8 Amalan Hari Jumat akan Dilipatgandakannya Pahala

Ilustrasi zikir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Amalan hari jumat memiliki banyak keistimewaan yang sangat sayang dilewatkan begitu saja. Dalam agam Islam, Jumat merupakan hari raya bagi umat muslim.  Di hari yang penuh dengan kebaikan dan keutamaan, rasanya sayang jika harus melewati hari jumat begitu saja. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Tidak heran, jika hari yang dianggap paling baik di hari lainnya ini memiliki banyak amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilakukan, agar kelak mendapatkan banyak pahala dan keutamaan.

Di mana, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umat Islam di seluruh pelosok dunia mau giat melakukan berbagai kegiatan positif dan melakukan amal baik. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 5 April 2024

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik

Pada hari Jumat biasanya akan Allah turunkan begitu banyak pahala dan kebaikan bagi mereka yang mengamalkannya dengan sungguh-sungguh. Tentu saja ini bisa menjadi salah satu cara untuk membantu Anda untuk menggugurkan dosa baik yang sengaja maupun tidak disengaja. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 22 Maret 2024

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran; alam Alquran Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.

Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al-Jumu’ah: 9-10).

Lantas, amalan-amalan hari Jumat seperti apa yang bisa mendatangkan sebuah pahala dan pengugur dosa? Simak ulasannya berikut ini.

Amalan Hari Jumat

Wewangian Spirit de Travail

Photo :
  • Space

Allah SWT begitu baik kepada hambanya di seluruh dunia, dengan memberikan beragam pilihan amalan-amalan yang bisa dikerjakan oleh umatnya. Seperti salah satunya amalan hari Jumat berikut ini. Di hari Jumat, terdapat banyak amanlan-amalan yang dapat dikerjakan baik untuk pria maupun wanita.

Di mana amalan-amalan tersebut dimasukkan ke dalam ibadah sunnah. Lantas, amalan hari Jumat apa saja itu?

1. Zikir dan Doa yang Banyak

Sebenarnya zikir dan doa juga perlu di lakukan setiap saat, agar sebagai tanda kita mengingat kebesaran Allah SWT. Perbanyak zikir dan doa menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan pria maupun wanita. 

Zikir menjadi cara manusia untuk mengingat sang penciptanya, Allah SWT. Meskipun bisa dikerjakan kapan saja, ada baiknya amalan ini dilakukan dan dipersungguh pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berdzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

Ini pun mendapat penjelasan dalam Alquran saat Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…,” (Al Jumu’ah: 9).

Terkait dengan memperbanyak doa, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

2. Berdoa

Amalan hari Jumat selanjutnya adalah berdoa untuk memohon segala sesuatu yang dibutuhkan. Berdoa menjadi amalan yang tidakpernah dilewati oleh umat Islam setiap harinya.

Namun berdoa pada hari Jumat memiliki keutamaan tersendiri. Karena hari Jumat memiliki waktu yang dikatakan Nabi menjadi waktu mustajab untuk berdoa. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya, dan rentang waktu cukup singkat.” (HR Muslim)

Hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan waktu mustajab tersebut. Dari Abu Burdah, Rasulullah SAW bersabda tentang waktu Jumat tersebut: “Bahwasanya itu adalah waktu ketika imam duduk (di mimbar) sampai selesai sholat.” (HR Muslim).

Ada juga riwayat lain yang mengatakan, bahwa waktu mustajab itu adalah di pengujung Ashar pada hari Jumat. Hadit dari Jabir bin Abdillah RA yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Pada hari jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di pengujung hari setelah ashar.” (HR Abu Dawud dan An-Nasai).

3. Perbanyak Selawat

Ilustrasi orang berzikir.

Photo :
  • U-Report

Membaca selawat pada hari Jumat, nyatanya dapat pahala yang akan dilipat gandakan sebagai amalan hari Jumat.  Barang siapa yang memperbanyak selawat pada hari Jumat maka akan Allah berikan posisi yang dekat dengan beliau pada saat hari kiamat tiba.

4. Membaca Al-Kahfi

Amalan hari Jumat yang banyak orang tahu yaitu melakukan baca Alquran pada Surah Al-Kahfi. Membaca surah Al-Kahfi sebaiknya dilakukan pada awal Jumat, yaitu Kamis malam atau setelah masuk Maghrib. Dalam sebuah hadis dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat,” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani).

5. Sedekah Jumat

Hari Jumat biasanya dipilih oleh umat Muslim untuk melakukan sedekah pada orang-orang yang membutuhkan. 

6. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Rasulullah menganjurkan umatnya agar menggunakan pakaian terbaik dan wewanggian di hari Jumat. Beliau bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat jumat, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Terkait dengan wewangian, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain menjadi amalan hari Jumat, wewangian juga dapat digunakan sebagai agen penghilang stres, menurut penelitian yang dilakukan oleh Chemical Sense. Ini juga akan meingkatkan mood saat digunakan dalam beribadah, dan memberi semangat saat melakukannya.

7. Perbanyak Baca Alquran

Ternyata, membaca Alquran pada hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Nabi bahkan mengatakan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan membuat wajah pembacanya seperti disinari cahaya. 

Diriwayatkan dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudhri RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)  

8.  Membersihkan Diri 

Amalan sunah berikutnya di hari Jumat yaitu membersihkan diri. Mandi atau membersihkan diri pada hari jumat ternyata merupakan hal wajib bagi semua orang yang sudah baligh. Bukan hanya mandi, Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah.

“Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan sekadar mandi dan sikat gigi, amalan hari Jumat juga disertai dengan memotong kuku. Hal ini tentu mendapatkan pahala bagi yang melakukannya. Selain mendapatkan kebersihan dan turut membantu dalam menjaga kondisi kesehatan, membersihkan diri di hari Jumat juga sebagai wasilah dalam mengikuti sunnah nabi.

Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Pada hari ini, Jumat 26 April 2024 ada 5 mobil SIM Keliling yang disediakan Polda Metro Jaya untuk warga DKI. Dilansir dari laman Korlantas Polri, untuk warga yang ada di

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024