Contoh Kata Depan Lengkap dengan Fungsi dan Aturan Penulisannya

Ilustrasi menulis
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Memahami contoh kata depan atau preposisi akan membuah pemahaman kita terhadap bahasa Indonesia semakin sempurna. Kata depan atau preposisi ini merupakan sebuah kata-kata atau bagian kalimat yang umumnya disertai dengan nomina atau pronomina. Kata dapat berupa kata, misalnya di dan untuk, atau bisa juga terdiri atas gabungan kata, misalnya adalah bersama atau sampai dengan. 

Video Toyota Corolla Betawi Parkir Sembarangan Bikin Macet Mengular

Meskipun banyak yang menganggap bahwa kata depan ini tidak terlalu penting, tapi dengan mengetahui contoh kata depan yang benar dapat membantu kamu dalam memahami dengan baik setiap kalimat yang dibaca. Sesuai namanya, kata depan ini berada di posisi depan tepat sebelum kata yang lain. Kata yang lain yang dimaksud adalah kata kerja, kata benda, dan kata keterangan lain. 

Contoh kata depan ini akan memiliki fungsi untuk memperkuat makna kata yang ada di belakangnya. Dari pemakaian preposisi atau kata depan inilah maka fungsi atau aturan kalimat akan tampak semakin jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Jenis-jenis kata depan ini cukup banyak sehingga perlu pemahaman lebih lanjut. Selain contoh yang paling umum seperti di, ke, dan dari, berikut adalah ulasan tentang contoh kata depan yang disadur dari berbagai sumber. 

Minta Aturan Tembakau Dipisah dari RPP Kesehatan, Ekosistem Tembakau Beri Penjelasan

Pengertian Kata Depan

Ilustrasi menulis ceramah

Photo :
  • Pixabay/ Free-Photos
Video Aksi Pesepeda Nekat Mau Masuk Jalan Tol, Apakah Boleh?

Kata depan merupakan letak dari sebuah kata yang berada di depan sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan yang lain. Preposisi kata depan mempunyai berbagai fungsi. Mulai dari menjelaskan tentang tempat, arah, asal, tujuan, perbandingan, sebab-akibat, dan lainnya. Satu hal yang sudah pasti, bahwa kata depan berfungsi untuk menandai hubungan makna dengan kata di belakangnya.

Sementara untuk aturan dalam kata depan tersebut berbeda-beda. Preposisi atau kata depan sendiri berasal dari sebuah ungkapan kata benda yang tampak dari asal katanya yaitu bahasa latin ‘prae’ yang memiliki arti sebelum. Sementara itu, diambil juga dari kata ‘ponere’ yang mempunyai arti menempatkan. Hal ini menjadikan kata depan atau preposisi diartikan sebagai sebuah kata yang letaknya berada di depan atau sebelum kata benda, sifat, atau jenis lainnya. 

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kata depan akan dipakai untuk merangkai nomina dengan verba. Kata depan akan memiliki fungsi yang berbeda dengan kata kerja. Nantinya kata ini akan membantu untuk menyempurnakan susunan fungsi kalimat dengan kata kerja yang ada di dalamnya. Akan tetapi, preposisi ini bukan hanya akan menjadi kata yang ditulis sebelum kata kerja, karena dapat diterapkan di semua jenis kata. 

Aturan Penulisan Kata Depan

Ilustrasi menulis esai (pexels/Zen Chung)

Photo :
  • vstory

Sebelum mengetahui tentang contoh kata depan, sebaiknya kita memahami tentang aturan penulisannya. Sebab, dalam sebuah tulisan tentu saja mempunyai aturan tertentu yang tidak sembarangan sehingga tulisan yang akan dirangkai bisa sesuai dan benar. Begitu pula dengan kata depan yang mempunyai beberapa aturan untuk pemakaiannya. Berikut ulasannya. 

Kata depan “di, ke, dan dari” tak disambung namun dipisah dengan kata yang ada di belakangnya saat memperlihatkan arah, tempat, dan waktu. Contoh dari pemakaian kata depan yang satu ini adalah, “di dalam, di sore hari, di sini, ke kantor, ke rumah, dari sekolah, dari Bandung, dan lain sebagainya.”

Aturan dipisah tersebut dikecualikan untuk kata depan yang telah lazim, misalnya dalam kata “kepada, daripada, dipukul, dan lain sebagainya.” Begitu juga saat kata depan bertemu dengan imbuhan yang berasal dari sebuah kata. Contohnya adalah dalam kata “dibeli, dilepas, dibawa, kelepas, kebawa, keluar, daripada, dan lain sebagainya. 

Pada saat kata depan akan dipakai pada bagian judul, maka penulisannya harus memakai huruf kecil. Contoh kata depan dalam aturan ini adalah “Presiden Sedang Pergi ke Swiss, Momen Puasa Pertama di Jepang, dan lain sebagainya.”

Fungsi Kata Depan

Ilustrasi belajar menulis | istock

Photo :
  • U-Report

1. Menyatakan Tempat

Fungsi kata depan yang pertama adalah untuk menyatakan atau memperlihatkan sebuah tempat. Sehingga kata depan dengan fungsi yang satu ini dapat membantu untuk menyusun kalimat yang memperlihatkan sebuah tempat atau lokasi, sehingga maksud dari kalimat ini dapat tersampaikan dengan jelas. Jenis kata depan yang dapat difungsikan sebagai penunjuk tempat adalah di, pada, dalam, atas, dan antara

2. Menyatakan Arah Asal

Kata depan tertentu juga dapat berfungsi sebagai sebuah media untuk menjelaskan tentang arah asal. Sehingga berhubungan dengan pergerakan, yang kemudian kata depan ini akan membantu untuk menjelaskan asal pergerakan ini dari mana. Jenis kata depan ini memberikan fungsi ini adalah dari

3. Menyatakan Arah Tujuan

Kata depan dengan bentuk tertentu juga dapat berfungsi untuk sebuah sarana dalam menyatakan arah tujuan. Adapun untuk jenis kata depan yang mempunyai fungsi ini adalah ke, kepada, akan, dan terhadap

4. Menyatakan Pelaku

Kata depan atau preposisi ini kemudian juga dapat berfungsi sebagai sebuah media dalam menyatakan pelaku. Contoh kata depan ini oleh

5. Menyatakan Alat

Kata depan juga mempunyai fungsi sebagai sebuah sarana untuk menyatakan alat sehingga dapat menyatakan pemakaian sebuah benda sebagai sebuah alat bantu. Contoh kata depan yang memiliki fungsi untuk menyatakan alat adalah kata dengan dan berkat

6. Menyatakan Perbandingan

Kata depan atau preposisi ini juga dapat berfungsi sebagai sebuah cara dalam menyatakan perbandingan. Maksudnya adalah untuk menjelaskan tentang sebuah perbandingan antara dua hal atau lebih. Jenis kata depan yang termasuk ke dalam fungsi yang satu ini adalah daripada

7. Menyatakan Hal atau Masalah

Fungsi kata depan berikutnya adalah untuk menjelaskan tentang hal atau masalah. Jenis kata depan yang memiliki fungsi tersebut adalah kata tentang dan kata mengenai

8. Menyatakan Akibat

Kata depan juga dapat memberikan fungsi sebagai sebuah sarana dalam menyatakan akibat. Sementara untuk jenis kata depan yang dapat berfungsi untuk memberikan penjelasan ini adalah kata hingga dan sampai

9. Menyatakan Sebuah Tujuan

Fungsi Terakhir dari kata depan adalah untuk menyatakan tentang sebuah tujuan, sehingga dapat ditambahkan dalam kalimat yang tujuannya untuk menjelaskan sebuah tujuan. Adapun untuk jenis kata depan yang menyatakan fungsi ini adalah kata untuk, buat, guna, demi, dan bagi.

Contoh Kata Depan

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • Pixabay

1. Dia sedang berada di dalam bus yang kecelakaan. 

2. Alex menyatakan cinta pada Anita di bangku SMP. 

3. Burung itu terbang dari Pantai Selatan. 

4. Ibu mengisi air ke dalam wadah. 

5. Baju Budi diambil oleh kakaknya. 

6. Pekerjaan ini telah selesai berkat bantuan dari Pak Rizky. 

7. Dia lebih tampan daripada adiknya. 

8. Mengenai persoalan ini ada baiknya untuk dilupakan saja. 

9. Masalah yang tengah dialami oleh Tiara sampai membuatnya hampir stres. 

10. Keputusan itu diambil demi meningkatkan kesejahteraan karyawan. 

Ilustrasi Ekspor-Impor

Aturan Terbit, Pemerintah Bebaskan PPh Eksportir yang Parkirkan DHE SDA di Dalam Negeri

Pemerintah menerbitkan aturan terkait insentif bagi para eksportir yang menempatkan Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA), di dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024