Keutamaan Surat Al Ikhlas, Dibangunkannya Istana di Surga

Ilustrasi umat Islam yang tengah mengaji.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Keutamaan surat Al Ikhlas nyatanya sangat luar biasa. Hal tersebut lantaran, adanya perintah mengesakan Allah SWT dan menolak untuk menduakannya. Surat Al Ikhlas merupakan surat ke-112 yang terdapat di dalam Alquran. Surat ini tergolong dalam surat Makkiyah, karena diturunkan di kota Mekah dan terdiri dari empat ayat yang isinya tentang perintah mengesakan Allah SWT.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Quraish Shibab menuturkan, jika nama surat Al Ikhlas itu diambil  dari kata ‘khalis’ yang artinya suci atau murni setelah sebelumnya memiliki kekeruhan. Surat Al Ikhlas ini menjadi surat paling disukai umat Muslim, lantaran memiliki ayat yang pendek dan mudah untuk dimengerti.

Namun tahukah kamu, di balik kemudahan surat Al Ikhlas ada keutamaan luar biasa yang ada dalam surat pendek ini? Ya, umat Muslim harus tahu jika begitu banyak keutamaan yang didapat pada surat Al Ikhlas ini. Surat yang diturunkan Allah setelah surat An-Nas ini memberikan keistimewaan bagi umat Muslim yang mengamalkannya. 

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Salah satunya yaitu menyelamatkan atau menjauhi orang-orang yang membacanya dari kesulitan dunia maupun akhirat. Terlebih mereka akan dimudahkan jalannya saat menghadapi sakaratul maut. Luar biasa bukan?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UIN Raden Fatah Palembang, secara keseluruhan surat Al-Ikhlas memiliki nilai-nilai keislaman, khususnya dalam memberikan ilmu tauhid.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Ini sesuai dengan sebab diturunkannya surat Al Ikhlas ini. Dalam sebuah hadits diceritakan, di mana artinya:

Artinya: “Dari Abi al-‘Aliyah, dari ‘Ubay bin Ka’ab RA, sesungguhnya kaum musyrikin berkata: “Wahai Muhammad! Sebutkanlah (beritahukanlah) kepada kami tentang Tuhanmu! Maka Allah azza wa jalla menurunkan ayat (‘qul huwa allahu ahad, Allah as-Shamad sampai pada ayat terakhir).” (HR Tirmidzi)

Mengandung makna yang penting dan rahasia yang mulia, Rasulullah selalu senantiasa mengamalkan surat Al Ikhlas dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk membaca surat pendek Al Ikhlas ini sebanyak-banyaknya.

Berikut ini terdapat manfaat dan keutamaan surat Al Ikhlas yang luar biasa bagi umat Muslim yang membaca hingga mengamalkannya setiap hari.

Keutamaan Surat Al Ikhlas

Sama seperti surat-surat pendek lainnya, Surat Al Ikhlas memiliki segudang manfaat dan keutamaan yang perlu umat Muslim ketahui.

1. Dicintai Allah SWT

Syekh Ali Jaber dulu juga pernah menjelaskan bahwa ada sebuah kisah di mana ada seorang sahabat yang selalu membaca surat Al-Ikhlas setiap kali dirinya ingin menjadi imam salat berjamaah.

Hal tersebut rupanya meninggalkan pertanyaan di kepala jamaah yang kala itu selalu mengikuti salat yang dipimpin oleh sahabat tersebut.

Selanjutnya sahabat tersebut menghadap kepada Rasulullah untuk menjelaskan alasan mengapa ia selalu membaca surat Al-Ikhlas setiap ia mengimami salat berjamaah. Alasannya adalah karena dalam surat tersebut banyak sekali sifat-sifat Allah yang pada akhirnya membuatnya jatuh cinta pada surat tersebut.

Rasulullah menanggapi dengan penjelasan bahwa Allah SWT mencintai sahabat tersebut karena ia mencintai surat Al-Ikhlas. Hal ini dikatakan dengan penjelasan bahwasannya di dalam surat Al-Ikhlas berisikan tentang sifat-sifat Allah.

Maka seperti itulah keutamaan surat Al Ikhlas jika dibaca 10 kali setiap hari.

