10 Fakta Bulan Ramadhan yang Jarang Orang Ketahui

Bulan suci Ramadhan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Bulan Ramadhan tidak terasa tinggal hitungan hari lagi. Itu artinya semua umat Muslim di penjuru dunia, sudah mulai mempersiapkan segala hal dan tujuan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama bulan suci Ramadhan.

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Kedatangan bulan Ramadhan rupanya selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim Indonesia. Hal tersebut lantaran, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan memberikan banyak kebaikan.

Bulan Ramadhan yang datang setiap tahun sekali ini selalu dijalankan dengan baik bagi mereka yang sungguh-sungguh merindukan bulan puasa. Berbagai hal positif dilakukan agar bisa lebih mendekatkan diri pada sang Pencipta Allah SWT.

Bulan Puasa Buat Rieke Diah Pitaloka dan Mantan Suami Akur Kembali

Bulan Ramadhan juga menjadi momen terbaik untuk bisa berkumpul dan bersilaturahmi pada keluarga, teman dan saudara. Di mana yang kita tahu, menjaga silaturahmi itu memberikan banyak kebaikan. Sekarang adalah waktu yang penting untuk berkumpul dan membangun pemahaman di antara semua komunitas kita. Jadi bagi mereka yang tidak tahu, ternyata banyak fakta bulan Ramadhan yang jarang orang ketahui.

1. Selama Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia berpuasa setiap hari dari matahari terbit hingga terbenam. Anak-anak, wanita hamil, menyusui atau sedang haid, orang tua, dan orang dengan masalah kesehatan, tidak diharapkan untuk berpuasa.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

2. Bagi banyak orang, Ramadhan adalah waktu untuk merasa lebih dekat dengan Tuhan, berdoa, menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, mendukung amal dan mengingat mereka yang kurang beruntung saat mereka berpuasa.

3. Pada akhir Ramadhan, orang dewasa yang memiliki lebih banyak makanan daripada yang mereka butuhkan harus membayar Zakat Fitrah – kontribusi untuk mendukung orang-orang yang membutuhkan sekitar £5/US$7 per kepala.

4. Ramadhan dimulai pada bulan ke-9 dalam kalender lunar Islam, ketika bulan sabit baru pertama kali terlihat.

5. Muslim menganggap puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian inti dari keyakinan agama mereka. Sebelum fajar, orang makan makanan yang disebut  sahur . Makan malam disebut  buka puasa .

6. Ramadhan sering menjadi urusan komunitas, dengan lebih banyak orang menghadiri masjid di malam hari dan berkumpul bersama teman dan keluarga untuk berbuka puasa .

7. Selama Ramadhan, banyak kantor dan sekolah di negara-negara mayoritas Muslim tutup lebih awal.

8. Selama 10 hari terakhir Ramadhan, umat Islam merayakan Lailatul Qadar , malam paling suci tahun ini. Ini memperingati malam ketika Al-Qur'an, Kitab Suci Muslim, pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad.

9. Anda dapat mengungkapkan harapan baik untuk Ramadhan dengan mengatakan “Ramadhan Kareem” (“Ramadan yang murah hati”) atau “Ramadan Mubarak” (yang dapat diterjemahkan sebagai “Selamat Ramadhan).”

10.  Setelah hari terakhir Ramadhan, pada  Idul Fitri , ucapan berubah menjadi "Idul Fitri". 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya