Contoh Kata Pengantar yang Benar untuk Makalah, Tugas, dan Skripsi

Ilustrasi Menulis
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Contoh kata pengantar mungkin sering kamu lihat dalam skripsi, buku, atau jurnal. Mengetahui contoh kata pengantar yang baik dan benar bisa menjadi pedoman kamu dalam menulis kata pengantar itu sendiri, baik untuk makalah maupun karya ilmiah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan secara umum, singkat, dan jelas sebagai pendahuluan dari sebuah karya tulis. 

Deddy Corbuzier Melongo, Bocah 11 Tahun Ini Buat 40 Buku dan 8 Diantaranya Best Seller di Amazon

Secara sederhana, kata pengantar merupakan kalimat pembuka dari penulis atau pengantar yang hendak disampaikan penulis untuk pembaca yang berhubungan dengan karya ilmiah tersebut. Contoh kata pengantar yang baik adalah sebuah bentuk penghormatan kepada pembaca. Kata pengantar perlu memakai kalimat yang efektif, dengan tujuan supaya pembaca lebih mudah dalam memahami isi kata pengantar tersebut. 

Kata pengantar ini biasanya berisi tentang ungkapan rasa syukur maupun ucapan terima kasih yang hendak disampaikan. Umumnya, bagian dari karya ilmiah ini terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Tujuan lain pembuatan kata pengantar sebagai bentuk bahwa penulis sudah menyelesaikan penelitiannya sehingga akan mengucapkan rasa terima kasih kepada penyusun. Nah, berikut adalah contoh kata pengantar yang disadur dari catatan VIVA sebelumnya. 

Bantu Siswa Dapatkan Materi Soal, Buku 'FAST: Latihan Soal Ujian Sekolah' Diluncurkan

Fungsi Kata Pengantar

Menulis dengan laptop.

Photo :
Cassiopea Yap Berbagi Tips Melewati Tantangan Hidup dalam Buku Inspiratifnya

Kata pengantar ini mempunyai fungsi sebagai ungkapan penulis terhadap orang-orang yang sudah membantu dalam penyusunan karya ilmiah. Fungsi lain dari kata pengantar adalah sebagai pembuka untuk pembaca menuju halaman uraian penelitian. Biasanya berbentuk gambaran mengenai karya ilmiah, sehingga kata pengantar harus dapat menarik pembaca supaya membangkitkan gairahnya untuk terus membaca. 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi menulis esai (pexels/Zen Chung)

Photo :
  • vstory

Berbicara mengenai kata pengantar, umumnya penulis akan menambahkan berbagai hal yang tidak perlu. Tentunya hal ini akan membuat kata pengantar menjadi tidak bermanfaat. Padahal, kehadiran kata pengantar ini cukup menarik pembaca untuk bisa memahami karya ilmiah. Karena itu, kamu tidak usah menjelaskan beberapa hal-hal yang tidak perlu. 

Pertama, jangan menuliskan kata pengantar terlalu panjang, tapi singkat, padat, dan jelas. Kemudian kata pengantar tidak lebih dari dua halaman. Karena menjadi bagian dari pengantar yang memungkinkan para pembaca untuk memahami isi karya ilmiah secara sepintas. Jadi, jangan biarkan pembaca berlama-lama membaca kata pengantar kamu. 

Kedua, jangan menambahkan banyak ucapan yang tidak penting. Bukan tidak mungkin penulis mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang mereka kenal. Hal ini tentu saja akan membuat pembaca merasa bosan lantaran terlalu lama membacanya. Kamu hanya perlu menuliskan untuk orang-orang yang terlibat dalam penyusunannya saja. 

Struktur Kata Pengantar

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Photo :
  • U-Report

1. Pembukaan

Pembukaan umumnya terletak di awal paragraf pertama sampai kedua. Pada bagian ini, rasa syukur bisa diungkapkan oleh penulis lantaran sudah menyelesaikan penyusunan karya ilmiah dengan tepat waktu. Pada bagian ini pula, penulis dapat mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian diikuti dengan orang-orang yang sudah membantu penyusunannya. 

Urutan dalam mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang sudah membantu ini diwali dengan orang yang sangat berpengaruh atau orang yang memiliki jabatan tertinggi dalam sebuah instansi. Seperti dalam penulisan skripsi, maka kamu bisa mengucapkan terima kasih yang pertama kepada rektor, dekan, dan seterusnya. 

2. Isi

Penulisan ini dalam kata pengantar umumnya dimulai dengan judul beserta sedikit ulasan tentang karya ilmiah yang sudah ditulis. Harus diingat bahwa menuliskan karya ilmiah perlu singkat padat dan jelas supaya menarik minat pembaca sehingga terus membaca sampai selesai. 

