Bacaan Sholawat Asyghil Lengkap dengan Berbagai Keutamaannya

Doa sholawat nabi
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA – Sholawat Asyghil mungkin belum terlalu dikenal oleh seluruh masyarakat karena yang sering mendengarkannya adalah masyarakat muslim warga Nahdliyin di Tanah Air. Sholawat tersebut juga dikenal dengan sebutan sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy. Hal tersebut karena sholawat ini termasuk ke dalam bacaan sholawat yang dihimpun dalam kitabnya Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah. 

Bagaimana Cara Sikapi Jika Punya Teman Penyuka Sesama Jenis? Begini Kata Ustaz Firanda Andirja

Selain dikenal dengan sebutan sholawat Asyghil, syair yang satu ini dikenal juga dengan nama Sholawat Zhalimin, Sholawat Salimin, Sholawat Sibuk, Sholawat Mlipir, dan lain sebagainya. Pada awalnya, sholawat ini adalah syair yang dipanjatkan oleh Imam Ja’far ash-Shadiq. Beliau adalah seorang tonggak keilmuan dan spiritualitas Islam di awal masa keemasan umat Islam. Imam Ja’far hidup di akhir masa Dinasti Umayyah dan awal masa Abbasiyyah. 

Lantaran sholawat ini menemukan momen ketika kaum muslimin tengah dalam suasana yang genting. Itulah mengapa pada masa penjajahan dulu di pesantren, mushola, masjid, surai, atau majelis taklim, para kiai dan juga santrinya selalu membaca sholawat tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan tentang Sholawat Asyghil berserta keutamaannya yang disadur dari berbagai sumber. 

Ketum PITI Bertemu Ali Mochtar Ngabalin, Singgung Kasus Pendeta Gilbert

Lirik Sholawat Asyghil

Doa sholawat nabi

Photo :
  • unsplash.com
Reza Rahadian Ungkap Momen Istimewa Memeluk Islam: "Rasanya Damai Aja"

Di Indonesia sendiri, sholawat yang satu ini banyak dilantukan di masjid ketika akan memasuki waktu sholat dhuhur. Sholawat ini dilantunkan dengan tujuan untuk memohon rahmat Allah SWT untuk Rasulullah SAW dan juga meminta keselamatan dari kezaliman para penguasa. 

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’iin. Artinya: "Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang dzalim dengan orang dzalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat Nabi SAW.”

Keutamaan Sholawat Asyghil

Nabi Muhammad SAW

Photo :
  • U-Report

Untuk umat Islam sendiri, melantunkan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW mempunyai berbagai keutamaan dan menghasilkan banyak manfaat di dunia maupun di akhirat nanti. Hal ini senada dengan firman Allah SWT yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah penghormatan kepadanya”. [Al Ahzab:56]

Ayat tersebut secara jelas memerintahkan untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, nabi akhir zaman. Bahkan, Allah SWT dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat kepada Rasulullah SAW. Maka dari itu, orang yang membenci sholawat sama seperti orang tersebut membenci Allah SWT. 

Maksud dari Allah SWT bersholawat kepada Nabi adalah Dia memberikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW berbentuk nikmat yang banyak. Sementara untuk sholawat malaikat adalah doa dan permohonan ampun mereka untuk Rasulullah SAW. 

Mendapatkan Pahala

Ilustrasi pahala.

Photo :
  • U-Report

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW akan memperoleh ganjaran pahala yang besar dari Allah SWT. Niscaya barangsiapa yang senantiasa bersholawat maka diakhirat nanti akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. 

Keutamaan Lain

Kisah Pernikahan Nabi Adam dan Hawa dengan Maskawin Membaca Sholawat

Photo :
  • U-Report

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa membaca sholawat untuk umat Islam mempunyai keutamaan yang diantaranya akan mendatangkan syafaat, dihitung sebagai sepuluh kebaikan, dan dihapus sepuluh dosanya. 

Kemudian, dengan membaca sholawat juga sebagai amalan yang menggantikan sedekah dan juga akan mendampingi manusia kelak dalam perjalanan menuju ke surga. Bahkan, jika kamu membaca sholawat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, maka para malaikat juga akan ikut melantunkan sholawat. 

Diterima Amal Ibadah Sholat

ilustrasi sholat

Photo :
  • U-Report

Dari Abdul Muhaimin ibnu Abbas ibnu Sahl ibnu Sa'd As-Sa'idi, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Rasulullah Saw. yang telah besabda: Tiada shalat bagi orang yang tidak berwudu, tiada wudu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah padanya, tiada shalat bagi orang yang tidak membaca salawat untuk Nabi, dan tiada salat bagi orang yang tidak mencintai sahabat Ansar. (HR Ibnu Majah)

Dimohonkan Ampun Malaikat

Doa Malaikat

Photo :
  • U-Report

Dari Abdullah ibnu Amir ibnu Rabi'ah menceritakan hadis berikut dari ayahnya yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Nabi Saw bersabda: Barang siapa yang mengucapkan sholawat untukku sekali, maka para malaikat terus-menerus memohonkan ampunan buatnya selama ia masih membaca salawat. Karena itu, hendaklah seseorang hamba membaca salawat, baik banyak ataupun sedikit.

Mendapatkan Keutamaan

Niat puasa Ayyamul Bidh

Photo :
  • U-Report

Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: "Sesungguhnya orang yang lebih utama bersamaku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku". Kemudian dalam riwayat lain dikatakan akan diangkat derajatnya. 

Telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik dia berkata; Rasulullah Shalallah Alaihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. Nasai)

Berdoa di  tempat mustajab Raudhah.

Rindukan Rasulullah, Tangis Haru Antarkan Sakiyem Masuk Raudhah

Sembari mendorong kursi roda Ibu Sakiyem, Hikmah dan Erniwati bergumam, tentang apa yang mereka bicarakan usai Subuh, bahwa ingin masuk ke Raudhah.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2024