Sholat Taubat Lengkap Beserta Bacaan Niat hingga Keutamaannya

Sholat taubat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sholat taubat merupakan salah satu sholat sunnah yang dilakukan oleh umat muslim dalam rangka bertaubat kepada Allah SWT. Seperti yang diketahui bahwasanya setiap manusia tidak akan luput dari kesalahan dan dosa. Bahkan kesalahan atau dosa tersebut bisa dilakukan dalam setiap harinya oleh manusia, baik itu dosa yang kecil maupun yang besar. 

Vidi Aldiano Langsung Taubat Setelah Divonis Kanker, Ini yang Pertama Kali Diminta dalam Doanya

Dosa yang kecil masih bisa dihapus dengan menyebutkan istighfar “astaghfirullahalazim”. Sementara dosa yang besar harus ditebus dengan melakukan taubtaan nasuha. Salah satu yang bisa dilakukan untuk menebus dosa besar yakni dengan melakukan sholat taubat.

Dengan sholat taubat, umat muslim dapat mengakui segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuatnya kepada Allah SWT, berazzam tidak akan mengulanginya, merasa hina diri di hadapan Allah SWT, memohon ampun dengan bersungguh-sungguh dan yakin bahwa Allah adalah Maha Penerima Taubat.

Bikin Kagum, Pria Ini Ceritakan Alasan Banyak Narapidana Jadi Mualaf di Inggris

Sebagaimana saat Allah SWT berfirman dalam Al-Quran pada Surat Ali Imran ayat 135 yang berbunyi:

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imraan: 135)

Lucinta Luna Ngaku Mau Tobat, Netizen Bingung: Kok Malah Jilbaban?

Syarat agar sholat taubat diterima 

Ilustrasi salat

Photo :
  • U-Report

Terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi oleh mereka yang melakukan sholat taubat agar diterima oleh Allah SWT. Dalam kitab Riyadhus Shalihin dari Imam Nawawi disampaikan bahwa jika ada kemaksiatan yang terjadi antara seorang hamba dan Allah SWT, maka jika ingin melakukan taubat kepada Allah SWT harus memenuhi tiga syarat berikut ini:

1. Meninggalkan maksiat yang telah dilakukan selama hidup

2. Menyesalinya dengan hati yang jujur 

3. Bertekad untuk tidak mengulanginya lagi

Jika dosa tersebut berkaitan dengan manusia, maka mereka yang ingin bertaubat harus menyelesaikan atau mengembalikkan hak dan meiminta maaf kepada orang yang pernah dizolimi. Semua amalan di dunia yang kita perbuat karena niat kepada Allah SWT menjadi pondasi yang penting.

Bacaan niat sholat taubat

Ilustrasi pria berdoa.

Photo :
  • U-Report

Untuk Keabsahan sholat, saat kita akan membaca niat hendaknya harus diiringi juga dengan gerakan takbiratul ihram. Saat melakukannya hati harus harus awas karena akan membacanya saat melafadzkan takbir. Namun tidak disyaratkan melafadzkan niat secara lisan dalam hal ini. 

Dijelaskan oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu bahwa jumhur ulama menyunnahkan melafadzkan niat. Hal itu dikarenakan bisa membuat hati menghadirkan niat tersebut. Sementara menurut pendapat Maliki, sebaiknya tidak melafadzkan niat karena tidak diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bagi yang melafadzkan niat, berikut ini bacaan niat sholat taubat yang dilengkapi dengan artinya:

“Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha

Ilustrasi salat dan sujud

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Umat muslim yang ingin menggapai taubat nasuha bisa dbisa dilakukan sholat taubat yang berjumlah dua hingga enam rakaat. Kamu bisa melakukan sholat sunnah untuk taubat ini setelah mengerjakan sholat fardhu atau sholat sunnah yang lain. Waktu pelaksanaan sholat ini dikatakan oleh sebagian ulama bahwa dilakukan pada ? malam atau selama melakukan sholat tahajud. 

Berikut ini waktu yang dilarang dan diharamkan untuk melakukan sholat taubat nasuha:

  • Saat matahari terbit hingga naik sepenggalan
  • Antara waktu sholat ashar hingga matahari terbenam
  • Mulai terbit fajar hingga terbit matahari
  • Menjelang matahari terbenam hingga matahari terbenam secara sempurna
  • Saat matahari terlihat di tengah-tengah persis hingga condong

Tata cara sholat taubat

Ilustrasi salat tahajud

Photo :
  • U-Report

Sebagaimana yang disebutkan di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah bahwa sholat sunnah dikerjakan minimal dua rakaat. Berikut ini tata cara sholat taubat yang perlu diketahui. 

  • Niat sholat taubat 
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah 
  • Membaca surat Al Fatihah 
  • Membaca surat dari Al Qur’an Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah 
  • Sujud dengan tuma’ninah 
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah 
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah 
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua 
  • Membaca surat Al Fatihah 
  • Membaca surat dari Al Qur’an 
  • Ruku’ dengan tuma’ninah 
  • I’tidal dengan tuma’ninah 
  • Sujud dengan tuma’ninah 
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah 
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma’ninah 
  • Salam

Keutamaan sholat taubat

Ilustrasi Salat

Photo :
  • U-Report

Sholat sunnah untuk bertaubat ini dilakukan dalam rangka bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Ada berbagai keutamaan dari sholat taubat yang sangat bermanfaat. Berikut sejumlah keutamaan sholat taubat bagi kamu yang ingin bertaubat kepada Allah SWT:

1. Diampuni oleh Allah SWT

Sholat taubat ini memiliki keutamaan yakni setiap orang yang mengerjakan sholat sunnah ini akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berkata:

“Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia diampuni olehNya.” Selanjutnya beliau membaca ayat (QS. Ali Imran: 135, yang artinya), “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; hasan)

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu mendirikan sholat dua rakaat atau empat rakaat, ia menyempurnakan dzikir dan khusyu’ kemudian memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah mengampuninya.”  (HR. Ahmad; hasan)

2. Dicintai oleh Allah SWT

Allah SWT teentu sangat mencintai hamba-Nya yang mau bertaubat. Dengan niat dan mengerjakan sholat ini saja sudah menjadi bentuk kesungguhan yang dapat dilihat dan ingin benar-benar bertaubat baik itu dari segala maksiat maupun yang dosa yang eprnah dilakukan sebelumnya. 

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

3. Didoakan oleh malaikat 

Bagi mereka yang bertaubat dan melakukan sholat sunnah ini, maka akan didoakan oleh para malaikat. Mereka akan memohonkan ampunan kepada Allah SWT untuk mereka orang-orang yang bertaubat.

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.” (QS. Ghafir: 7)

4. Dimasukkan ke dalam surga 

Allah SWT akan memasukkan mereka orang-orang yang pada akhirnya bertaubat ke dalam surga-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat At-Tahrim ayat 8 yang berbunyi: 

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim: 8)

Itulah penjelasan lengkap mengenai sholat taubat beserta dengan syarat, bacaan niat, waktu pelaksanaan, tata cara hingga keutamaannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 

Tan Tjong Min, seorang mualaf

Suka Ajak Mabuk hingga Main Perempuan, Pria Ini Langsung Taubat Jadi Mualaf

Tan Tjong Min, merupakan pria mualaf yang punya kisah menarik saat pindah agama. Dulu ia suka mengajak umat muslim nakal, tapi akhirnya dia taubat dan memeluk Islam.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024