7 Waktu Bertahan Hidup di Planet Tata Surya, Paling Lama Dua Menit

Planet Mars.
Sumber :
  • SciTechDaily

VIVA – Tahukah kamu berapa waktu bertahan hidup di planet tata surya selain Bumi? Mungkin kamu belum pernah mendengar hal ini karena cukup jarang dibahas. Selain itu, menurut para ahli sejauh ini Bumi adalah satu-satunya planet yang hanya memiliki kehidupan. Dengan berbagai permasalahannya, Bumi masih menjadi planet yang paling indah dan nyaman untuk dihuni oleh manusia

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Bahkan, di antara seluruh planet yang ada di tata surya, Bumi adalah satu-satunya yang mempunyai cairan di atas permukaannya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air sendiri adalah sumber kehidupan untuk makhluk hidup. Bumi juga menjadi satu-satunya planet yang memiliki 21 persen oksigen di atmosfernya. Keunikan tersebut membuat manusia dapat hidup di Bumi. 

Maka dari itu, bila kita akan menjelajahi ruang angkasa, harus memakai perlengkapan khusus. Karena, bila tidak memakai perlengkapan antariksa di ruang angkasa akan menyebabkan kesalahan fatal untuk manusia. Tidak ada tempat selain di Bumi di mana kamu dapat bertahan lebih lama. Nah, untuk lebih memahami hal tersebut, berikut ulasan tentang waktu bertahan hidup di planet tata surya yang disadur dari berbagai sumber. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

1. Merkurius

Planet Merkurius.

Photo :
  • NASA
Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Walaupun menjadi planet terdekat dengan matahari, Merkurius bukan sebagai planet terpanas dalam tata surya. Tapi, Merkurius ini mempunyai berbagai suhu ekstrem yang berbeda, yaitu ada sisi panas dan ada juga sisi yang dingin. Para ahli mengatakan bahwa kemungkinan tersebut karena adanya satu sisi planet Merkurius yang menghadap ke matahari. 

Satu hari putaran siang dan malam di planet ini sama seperti 176 hari di Bumi. Hal ini karena Merkurius berotasi dengan gerakan pelan. Sementara untuk waktu bertahan hidup di planet tata surya ini tidak lama. Karena manusia bisa langsung tewas hanya dalam waktu dua menit saja. Ini bisa terjadi lantaran cuaca ekstrem yang sangat panas atau sangat dingin. 

2. Venus

Venus.

Photo :
  • Pixabay

Planet Venus mempunyai ukuran yang hampir mirip dengan Bumi. Perbedaannya hanya mayoritas atmosfer di Venus terdiri atas karbon dioksida yang akan menjebak panas matahari. Maka dari itu, permukaan planet ini mempunyai suhu 470 derajat Celcius. Berbeda dengan sebelumnya, waktu bertahan hidup di planet tata surya ini kurang dari satu detik. 

3. Mars

Planet Mars.

Photo :
  • SciTechDaily

Walaupun mempunyai warna yang merah, planet Mars tidak mempunyai suhu sepanas Venus. Suhu rata-rata di Mars sekitar -60 derajat Celcius hingga suhu terendahnya -153 derajat Celcius. Planet yang satu ini juga mempunyai sedikit udara karena kebanyakan debu silikat. 

Karena itu, manusia yang singgah di Mars akan kesulitan untuk bernapas. Sementara untuk waktu bertahan hidup di planet tata surya yang satu ini hanya sekitar dua menit karena Mars mempunyai tekanan atmosfer rendah. Keadaan tersebut akan membuat organ tubuh manusia mengalami kerusakan. 

4. Jupiter

Planet Jupiter dan Saturnus.

Photo :
  • KQED

Jupiter merupakan planet pertama yang berada di barisan planet luar. Walaupun tampak mempunyai warna yang indah, manusia yang menyentuh planet ini tidak dapat bertahan hidup. Planet ini adalah sebuah bola gas raksasa yang tidak mempunyai permukaan keras. Tekanan udara di Jupiter juga sangat tinggi dan dapat menewaskan manusia saat tiba di sana. 

5. Saturnus

Planet Saturnus.

Photo :
  • Earth.com

Seperti yang kita ketahui bahwa planet besar yang satu ini mempunyai cincin raksasa. Akan tetapi, cincin ini terbentuk dari banyaknya partikel antariksa. Mayoritas dari partikel tersebut adalah air es, sehingga manusia tidak dapat mendarat di sana. Sama seperti Jupiter, Saturnus juga adalah bola gas berukuran besar. Waktu bertahan hidup di planet tata surya ini hanya sepersekian detik. 

6. Uranus dan Neptunus

Planet Uranus.

Photo :
  • U-Report

Saat ingin menginjakan kaki di Uranus dan Neptunus, maka kamu tidak memiliki waktu bertahan hidup di planet tata surya tersebut. Sebab, kedua planet ini juga tidak mempunyai permukaan berbatu dan merupakan bola gas. Selain itu, keduanya juga mempunyai suhu yang sangat dingin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya