Amalan Setelah Sholat Subuh, Doa dan Dzikir yang Harus Kamu Baca

Apa Itu Shalat? Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Amalan Setelah Sholat Subuh. Melakukan banyak doa setelah sholat subuh merupakan salah satu anjuran yang diperintahkan dalam agama islam dan melakukan beberapa amalan setelah sholat subuh lainya seperti berzikir, membaca Al-Quran dan lain sebagainya, selain itu itu memperbanyak doa di waktu subuh akan memudahkan anda mendapatkan rezeki yang berkah.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Sebagai seorang islam, Sholat merupakan aktivitas yang wajib dikerjakan setiap hari, salah satu Sholat yang harus dikerjakan itu waktu sholat subuh yang dilakukan sebanyak dua rakaat, meskipun memiliki jumlah rakaat dua, sholat subuh sangat tidak mudah untuk di kerjaan, pasalnya dilakukan pagi hari.

Ketika anda selesai melaksanakan sholat subuh, alahkah baiknya anda tidak tidur kembali, diusahakan tetap berada ditempat ketika anda selesai sholat subuh, selesai sholat subuh itu sangat dianjurkan untuk melakukan amalan setelah sholat subuh seperti yang disampaikan oleh Rasulullah dalam hadistnya.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

"Dari Jabir bin Samurah ra, ia berkata, Nabi saw itu apabila telah melakukan sholat subuh, beliau duduk bersila di tempat duduknya sampai terbitnya matahari yang putih indah sinarnya" (HR. Muslim).

Berikut beberapa amalan setelah sholat subuh serta doa dan dzikirnya, seperti dikutip dari berbagai sumber, sebagai berikut:

Mualaf Marcell Siahaan Akui Tak Mudah Saat Jalani Salat 5 Waktu

1. Sayyidul Istighfar

Perbanyak istighfar.

Photo :
  • U-Report

Terdapat beberapa amalan setelah sholat subuh seperti doa dan dzikir yang harus dibaca ketika selesai sholat subuh, anda yang mengamalkannya diyakini sebagai orang beruntung dan dapat anugerah dari Allah, seperti dijelaskan oleh Imam An Nawawi menyebutkan, Sayyidul Istighfar merupakan sebagai lafal yang baik dan utama dibacakan setelah sholat subuh, sebagai berikut:

"Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa Anta Khalaqtanii wa anaa 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mashtatha'tu. Auddzuubika min syarri ma shona'tu. Abuu-u laka bini'matika alayya wa abuu-u bi dzanbi. Faghfirliiy fa innahu laa yaghfiru dzunuuba illa Anta"

Artinya "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Sejatinya Aku adalah hamba-MU. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku."

"Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka dari itu, ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

2. Doa dan Amalan Setelah Sholat Subuh Memohon Rezeki

berdoa

Photo :
  • pixabay

Praktekanlah amalan setelah solat subuh ini setiap habis melaksanakan sholat subuh, doa ini berkaitan dengan rezeki dan ilmu anda, maka dari itu alangkah baiknya doa itu dibacakan secara rutin untuk kemudahan dalam mencari rezeki, sebagaimana doa ini pun selalu dibacakan oleh Rasulullah.

"Allahumma innii asaluka 'ilmaanaafi'aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa." Artinya "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima." (HR Ahmad, Ibnu Majah)."

Tidak hanya itu saja doa yang selalu dipanjatkan oleh Rasul, seperti yang diriwayatkan oleh Abu Daud, doa yang selalu rasul panjatkan setiap di pagi hari untuk memohon rezeki yang berkah, seperti sebagai berikut:

"Allahumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhidu hamalata arsyika wa malaaikataka wa jamii'a khalqika annaka antaallahu laa ilaaha illa anta wa anna muhammadan abduka wa rasuuluka"

Artinya "Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan au persaksikan kandungan ‘arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada Tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu".

3. Bacaan Dzikir dan Amalan Setelah Sholat Subuh

Niat sholat subuh

Photo :
  • Sholat Tahajud

Ketika anda selesai melakukan sholat subuh, ada baiknya lakukan amalan setelah sholat subuh seperti berdzikir, seperti yang sudah dijelaskan dalam hadits Tirmidzi bahwa dengan melakukan dzikir setelah melaksanakan sholat subuh, maka akan mendapatkan pahala seperti halnya ibadah haji dan umroh, berikut beberapa amalan setelah sholat subuh dan dzikir yang harus dibaca:

- Membaca Ayat Kursi

"Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim"

Artinya "Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya."

"Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar."

Setelah membaca Ayat Kursi dilanjutkan dengan Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan Annas masing-masih dibaca sebanyak tiga kali, lakukan amalan setelah sholat subuh ini secara rutin, supaya menambahkan keberkahan dalam hidup anda.

4. Doa Mohon Pertolongan Allah

berdoa

Photo :
  • U-Report

Berikut doa dan amalan setelah sholat subuh selanjutnya yang harus dibaca, hal ini lakukan setiap anda selesai sholat subuh dengan dibaca satu kali.

"Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur" Artinya " Ya Allah, dengan rahmat dan pertolonganMu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolonganMu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk)"

5. Doa Dibebaskan dari Api Neraka

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Doa dan amalan setelah sholat subuh yang selanjutnya adalah berdoa dijauhkan dari siksa api neraka, berikut doa yang harus dipanjatkan setiap kali anda selesai sholat subuh, doa ini pun dibaca selama empat kali

"Allahumma inni ash-bahtu usy-hiduka wa usy-hidu hamalata ‘arsyika wa malaa-ikatak wa jami’a kholqik, annaka antallahu laa ilaha illa anta wahdaka laa syariika lak, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rosuuluk."

Artinya "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh)."

- Doa Agar DIhindarkan dari Bahaya Dibaca 3 Kali

"Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim." Artinya "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

- Doa Memohon Ridho Allah SWT Dibaca 3 Kali

"Rodhiitu billaahi robbaa wa bil-islaami diinaa, wa bi-muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyya." Artinya "Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai Nabi"

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024