4 Fakta Dinosaurus Hewan Paling Dominan di Bumi

Dinosaurus.

VIVA – Dinosaurus merupakan makhluk besar yang ada sejak zaman lampau. Diketahui jika dinosaurus hidup pada masa mesozoikum yang berlangsung antara 250 tahun lalu.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Dinosaurus ikonik seperti Diplodocus, Stegosaurus, atau Tyrannosaurus rex. Memang, makhluk luar biasa dari periode Jurassic dan Cretaceous ini telah datang untuk melambangkan dunia yang pernah didominasi oleh dinosaurus.

Ada kisah menarik tentang bagaimana dinosaurus menjadi terkenal. Bagaimana kelompok hewan tertentu ini menjadi begitu dominan selama jutaan tahun. Ini adalah kisah yang mencakup peristiwa kepunahan massal, buaya pemangsa puncak raksasa, dan misteri yang masih coba dipecahkan oleh ahli paleontologi hingga hari ini. Melansir dari historyhit, berikut sederet fakta Dinosaurus, hewan paling dominan di bumi.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

1. Kepunahan Permian

Untuk menceritakan kisah kebangkitan dinosaurus, kita perlu kembali ke cerita asal mereka. Ini membawa kita kembali sekitar 252 juta tahun, ke periode sebelum Trias: periode Permian.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Periode Permian adalah waktu ketika dunia terdiri dari satu superbenua besar yang disebut Pangaea. Iklimnya panas dan kering. Itu adalah lingkungan yang keras dan tak kenal ampun. Namun demikian, banyak tumbuhan dan hewan beradaptasi dan berkembang selama itu. Di antara hewan-hewan ini, misalnya, adalah nenek moyang mamalia.

Tapi 252 juta tahun yang lalu, bencana melanda ekosistem Permian ini. Memang, bencana secara halus. Itu adalah peristiwa bencana besar, episode kematian massal terbesar dalam sejarah Bumi.

Gunung berapi mega meletus di Rusia modern. Magma mengalir keluar dari gunung berapi ini selama jutaan tahun. Ketika magma akhirnya berhenti, lava telah menutupi ribuan mil persegi di Pangaea.

Kedengarannya cukup buruk bagi mereka yang tinggal di dunia Permian, tetapi yang lebih buruk adalah mengikutinya. Di samping lava, banyak gas muncul di atas tanah. Hal ini pada gilirannya menyebabkan pemanasan global yang serius, yang menyebabkan ekosistem Permian berubah begitu cepat sehingga menyebabkan peristiwa kepunahan massal.

Sekitar 95% dari semua spesies Permian mati. Seperti yang dijelaskan oleh ahli paleontologi Dr Steve Brusatte: "Itu adalah kehidupan terdekat yang pernah benar-benar terhapus."

Tapi hidup tidak sepenuhnya terhapus. Kehidupan telah bertahan melalui beberapa peristiwa kepunahan sebelumnya dalam sejarah dunia, dan itu terjadi lagi melalui peristiwa kepunahan Permian. Beberapa spesies memang selamat dari bencana ini: 5% yang beruntung.

Yang selamat adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan, termasuk nenek moyang dinosaurus, 'dinosaurmorphs'. Nenek moyang dinosaurus ini adalah reptil kecil, sangat cepat dan sangat gesit yang dengan cepat memanfaatkan dunia baru setelah kepunahan Permian, yang dikenal sebagai periode Trias awal.

Kita tahu ini karena ahli paleontologi telah menemukan fosil jejak kaki dan jejak tangan dinosaurusmorf kecil yang berasal dari satu juta tahun setelah letusan gunung berapi besar. Dari abu peristiwa kepunahan besar Permian, nenek moyang dinosaurus muncul. Bencana besar ini pada akhirnya akan membuka jalan bagi fajar dinosaurus dan kebangkitan mereka pada akhirnya.

