5 Universitas Terbaik di Indonesia, Versi Webometrics 2022

Kampus Universitas Indonesia/Ilustrasi.
Sumber :
  • Facebook.com/ui.ac.id

VIVA – Universitas terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022. Setelah lulus SMA pastinya ada keinginan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Universitas. Buat Anda yang ingin melanjutkan perkuliahan ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu sebelum menentukan tujuan akan melanjutkan kuliah di mana.

Pilpres Usai, Mahfud: Perjuangan Belum Berhenti

ViVA akan memberikan sedikit informasi dalam memilih Universitas terbaik di Indonesia, karena bagaimanapun Anda harus cermat dalam memilih Universitas dan menentukan jurusan di bidang yang Anda minati sesuai dengan kemampuan anda.

Tentunya ada beberapa Universitas terbaik di Indonesia, keberadaan tempat kuliah di Indonesia tidak hanya memfasilitasi warga Indonesia, namun juga calon mahasiswa dari luar Indonesia juga ada yang berkuliah di Indonesia.

USU Raih Peringkat 4 Kampus Riset Terbaik Indonesia Versi Scimago 2024, Ini Kata Rektor

Jika Anda menginginkan kuliah di Universitas terbaik di Indonesia Webometrics 2022, ada baiknya anda harus mengetahui Universitas terbaik di Indonesia, jangan sampai bingung untuk menentukan pendidikan setelah SMA. Berikut beberapa Universitas terbaik di Indonesia seperti dikutip dari berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Universitas Indonesia

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Photo :

Universitas Indonesia merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia, dengan kampus utamanya berlokasi di bagian Depok Utara, Jawa Barat, kampus UI berada di perbatasan antara depok dan Jakarta Selatan, sementara kampus lainya berada di daerah Salemba, Jakarta Pusat, Universitas Indonesia merupakan kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencangkup disiplin ilmu yang luar.

Saat ini Universitas Indonesia memiliki 14 Fakultas, 2 gedung pasca sarjana dan 1 program vokasi yang menjalani seluruh kegiatan pengajaran, pendidikan, dan penelitian, Universitas Indonesia telah mendapat banyak penghargaan diantaranya sebagai berikut:

- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 67 Asia pada tahun 2016.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 79 Asia pada tahun 2015.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 71 Asia pada tahun 2014.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 64 Asia pada tahun 2013.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS, peringkat 59 Asia, dan peringkat 273 dunia pada tahun 2012.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS, peringkat 50 Asia, dan peringkat 217 dunia pada tahun 2011.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS dan peringkat 50 Asia pada tahun 2010.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2016.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2015.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2009.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi THES tahun 2008.
- Rangking ke 250 di THES tahun 2006 sebagai Universitas berkelas dunia dan rangking 395 di THES 2007.
- Rangking pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric dan peringkat 13 Asia Tenggara pada tahun 2016.
- Rangking 3 untuk kategori universitas asal Indonesia versi - Webometric pada tahun 2015.
- Rangking 2 untuk kategori universitas asal Indonesia versi Webometric pada tahun 2014.

2. Universitas Gadjah Mada

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Photo :
  • www.ugm.ac.id

Universitas terbaik di Indonesia pertama yaitu Universitas Gadjah Mada. UGM merupakan Universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah pada 19 Desember 1949, Universitas Gadjah Mada yang berlokasi di Kampus Bulaksumur, Yogyakarta.

Kampus UGM merupakan Universitas pertama yang telah didirikan oleh Pemerintah setelah kemerdekaan, UGM memiliki 18 Fakultas, 265 Program Studi, 111 Join Degrees dan 23 pusat studi, berikut beberapa prestasi dari Universitas Gadjah Mada, sebagai berikut:

- Ranking 250 tingkat dunia versi THES (Times Higher Education-Qs World University), 2009
- Peringkat 1 di Indonesia versi AIPT BAN-PT 2014
- Peringkat 1 di Indonesia, 5 di Asia Tenggara, 414 dunia versi Webometrics (2014)
- Universitas Gadjah Mada merupakan Universitas dengan Sistem - Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama dengan National University of Singapore dan Chulalongkorn University
- Beberapa Jurusan di UGM telah mendapatkan akreditasi internasional bergengsi dengan predikat A dan UGM merupakan universitas pertama di Indonesia yang meraih akreditasi bergengsi tersebut.

3. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Malang

Photo :
  • ub.ac.id

Universita Brawijaya merupakan salah Universitas terbaik di Indonesia, kampus itu sudah berdiri sejak 1963 di Kota Malang Jawa Timur, Universitas Brawijaya sangat konsisten berada di peringkat kelima sebagai Universitas terbaik di Indonesia, seperti Institut pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung, hal ini berdasarkan penilaian resmi dari kementerian riset, teknologi dan perguruan tinggi (Kemenristekdikti)

Hingga saat ini Universitas Brawijaya memiliki 18 Fakultas dan 221 program studi dengan rumpunan keilmuan yang sangat luas memulai dari vokasi, Sarjana, Magister, Doktor, Dokter Spesialis, dan Profesi, pada tahun 2018, Universitas Brawijaya meraih juara umum pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya juga menempati peringkat ke 301 di Asia pada tahun 2020 versi QS Asian University Rankings.

4. IPB University

IPB University, Bogor

Photo :
  • vstory

Institut Pertanian Bogor (IPB) University merupakan Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics 2022 kampus ini berlokasi di Bogor. Ada banyak alumni tokoh penting Indonesia, lulusan Universitas ini, diantaranya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Suswono (mantan Menteri Pertanian), Mustafa Abubakar (mantan Menteri BUMN), Anton Apriyantono (mantan Menteri Pertanian) dan masih banyak lainnya.

IPB juga menyediakan banyak pilihan program studi tentang ilmu-ilmu pertanian. Ada 24 program studi yang sudah terakreditasi secara internasional. Kini IPB memiliki 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis dengan 39 program studi sarjana. Dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya, berikut beberapa diantaranya:

- IPB masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik di dunia versi QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry Tahun 2018.
- IPB ada di peringkat ke-130 Asia QS Asian University Rankings 2018
- IPB Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia (Pemeringkatan oleh Kemenristekdikti) Peringkat ke-3 (Tahun 2018), Peringkat ke-3 (Tahun 2017), Peringkat ke-4 (Tahun 2016), dan Peringkat ke-3 (Tahun 2015).
- Atas inovasi-inovasi yang dihasilkannya, IPB mendapat Anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional dari Kemenristekdikti Tahun 2018 dan 2017.
- IPB meraih Penghargaan Mitra Peneliti Asing Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2018, 2017, dan 2016.
- IPB meraih Peringkat Rapor Terbaik Pelaksanaan Program, Kegiatan dari Kemenristekdikti Tahun 2018, 2017, dan 2016.

5. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga.

Photo :
  • U-Report

Universitas Airlangga atau UNAIR yang merupakan salah satu Universitas Terbaik di Indonesia, kampus ini yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, Kampus ini pertama kali diresmikan oleh Presiden Indonesia Ir Soekarno pada tanggal 10 November 1954, setelah sebelumnya sudah meresmikan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

UNAIR memiliki tuga kampus dengan fakultas yang berbeda, yaitu kampus A yang melingkupi Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran, kampus B mencangkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Psikologi, kampus C mencangkup Fakultas keperawatan Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Santek, prestasi yang diraih oleh UNAIR diantaranya sebagai berikut:

- Penghargaan di Korsel atas temuan pakan ternak
- Penghargaan kesehatan PT. Astra
- Penghargaan PWI Jatim berkat vaksin flu burung
- Memperoleh penghargaan kontributor paling aktif dan paling berkontribusi untuk website QS WOW NEWS
- Dua peneliti dari Unair memperoleh penghargaan Young Investigator Award (YIA) 2015 di universitas KOBE, Jepang
- Mahasiswa Ekonomi islam memperoleh penghargaan The Best Entrepreneur dalam acara Youth on Entrepreneurship di Malaysia
- Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Diah Ariani Arimbi, PhD., mendapat penghargaan dari sebuah Non-Government Organization (NGO) internasional

Aksi solidaritas mahasiswa dan dosen UI untuk mendukung kemerdekaan Palestina

Ratusan Mahasiwa dan Dosen UI Gelar Aksi Kemanusiaan Dukung Kemerdekaan Palestina

Ratusan mahasiwa dan Dosen UI gelar aksi kemanusiaan dukung kemerdekaan Palestina

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024