Dari Aisyah bahwa Rasulullah SAW mengutus seorang lelaki dalam suatu sariyyah (pasukan khusus yang ditugaskan untuk operasi tertentu). Laki-laki tersebut ketika menjadi imam salat bagi para sahabatnya selalu mengakhiri bacaan suratnya dengan ‘Qul Huwallahu Ahad.’ Ketika mereka pulang, disampaikan berita tersebut kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda:

“Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab,

“Karena di dalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah SAW bersabda:

“Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Setara dengan Sepertiga Alquran

Artinya: “Dari Abu Darda’ bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam?’ Mereka mengatakan: ‘Bagaimana kami bisa membaca seperti Alquran?” Lalu Nabi bersabda: ‘Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Qur’an.” (HR Muslim)

3. Dilindungi dari orang jahat dan suka menganiaya

Bacalah "Ya shomad" sebanyak 134 kali dengan sungguh-sungguh dan istikamah dan jadikan sebagai amalan setiap hari, maka Allah akan selamatkan dan lindungi dari orang-orang jahat.

4. Disholati 70000 malaikat saat meninggal dunia

Sebuah kisah diriwayatkan Anas bin Malik. Di mana pada suatu pagi saat itu, Rasulullah SAW bersama dengan sahabatnya Anas bin Malik r.a. menemukan sebuah keanehan dimana matahari yang biasanya bersinar kini terlihat meredep.

Malaikat Jibril pun sontak menyampaikan pada Rasulullah SAW, "Sesungguhnya itu Muawiyah Ibnu Muawiyah Al-Laisi, dia telah meninggal dunia pada hari ini di Madinah, maka Allah akan mengirimkan padanya 70.000 malaikan untuk mensholaitnya,"

Rasulullah SAW bertanya lagi pada malaikat Jibril, "Apa yang telah dilakukan Muawiyah sehingga saat ia meninggal bisa mendapatkan kemuliaan luar biasa ini?"

Malaikat Jibril pun menjawab, " Ketahuilah wahai Rasulullah, sesungguhnya Muawiyah itu semasa hidupnya banyak membaca surat Al Ikhlas di waktu malam, siang, pagi, waktu duduk, waktu berjalan, waktu berdiri, bahkan dalam setiap keadaan selalu membaca surat Al Ikhlas."

5. Membacanya seperti Mengkhatamkan Alquran

Keutamaan surat Al Ikhlas selanjutnya yaitu diberikannya pahala  seperti orang yang membaca 30 Juz Alquran. Ini jika mereka secara istikamah melakukannya sebanyak tiga kali setiap harinya.

“Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda: ‘Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas sekali, maka seakan-akan dia membaca sepertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya dua kali, maka seakan-akan membaca dua pertiga Alquran, dan barangsiapa membacanya tiga kali, seakan-akan  ia membaca Alquran seluruhnya." (HR Anas bin Malik)

6. Dibangunkannya Istana di Surga

Jika dibaca sebanyak sepuluh kali dalam sehari, mereka akan dibangunkan istana di surga.
Berdasarkan hadis berikut ini di mana artinya itu: “Dari Mu’?dz bin Anas al-Jahni, sahabat Nabi, dari Rasulullah SAW yag bersabda: ‘Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allah al-‘ahad hingga menghatamkannya sebanyak sepuluh kali, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah istana di dalam surga’. Maka berkata Umar bin Khatab, ‘jika lebih banyak lagi Ya Rasulullah?’, Rasulullah SAW menjawab: ‘Allah memperbanyak (menambahkannya) dan membaikkan (membalasnya dengan yang lebih baik).” (HR At Thabrani)

7. Diampuni Dosa Selama 50 Tahun

Keutamaan surat Al Ikhlas selanjutnya menjadi sarana penghapus dosa. Berdasarkan sebuah hadis di mana artinya sebagai berikut.

Artinya: “Dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Rasulullah SAW: ‘Barangsiapa yang membaca ‘qul huwa allahu ‘ahad’ sebanyak lima puluh kali, niscaya Allah akan mengampuni dosanya selama lima puluh tahun.” (HR Ad-Darimi 2)

8. Dijabahnya Segala Doa

Saat menyertakan surat Al Ikhlas dalam setiap permohonan, maka akan Allah menjabah segala doa yang dimintanya.

Artinya: “Dari ‘Abdullah bin Buraidah dari Bapaknya, sesungguhnya Nabi SAW mendengar seseorang berkata: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, Sungguh Engkau Allah dzat yang ‘Ahad, yang tidak tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan-Nya’. Maka beliau bersabda: ’Sungguh, dia meminta kepada Allah dengan Nama-Nya yang agung, yang jika seseorang meminta dengan Nama tersebut, maka permintaannya akan diberikan, dan jika berdo’a dengan nama tersebut, maka doanya akan dikabulkan.” (HR Ahmad)
 

Kantor Desa Barabali di Lombok disegel warga buntut dugaan korupsi beras Bansos (Satria)

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kantor Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, disegel oleh ratusan warga buntut kasus dugaan korupsi beras miskin dari pemerintah pusat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024