IPB University Open House Prodi Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak

IPB Gelar Virtual Open House Prodi Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak
Sumber :
  • Biro Komunikasi IPB University

VIVA – IPB University mengadakan virtual open house bagi para calon mahasiswa baru pascasarjana Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema). Acara ini digelar pada Rabu (06/04) dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ilmu keluarga.

Dr Tin Herawati, Ketua Departemen IKK Fema IPB University mengatakan bahwa pentingnya ilmu pembangunan keluarga semakin terasa. “Bagaimana pesatnya pembangunan keluarga saat ini menyangkut juga pentingnya keilmuan keluarga yang sangat detail,” katanya dalam keterangannya, Kamis (7/4).

Sebagai satu-satunya departemen di bidang ilmu keluarga di Indonesia, Departemen IKK IPB University ingin menghasilkan banyak ahli ilmu keluarga. Hal ini karena kasus stunting hingga permasalahan lain masih menjadi momok besar bagi bangsa sehingga dibutuhkan banyak pakar di bidang ini.

Dekan Fema IPB University, Prof Ujang Sumarwan juga mengatakan bangsa yang hebat akan ditentukan oleh keluarga yang hebat. Oleh karena itu, ilmu keluarga sangat penting untuk didalami agar setiap pengambil kebijakan, pendidik, dan anggota keluarga dapat memahami fungsi dan elemen-elemen keluarga.  Serta untuk mempersiapkan sumber daya manusia unggul.

“Para ahli ini akan mendampingi para pemangku kebijakan, para eksekutif di pemerintahan, dan para pemimpin di bidang lainnya untuk mampu melaksanakan program-program keluarga dengan baik. Sehingga terbangunlah masyarakat yang sangat baik dan memberikan kontribusi penting dalam membangun bangsa,” kata Prof Ujang Sumarwan, pakar ilmu konsumen dari IPB University.

Sementara itu, Prof Euis Sunarti, Dosen IPB University dari Departemen IKK turut menjelaskan terkait urgensi pendidikan pascasarjana di bidang ilmu keluarga. Menurutnya, ilmu keluarga penting dipelajari karena temuan betapa besarnya tingkat pembangunan keluarga. Ia pun mengatakan bahwa Departemen IKK IPB University masih menjadi satu-satunya departemen yang menilai keluarga sebagai sains dan patut dipelajari. Hal ini karena ilmu keluarga bersifat sangat kompleks, multisektor, dan multidimensi.

“Kalau solusi pembangunan keluarga dilakukan dengan laju yang sama seperti biasanya, maka laju degradasi akan lebih kencang, jadi kita harus mengimbangi laju pembangunan itu lebih cepat. Oleh karena itu perlu sumber daya manusia yang berkualitas juga,” jelasnya. 

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Bentuk Yayasan Beasiswa Lewat Golf Amal
Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB beri santunan ke panti asuhan

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Berbagi Kebahagiaan dengan Memberikan Santunan Anak Yatim

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB (HA SB-IPB) menyelenggarakan kegiatan sosial dengan mengunjungi panti asuhan untuk memberikan santunan kepada anak-anak yatim.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024