Tu, Tue, Tues, Selasa.
We, Wed, Rabu.
Th, Thu, Thur, Thurs, Kamis.
Fr, Fri, Jumat.
Sa, Sat, Sabtu.
Su, Sun, Minggu.

Akar mitos dari beberapa kata umum

Sunday

Photo :
  • pixabay

Ada dua asal-usul dasar untuk nama hari kerja. Dalam banyak bahasa, seperti Prancis dan Spanyol, hari-hari dinamai berdasarkan planet-planet. Di Jepang, misalnya, hari-hari dalam seminggu dinamai berdasarkan lima elemen klasik (yang terkait dengan planet-planet). Pengecualian umum adalah bahwa banyak bahasa menyebut hari Minggu setelah Latindominus, atau Tuhan, karena itu adalah hari orang pergi ke gereja.

Dasar umum lainnya adalah memberi nomor pada hari, jadi hari itu adalah Hari 1, Hari 2, dll. Tergantung pada sejarah negara tersebut, Hari 1 dapat berupa Senin atau Minggu.

Di negara-negara Jerman, mereka menggunakan tradisi Romawi tentang nama-nama planet. Tapi, mereka diganti dengan rekan-rekan Jermanik untuk dewa-dewa Romawi dari mana planet-planet mendapatkan nama mereka, mis. Mars menjadi Tyr/Tiw. Berikut ulasan selengkapnya yang dikutip dari Infoplease.

Latin  Inggris Kuno Inggris Jerman Perancis Itali Spanyol
Dies Solis Sunnandaeg Sunday Sonntag Dimanche Domenica Domingo
Dies Lunae Monandaeg Monday Montag   lundi    luned   lunes
Dies Martis Tiwesdaeg  Tuesday  Dienstag    mardi  marted martes
Dies Mercurii Wodnesdaeg  Wednesday Mittwoch mercredi  mercoled  mircoles
Dies Jovis Thunresdaeg  Thursday Donnerstag jeudi   gioved   jueves
Dies Veneris Frigedaeg  Friday  Freitag vendredi  venerd viernes
Dies Saturni Saeternesdaeg  Saturday Samstag  samedi sabato  sbado

Keterangan: Minggu tujuh hari berasal dari Mesopotamia kuno dan menjadi bagian dari kalender Romawi pada tahun 321 M. Nama-nama hari didasarkan pada tujuh benda langit (Matahari, Bulan, Mars, Merkurius, Yupiter, Venus, dan Saturnus) , diyakini pada waktu itu berputar di sekitar Bumi dan memengaruhi peristiwanya. 

Sebagian besar Eropa Barat mengadopsi nomenklatur Romawi. Bahasa Jermanik menggantikan padanan Jermanik untuk nama empat dewa Romawi: Tiw, dewa perang, menggantikan Mars; Woden, dewa kebijaksanaan, menggantikan Merkurius; Thor, dewa guntur, menggantikan Jupiter; dan Frigg, dewi cinta, menggantikan Venus.

Makna-makna hari

Nama-nama hari

Photo :
  • pixabay

Nama-nama hari ini sama pentingnya dengan alfabet ataupun dengan berhitung. Berikut makna hari-hari dalam seminggu melansir dari wallstreetenglish.

Monday (Senin)

Nama-nama hari bahasa Inggris yang pertama yaitu Monday atau Senin. Sebuah studi mengatakan bahwa di setiap hari Senin hampir 50% semua pegawai kantoran akan datang terlambat. Hal ini lantaran Senin merupakan hari pertama dalam seminggu dan merupakan hari yang sangat macet karena semua terburu-buru dalam perjalanan ke kantor.

Tuesday (Selasa)

Hari Selasa atau Tuesday ini diasosiasikan dengan pemberian nama dari Dewa Tiw yang berhubungan dengan Mars. Namun, sayangnya jika dihubungkan dengan mitologi Yunani, hari Selasa adalah hari yang paling tidak beruntung karena peristiwa jatuhnya Constantinople. Berita baiknya, Fun Fact Today mengatakan jika hari Selasa merupakan hari terproduktif yang dilakukan oleh para pegawai kantor. Hal ini merupakan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002 silam. 

Wednesday (Rabu)

Nama-nama hari berikutnya yaitu Rabu atau dalam bahasa Inggrisnya Wednesday. Masih banyak orang yang salah dalam melafalkan Wednesday. Pelafalan nama hari ini bukanlah sesuai dengan yang ditulis, melainkan berbunyi “wens-day.”
Nama Wednesday ini berasal dari nama Wadon, seorang dewa dalam kepercayaan Jerman yang masih berhubungan dengan dewa Odin. Tak hanya itu, sebenarnya arti Wednesday sendiri bila diterjemahkan dalam Bahasa Mandarin, Estonia, dan Latvia memiliki arti “hari ketiga”. Hal ini sesuai dengan kenyataannya bahwa Rabu merupakan hari ketiga dalam satu minggu.

Thursday (Kamis)

Kamis adalah salah satu hari yang dekat dengan weekend tapi masih masuk dalam weekdays dan kita sudah melewati hari yang dirasa sangat lambat. Dalam Bahasa Inggris, kamis memiliki nama Thursday yang diambil dari nama Thor, dewa petir dan badai. Salah satu fakta unik dari hari Kamis berhubungan dengan gajian: Di Australia pemberian upah pada pegawai biasanya dilakukan per minggu. Kamis merupakan hari yang dipilih untuk gajian sebagai penutup Minggu.

Friday (Jumat)

Friday selalu diasosiasikan dengan penutup minggu yang berat sehingga kita bisa bersenang-senang di hari Jumat. Hari Jumat juga merupakan pembuka dari akhir pekan sebelum Sabtu dan Minggu. Bisa dikatakan jika hari Jumat adalah salah satu hari yang paling bahagia, tak heran ada istilah TGIF (Thank God It’s Friday) yang menyatakan kelegaan sudah sampai di hari Jumat lagi. Menurut sebuah studi juga, Jumat adalah hari yang meningkatkan kebahagiaan karyawan sebesar 11%.

Saturday (Sabtu)

Saturday alias Sabtu merupakan salah satu hari libur dalam akhir pekan yang kita dapatkan, walaupun masih banyak juga juga bekerja atau melakukan kegiatan perkantoran di hari Sabtu. Namun, hal ini tidak berlaku di Nepal. Di Nepal, hari Sabtu adalah satu-satunya hari libur dalam satu minggu sehingga pada hari Minggu mereka bekerja seperti biasa. Weekdays mereka berarti enam hari dalam seminggu.

Sunday (Minggu)

Hari yang terakhir yaitu Sunday alias Minggu. Walaupun kita merasakan Minggu sebagai hari terakhir dalam seminggu, beberapa negara timur tengah malah menjalankan Minggu sebagai hari pertama bekerja.

Demikianlah informasi nama hari dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui. Dalam artikel ini juga lengkap dengan makna hari-hari dalam seminggu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Rizky Febian dan Mahalini dalam upacara adat Mepamit

Mengenal Mepamit, Tradisi Pamitan dalam Prosesi Adat Bali yang Dilakukan Mahalini dan Rizky Febian

Kata mepamit diambil dari bahasa Bali yang berarti 'pamit' atau 'berpamitan', hal itu dimuat dalam buku Upacara Pawiwahan Agama Hindu yang ditulis oleh Luh Sukma Ningsih.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024