Universitas Jambi Terima 1.806 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN 2022

Universitas Jambi
Sumber :
  • antara

VIVA –  Universitas Jambi (Unja) menerima 1.806 orang mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) mengumumkan 12.643 orang mahasiswa di Indonesia yang lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN. Tersebar di 75 perguruan tinggi negeri yang terdiri dari Universitas dan Institut. Kemudian di 39 politeknik negeri dan 11 Perguruan Tinggi Islam Negeri.

"Dari 12.642 orang yang lulus tersebut, 1.806 mahasiswa lulus di Universitas Jambi," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Dr Kamid di Jambi, Rabu (30/3).

Berdasarkan kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN di Unja maka terdapat selisih empat orang. Dimana Unja menetapkan kuota penerima mahasiswa melalui jalur SNMPTN sebanyak 1.810 orang, sementara yang di terima berjumlah 1.806 orang.

Kuota sebanyak empat orang pada SNMPTN yang tidak terpenuhi tersebut akan di masukan dalam kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kuota penerimaan mahasiswa baru Unja pada jalur SBMPTN sebanyak 45 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru di Unja sebanyak 8.000 mahasiswa.

"Pada SBMPTN nanti Unja akan menerima sebanyak 3.700 calon mahasiswa baru atau sebesar 45 persen dari alokasi yang diterima Unja tahun 2022," kata Dr Kamid.

Sementara itu, calon mahasiswa Unja yang sudah dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN diimbau untuk segera melakukan pendaftaran ulang ke Kampus Unja atau dapat dilakukan melalui web yang sebelumnya telah disediakan.

Dan bagi calon mahasiswa yang tidak lulus melalaui jalur SNMPTN dapat mendaftar masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN. Dimana saat ini pendaftaran penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN masih di buka dan akan berakhir pada pertengahan April.

Selain itu Unja juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Kuota penerimaan mahasiswa baru pada jalur mandiri Unja sebanyak 2.500 orang. (antara)

Kemendikbudristek: Seleksi PTN Model Baru Diterapkan pada 2023
Universitas Brawijaya, Malang, JJawa Timur

Tertinggi di Indonesia, Fakultas Kedokteran UB Paling Banyak Diminati Jalur SNBP 2023

Sebanyak 5.380 mahasiswa baru diterima dari 26.487 pendaftar mengikuti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2023