7 Hadist Tentang Sabar yang Wajib Diteladani Semua Umat Islam

Ilustrasi orang bersabar dan rendah hati.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hadist tentang sabar harus diketahui oleh semua orang karena merupakan sebuah sikap yang mempunyai banyak keutamaan. Allah SWT selalu memerintahkan kepada seluruh umat muslim untuk senantiasa bersabar melalui firman-firman-Nya dalam Alquran maupun hadits tentang sabar. Walaupun sangat tidak mudah dan selalu ada saja ujian yang menghampiri, sabar adalah salah satu sifat mulia yang sangat dicintai oleh Allah SWT. 

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Karena itu, Allah SWT menjanjikan pahala dan berkah yang sangat banyak untuk hamba-Nya yang sabar dalam menjalankan kehidupan, terlebih saat mereka mendapatkan musibah atau tengah berada di dalam masa yang sulit. Sabar juga merupakan kecenderungan untuk menunggu dengan tenang saat menghadapi rasa frustrasi atau sulit. Nah, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai hadist tentang sabar yang disadur dari berbagai sumber. 

Ayat Alquran Tentang Sabar

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Sebelum mengetahui hadist tentang sabar, ada baiknya kita mengetahui terlebih ayat tentang sabar yang ada di dalam Alquran. Kesabaran ini sering dihubungkan dengan sifat mulia yang lain seperti keimanan, syukur, sholat, ikhlas, tawakkal, dan taqwa. Ini memperlihatkan bahwa sabar mempunyai kedudukan yang tinggi dalam ajaran Islam. Tentu saja orang yang bersabar juga mempunyai kedudukan istimewa di mata Allah SWT. 

Setidaknya ada 103 kali kata sabar dan turunannya disebutkan di dalam Alquran. Hal ini memperlihatkan bahwa sabar adalah sebuah hal yang sangat penting. Ayat Alquran tentang kesabaran ini dikatakan dalam beberapa surat dan berbagai konteks. Berikut adalah ulasan selengkapnya. 

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

1. Ayat Alquran tentang Sabar dan Sholat

ilustrasi sholat

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar,” (QS Al-Baqarah: 153).

2. Ayat Alquran tentang Sabar dan Musibah

Ilustrasi orang terkena musibah.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Dan sungguh akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepadanya kami akan kembali)”,” (QS Al-Baqarah: 155-156).

3. Ayat Alquran tentang Sabar dan Taqwa

Ketaqwaan adalah jalan keluar dari semua kegelisahan yang ada.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Ya (cukup). ‘Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu secara tiba-tiba, niscaya Allah akan menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda’,” (QS Ali Imran: 125).

4. Ayat Alquran tentang Sabar dan Surga

ilustrasi surga

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad dan orang-orang yang bersabar di antara kamu,” (QS Ali Imran: 142).

5. Ayat Alquran tentang Sabar dan Harta

Ilustrasi harta.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Kamu pasti akan diuji dengan harta dan dirimu. Dan sungguh kamu pasti akan mendengar banyak hal yang menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik. Dan jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang patut diutamakan,” (QS Ali Imran: 186).

6. Ayat Alquran tentang Sabar dan Keberuntungan

Ilustrasi orang kaya dan beruntung.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung,” (QS Ali Imran: 200).

Hadist Tentang Sabar

Sabar merupakan sebuah perasaan ridho atau pasrah dalam menerima dan juga menahan diri dari berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan. Baik berbentuk ujian, melaksanakan ketaatan, dan meninggalkan kemaksiatan. Nah, berikut adalah beberapa hadist tentang sabar.

1. Hadits Tentang Sabar Secara Umum

Ilustrasi orang sabar menunggu.

Photo :
  • U-Report

Artinya: "Jika sabar itu seorang laki-laki, niscaya ia adalah orang yang pemurah dan Allah menyukai orang-orang yang sabar," (HR At Thabrani).

Artinya: "Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran." (HR Bukhari No 1469).

2. Hadis tentang Sabar dan Ridha Allah SWT

Ikhlas dan tersenyum

Photo :
  • http://3.bp.blogspot.com/-dDsJGts2uCc/UWUhnABeAII/AAAAAAAAAT8/FhI27afSEZM/s1600/Slide25+%282%29.JPG

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Tabrani)

3. Hadits Tentang Sabar dan Pemaaf

pemaaf

Photo :
  • U-Report

Artinya: "Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW. yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah." (HR Bukhari dan Muslim).

Artinya: "Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan," (HR Ibnu Hibban).

4. Hadist Tentang Sabar Akan Mendapatkan Ganjaran Surga

Surga.

Photo :
  • U-Report

Artinya: "Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 'Allah Ta'ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga.'" (HR. Bukhari).

5. Hadis tentang Sabar dan Amalan Baik

Ilustrasi beramal.

Photo :
  • U-Report

Rasulullah SAW bersabda: “Jika musibah menimpa pada seorang hamba di badannya atau anaknya, lalu ia menghadapinya dengan kesabaran yang baik maka Allah di hari Kiamat Allah malu menaikkan timbangan untuknya atau memberikan padanya buku catatan.”

6. Hadist Tentang Sabar Membuat Kita Bertemu dengan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW.

Photo :
  • republika

Artinya: "Dari Usaid bin Hudlair radliallahu anhum; ada seseorang dari kalangan Anshar yang berkata; 'Wahai Rasulullah, tidakkah sepatutnya baginda mempekerjakanku sebagaimana baginda telah mempekerjakan si fulan?'. Beliau menjawab: 'Sepeninggalku nanti, akan kalian jumpai sikap-sikap utsrah (individualis, egois, orang yang mementingkan dirinya sendiri). Maka itu bersabarlah kalian hingga kalian berjumpa denganku di telaga al-Haudl (di surga).'" ( HR. Bukhari ).

7. Hadist Tentang Sabar dan Ganjaran Kebaikan

Ilustrasi orang bersabar dan rendah hati.

Photo :
  • U-Report

Artinya: Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda: 'Ketika terjadi musibah pada seorang hamba, baik pada badannya, hartanya atau anaknya kemudian dia menghadapinya dengan kesabaran yang baik, maka pada hari kiamat Allah malu untuk memasang timbangan baginya dan malu untuk membentangkan buku catatan amalannya.'"

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha merupakan salah satu ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir dan pakar Al Quran hingga mendapat julukan 'manusia Quran'.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024