Amalan Pembuka Rezeki dan Bacaan Doa Sesuai Ajaran Nabi

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Amalan Pembuka Rezeki. Selain melakukan usaha, berdoa juga merupakan salah satu yang paling penting untuk mendapatkan rezeki yang berkah, meskipun ada istilah rezeki itu sudah ada yang ngatur, akan tetapi anda sebagai manusia diwajibkan untuk tetap ikhtiar dan berusaha untuk mendapatkan rezeki.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Maka dari itu, supaya dalam pencari rezeki atau sedang dalam bekerja selalu dilancarkan dan diberikan kemudahan oleh Allah dari gangguan mara bahaya yang tidak diinginkan. Karena sesuatu yang dimulai dengan niat yang baik hanya untuk beribadah kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan rezeki yang cukup.

Terkadang anda tidak menyadari mendapatkan rezeki tak diduga-duga, maka dari itu jika hal itu terjadi pada anda sebaiknya anda selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada Anda. dalam Islam pun memiliki panduan yang baik dalam menjalankan setiap kegiatan di berbagai aspek kehidupan.

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Tata cara yang dilakukan anjurkan dalam islam merupakan contoh yang diambil dari kehidupan Nabi Muhammad dan para sahabat serta nabi-nabi terdahulu, banyak diantara anda yang selalu berdoa untuk dimudahkan dalam masalah rezeki. Berikut beberapa doa dan amalan pembuka rezeki, seperti dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Perbanyak Berdoa kepada Allah

Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

Berdoa

Photo :
  • pixabay

Berikut beberapa doa yang harus dipanjatkan oleh anda kepada Allah untuk mempermudah rezeki anda, selain itu Berdoa merupakan salah satu bentuk penghambaan kepada Allah, oleh karena itu sebagai manusia harus selalu berdoa di setiap kesempatan waktu, khususnya ketika selesai melaksanakan Sholat.

- Doa Mohon Rezeki dari Allah

"Qala 'isabnu maryamallahumma rabbana anzil 'alaina ma`idatam minas-sama`i tak?nu lana 'idal li`awwalina wa akhirina wa ayatam mingka warzuqna wa anta khairur-raziqin"

Artinya "Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit yang pada hari turunnya hidangan itu akan menjadi hari raya bagi kami, bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, serta menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu. Berilah kami rezeki, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama" (Al Maidah: 114)

- Doa Agar Dilancarkan Rezeki

"Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh."

Artinya "Ya Allah, Dzat Yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah"

- Doa Mendatangkan Rezeki Tak Terduga

"Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa"

"Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami"

- Doa Rezeki Halal

"Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir."

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu"

- Doa Mohon Rezeki Berlimpah

"Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin."

"Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama."

- Doa Rezeki Penuh Berkah

"Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassi’lii daarii wa baarik lii fii rizqii" Artinya "Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku"

- Doa Nabi Muhammad

"Allohummaj’al rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinni wanqitho’I umri wa qurbi ajali" Artinya "Ya Allah, jadikanlah keluasan rezeki-Mu padaku di saat usia senjaku, di saat putusnya umurku dan di saat dekatnya ajalku"

- Doa Sebelum berjualan

"Allahumma inni ajibtu da’wataka washilaitu faridhotuka wantasyarat kamaa amartanii, farzuqnii min fadlika wa anta khairurraaziqiin"

Artinya "Ya Allah, sesungguhnya aku menyukai seruanmu, dan aku telah kerjakan sholat yang Engkau fardukan serta aku akan menebar sebagaimana yang telah Engkau perintahkan. Maka, berilah aku rezeki dari karunia-Mu, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi rezeki."

2. Istighfar dan Bertaubat

Perbanyak istighfar.

Photo :
  • U-Report

Selain dengan beberapa doa diatas dan usaha anda, Pintu rezeki juga  bisa terbuka dengan memperbanyak mengucapkan istighfar dan senantiasa selalu untuk bertaubat kepada Allah, seperti dijelaskan dalam Surat Nuh ayat 10-12.

"Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untukmu sungai-sungai.

3. Takwa dan Sedekah

keajaiban orang bersedekah

Photo :
  • U-Report

Takwa merupakan yakin dengan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya, dari segimana banyak amalan, menjalankan sholat lima waktu merupakan salah satu bentuk ketakwaan kepada Allah, selain itu pintu rezeki akan terbuka lebar ketika anda melakukan banyak sedekah kepada orang yang sedang membutuhkan pertolongan anda.

4. Silaturahmi

Silaturahmi membawa berkah bukan petaka

Photo :
  • vstory

Seperti istilah yang sering kita dengar 'Memperbanyak silaturahmi itu akan memudahkan rezeki kita' istilah itu memang benar, pasalnya silahturahmi merupakan menyambungkan tali kekeluargaan memiliki beberapa keuntungan yaitu salah satunya memudahkan rezeki anda.

Seperti yang telah Rasulullah riwayatkan "Barangsiapa yang ingin agar Allah melapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah menyambung silaturahmi" (Shahih Al-Bukhari)

5. Sholat Dhuha

sholat dhuha

Photo :
  • vstory

Seperti yang ketika ketahui, Sholat Dhuha bisa membuka pintu rezeki, maka dari itu amalkanlah secara rutin sholat dhuha untuk memperlancar rezeki anda, pasalnya salah satu keutamaan dari Sholat Dhuha yaitu mempermudah untuk mendapat rezeki yang tak disangka-sangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya