Manfaat Sholawat Jibril dan Keutamaannya

berdoa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat Sholawat Jibril merupakan salah satu sholawat yang sering dibacakan oleh kaum muslimin, meskipun bacaan sholawat jibril terbilang pendek, akan tetapi menghapal sholawat jibril ini dipercaya bisa mendapatkan banyak rezeki dan dipermudah segala hal urusan.

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

Memiliki rezeki yang banyak merupakan suatu kesenangan tersendiri, banyak beberapa orang untuk mendapatkan banyak rezeki seperti bekerja, berdagang dan lain sebagainya, namu perlu diingat, makna rezeki itu bukan masalah tentang uang saja, akan tetapi kesehatan, ketenangan, dan kenyamanan itu juga merupakan rezeki harus disyukuri.

Rezeki yang pastinya tidak akan datang sendiri, harus ada ikhtiar dan berdoa. Berdoa bisa dilakukan dimana saja, namun bagi umat muslim, waktu yang paling terbaik untuk berdoa ketika selesai menunaikan sholat lima waktu, selain menjalankan yang wajib, seorang muslim juga sangat dianjurkan untuk melakukan perkara-perkara yang disunnahkan oleh Nabi.

Viral Video Seorang Istri Menangis Saat Terbangun Melihat Suaminya Melakukan Ini

Salah satu amalan-amalan yang disunnahkan oleh Nabi yaitu memperbanyak sholawat, sholawat yang memiliki makna merupakan seruan kepada Allah, membaca sholawat yang memberikan makna memuji dan memohon berkah kepada Allah dan Nabi, seperti yang dijelaskan dalam AL-Quran Surat AL-Ahzab: 56.

"Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna alannabi yaa ayyuhalladzina aamanu shollu alaihi wasallimuu tasliima" Artinya "Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya"

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Berikut Bacaan Sholawat Jibril dan Keutamaannya, seperti dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Bacaan Sholawat Jibril

berdoa.

Photo :
  • U-Report

"Shallallahu ‘ala Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam" Artinya "(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad"

Membaca Sholawat Jibril alangkah baiknya setelah melakukan sholat dhuha, bersholawat lah sebanyak 313 kali atau 1000 kali dalam 7 hari, meskin sering bershalawat maka akan sekain berkah dalam kehidupan sehari-seharinya, akan tetapi hal tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan anda masing-masing jangan terlalu untuk memaksakan diri.

Perlu anda perhatikan dalam melakukan sholawat jibril ini bukan masalah jumlah, melainkan harus konsistensi dalam membaca Sholawat Jibril, baca lah dengan istiqomah, maka manfaatnya akan lebih terasa, seperti yang dijelaskan dalam Hadits Riwayat Ahmad "Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

2. Cara Mengamalkan Sholawat Jibril

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik

Kalangan para Ulama menganjurkan untuk membaca Sholawat Jibril sebanyak 1.000 kali setelah melaksanakan sholat magrib, namun ada juga beberapa ulama yang menyarankan untuk membaca sholawat jibril sebanyak 100 kali setelah melaksanakan sholat magrib.

Sholawat Jibril juga bisa anda baca sebanyak 3.333 kali, 7.000 kali hingga 10.000 kali dalam satu hari, semakin banyak anda bersholat, makan akan semakin banyak juga keberkahan dalam kehidupan anda.

Selain melakukan amalan sholawat jibril anda juga bisa membaca beberapa doa untuk memohon diberikan rezeki, berikut doa untuk meminta rezeki sebagai pelengkap sholawat jibril.

"Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a'thinii tsawaaba shollallohu 'alaa Muhammad an tarzuqonii syai'an asta 'iinu bihi 'alath-thoo 'ah subhaana robbika robbil 'izzati 'ammaa yasifun wasalamun 'alal mursalin walhamdulillahi robbil 'aalamiin"

Artinya "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Sholallahu ?Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam"

3. Manfaat Sholawat Jibril

Ilustrasi berzikir.

Photo :
  • U-Report

- Bagi siapa saja yang rutin membaca Sholawat Jibril maka ia akan memperoleh rahmat dan barokah dari Allah SWT dan syafa'at dari Nabi Muhammad.

- Mendapatkan pimpinan dari malaikat yang terbaik.

- Mendapatkan pengampunan dari semua dosa-dosa yang telah diperbuatnya baik yang sengaja ataupun tak sengaja.

- Rutin membaca Sholawat Jibril juga dapat membuat seseorang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

- Dicukupi kebutuhannya dunia akhirat oleh Allah SWT yakni rezekinya mengalir deras dari segala arah yang tidak disangka sebelumnya.

- Mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

- Dianugerahkan keselamatan oleh Allah SWT dari segala malapetaka.

- Dijauhkan oleh Allah SWT dari kemiskinan, kefakiran dan kesempitan rejeki dan di sinilah Sholawat Jibril menjadi wasilah penarik rejeki bagi yang membacanya.

- Mendapatkan kemenangan atas musuh-musuhnya.

- Hatinya akan disucikan dari sifat munafik sehingga hati dan pikirannya tenang, tentram dan damai.

- Dapat melihat Nabi Muhammad SAW dalam tidurnya.

- Dicintai semua makhluk karena Sholawat Jibril dapat memunculkan aura pengasihan yang memancar bagi orang yang rutin mengamalkannya.

- Orang yang rutin membaca Sholawat Jibril maka ia akan mendapatkan nur yang menyinari lahir dan batinnya.

- Orang yang rajin membaca Sholawat Jibril akan dikabulkan doa-doa dan hajat mendesaknya oleh Allah SWT.

4. Keutamaan Sholawat Jibril

Ilustrasi orang berzikir.

Photo :
  • U-Report

Sholat Jibril tidak hanya membuka pintu rezeki anda, namun ada beberapa keutamaan yang bisa anda dapatkan jika secara rutin selalu membaca Sholawat Jibril, baik dilakukan setelah sholat wajib atau dilakukan ketika waktu luang, berikut beberapa keutamaan sholawat jibril

- Dicintai Allah dan Rasul. Dikatakan oleh salah satu Ulama As-Sakhawi Asy-Syafi'i "Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas, dan mereka berdua telah berkata, 'Kami telah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 'Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, 'Semoga Allah melimpahkan sholawat ke atas Muhammad', melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya"

- Dibukan 70 Pintu Rahmat. Imam Asy-Sya'rani telah berkata "Telah bersabda Nabi shallallahu alaihi wasallam: "Barangsiapa yang membaca sholawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah akan meletakkan kecintaan-Nya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya"

- Mendapatkan salam dan kebaikan Rasulullah. Bagi umat muslim yang selalu membaca sholawat Jibril minimal tiga kali dalam setiap kali anda setelah malukan sholat lima waktu, maka kelak dirinya akan mendapatkan salam dari para malaikat saat ajal menjelang.

Talkshow Tentang Kalung Kesehatan

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Kalung kesehatan adalah sebuah perhiasan yang dikhususkan untuk meningkatkan kesehatan dan keamanan seseorang.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024