2. Dinosaurus muncul sekitar 235 juta tahun yang lalu

Fosil makhluk paling awal yang ditemukan oleh ahli paleontologi sebagai dinosaurus sejati berasal dari 230 juta tahun yang lalu. Untuk ahli paleontologi hari ini, mengklasifikasikan apakah binatang itu dinosaurus atau bukan berpusat pada apakah mereka memiliki fitur tulang tertentu, terutama di sekitar paha dan panggul.

Akibatnya, dinosaurus sejati paling awal diketahui berasal dari Trias pertengahan, 20 juta tahun setelah peristiwa kepunahan besar dan dinosaurusmorf pertama.

Lokasi kunci di mana ahli paleontologi telah menemukan banyak fosil dinosaurus paling awal adalah di Argentina, di Ischigualasto-Villa Union Basin. Contoh dinosaurus awal yang ditemukan di sini termasuk nenek moyang sauropoda Eoraptor dan terapi awal Herrerasaurus.

Penting untuk ditekankan di sini, bagaimanapun, bahwa ini adalah fosil dinosaurus sejati tertua yang diketahui oleh ahli paleontologi. Hampir pasti ada fosil dinosaurus yang lebih tua di luar sana, yang belum ditemukan. Dengan pemikiran itu, dinosaurus sejati pertama mungkin muncul antara 240 dan 235 juta tahun yang lalu.

3. Hewan pseudosuchian

Selama sebagian besar, periode Trias, dinosaurus bukanlah spesies yang dominan. Mereka bukan hewan yang paling beragam, juga bukan yang paling melimpah. Mereka tidak berada di puncak rantai makanan. Di sungai dan danau, itu milik salamander raksasa, yang merupakan amfibi besar yang akan memangsa dinosaurus apa pun yang berkelana terlalu dekat dengan garis air.

Di darat, hewan yang dominan adalah pseudosuchian, binatang besar seperti buaya. Selama Trias, pseudosuchian melakukan diversifikasi dengan sukses besar. Beberapa dari 'buaya kuno' ini memiliki paruh, sementara yang lain, seperti Postosuchus yang terkenal, adalah predator puncak. Seperti yang dikatakan Dr Steve Brusatte:

“(Ada) kumpulan buaya purba yang kaya dan merekalah yang benar-benar mengendalikan jaring makanan di darat. Mereka adalah predator teratas di sebagian besar ekosistem… Dinosaurus benar-benar ditempatkan di dunia yang didominasi buaya.”

4. Akhir dari Trias

Tergerus oleh pseudosuchian yang jauh lebih besar, dinosaurus tetap kecil dengan keragaman terbatas sepanjang periode Trias. Tapi ini tidak akan bertahan selamanya.

Periode Trias berlanjut selama 50 juta tahun, sampai peristiwa kepunahan besar lainnya terjadi. Sekitar 200 juta tahun yang lalu, superbenua Pangea mulai pecah. Bumi mengeluarkan lava, dengan letusan gunung berapi besar sekali lagi terjadi dan berlangsung lama 600.000 tahun. Sekali lagi, ini pada gilirannya menyebabkan pemanasan global, yang sekali lagi memicu peristiwa kepunahan massal.

Namun kali ini, korban besar dari peristiwa kepunahan ini adalah pseudosuchian dan amfibi besar. Beberapa spesies masing-masing bertahan hidup, tetapi sebagian besar mati. Namun, para penyintas yang hebat adalah dinosaurus. Mengapa dinosaurus secara spektakuler mengalami bencana akhir Trias dan beradaptasi dengan baik dengan ekosistem yang berubah dengan cepat yang terjadi adalah sebuah misteri, dan ahli paleontologi belum menemukan jawaban yang konkret.

Namun demikian, apa pun alasan ketahanan luar biasa mereka pada saat bencana ini, dinosaurus bertahan, membuka jalan bagi kebangkitan mereka untuk menonjol di dunia multi-benua baru yang datang setelah Trias: periode Jurassic.