3. Penutup

Pada bagian ini, umumnya akan berisi permohonan maaf dan harapan dari penulis mengenai karya ilmiah yang sudah dibuat. Permohonan maaf tersebut disampaikan oleh penulis bila suatu saat ditemukan kesalahan dalam penulisannya. Sebab, setiap manusia pasti tidak akan luput dari kesalahan. 

Permohonan maaf juga harus disampaikan bila pembaca bisa menemukan kesalahan yang ada di dalam karya ilmiah. Berikutnya adalah bagian harapan, kamu dapat menyampaikan beberapa harapan yang berhubungan karya ilmiah atau potensi yang dapat dikembangkan dari topik penelitian yang sudah diteliti. 

Umumnya sebuah topik penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga kamu dapat menyampaikan sisi menarik yang dapat diteliti untuk penelitian mendatang. Dengan demikian, topik yang sudah diteliti dapat dikembangkan kembali dengan pemakaian sudut pandang yang berbeda. 

Contoh Kata Pengantar Makalah dari file.upi.edu

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, maka pada hari ini makalah yang berjudul “PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA ADIKTIF DI SEKOLAH” dapat diselesaikan. Secara garis besar, makalah ini berisi tentang hal yang berhubungan dengan remaja yang mengalami hambatan penyesuaian sosial (Social Adjusment) dikarenakan pengaruh penggunaan narkoba.

Secara garis besar lingkup makalah ini terdiri dari tiga bab, yaitu: Bab I mengenai Fenomena Remaja Adiktif, yang mendeskripsikan fenomena mengenai gambaran kasus remaja yang berperilaku Adiksi. Bab II mengenai Landasan Teoritis, yang terdiri dari: Penyesuaian Sosial, Penyesuaian Sosial Siswa Pada Masa Remaja, dan Perilaku Adiktif; dan Bab III mengenai Intervensi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja Adiktif Di Sekolah, yang terdiri dari: Teknik yang digunakan, Proses Konseling kognitif perilaku, Hasil yang Diharapkan, dan Skrip Simulasi sebagai gambaran implementasi secara praktis, dan Bab IV berupa kesimpulan dari paparan bahasan.

Penyusun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saran dari berbagai pihak sangat diharapkan demi kemajuan selanjutnya.

Bandung, November 2007

Penyusun,

Contoh Kata Pengantar Tugas

Kata Pengantar 

Puji dan serta syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan tugas makalah ini. Makalah ini berjudul "Laporan Keuangan Dasar". 

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas dari Mata Pelajaran Akuntansi. Selain itu, penulis juga berharap dengan adanya makalah ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca dan juga penulis. 

Terwujudnya makalah ini tentu berkat bantuan dari berbagai pihak. Sehubungan dengan itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Faried selaku guru Mata Pelajaran Akuntansi. Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada seluruh pihak yang sudah membantu dalam penyusunan makalah ini. 

Penulisan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, penulis menerima saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk kesempurnaan makalah ini. 

Jakarta, 20 Mei 2021 

Penulis

Contoh Kata Pengantar yang Disadur dari eprints.uny.ac.id

KATA PENGANTAR

Segala Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan  segala rahmatNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Dekomposisi Nilai Singular Kompleks dan Aplikasinya” guna memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar Sarjana Sains program studi Matematika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. 

Penulis menyadari kelemahan serta keterbatasan yang ada sehingga dalam menyelesaikan skripsi ini memperoleh bantuan dari berbagai pihak, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada  :

1. Bapak Dr.Ariswan selaku dekan MIPA UNY yang telah memberikan izin dalam penulisan skripsi ini. 

2. Bapak Dr. Hartono selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY yang telah memberikan kelancaran pelayanan dan urusan Akademik.

3. Ibu Atmini Dhoruri, M.Si selaku Ketua Program Studi Matematika FMIPA UNY yang terlah memberikan kelancaran pelayanan dalam urusan Akademik.

4. Ibu Endang Listyani, M.S selaku dosen Pembimbing Akademik yang telah memberikan dorongan dalam penulisan skripsi ini.  

5. Ibu R. Rosnawati, M.Si selaku dosen pembimbing I yang selalu memberikan waktu bimbingan dan arahan selama penyusunan skripsi ini.

6. Ibu Caturiyati, M.Si selaku dosen Pembimbing II yang selalu memberikan waktu bimbingan dan arahan selama penyusunan skrisi ini.

7. Seluruh Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan baik isi maupun susunannya. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat tidak hanya bagi penulis juga bagi para pembaca.  

Yogyakarta, 

Penulis

Penulis, Tere Liye

Penulis Tere Liye Bagi-bagi Bansos

Penulis Tere Liye ikut meramaikan pesta demokrasi dalam momen Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan membagi-bagikan bansos. Bedanya, bansos tersebut bukan sembako atau uang

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2024