Contoh Kata Rujukan Lengkap dengan Pengertian dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi Menulis
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Contoh kata rujukan merupakan salah satu jenis kata yang dapat dipelajari. Karena, ini sangat penting dalam penulisan, seperti untuk menggantikan nama orang atau benda. Apalagi dalam berkomunikasi sehari-hari, kita pasti memakai bahasa yang terdiri atas unsur-unsur tertentu yang mudah dipahami oleh penerima begitu juga bisa mempermudah penyampaiannya. Pada sebuah kalimat, unsur-unsur kebahasaan sangat penting untuk menjelaskan kata demi kata. 

Sering Dikirim Saat Lebaran, Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal ya Karim?

Unsur kebahasaan tersebut membuat kalimat semakin jelas untuk dibaca dan dipahami. Unsur-unsur kebahasaan teks ini berhubungan dengan dua hal, yaitu satuan-satuan kebahasaan yang membentuk teks dan satuan kebahasaan yang berfungsi untuk penghubung bagian teks. Karena, teks sebagai satuan kebahasaan yang terbesar dibentuk oleh satuan kebahasaan terkecil, yaitu paragraf, kalimat, kata, dan frasa. 

Sementara itu, teks yang terdiri atas bagian-bagian yang membentuk struktur teks yang utuh. Satuan-satuan tersebut menjadi penghubung dalam sebuah teks yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu kata rujukan dan kata penghubung. Kata rujukan sendiri merupakan sebuah kata yang dipakai guna mengacu pada sebuah hal atau untuk memperoleh keterangan lebih lanjut. 

7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

Beberapa kata keterangan yang kerap digunakan adalah, ia, mereka, itu, beliau, itu, dia, di sini dan masih banyak yang lainnya. Kata rujukan ini dapat berfungsi untuk menjelaskan tentang sebuah tempat, benda, sampai seseorang dan menggantinya dengan memakai beberapa kata rujukan tersebut. Untuk kamu yang semakin penasaran dengan kata rujukan, berikut adalah ulasan tentang pengertian, jenis, dan contoh kata rujukan yang disadur dari berbagai sumber. 

Pengertian Kata Rujukan

5 Rekomendasi Tempat First Date yang Bikin Romantis dan Penuh Kesan

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Kata rujukan merupakan sebuah kata yang dipakai untuk mengacu pada sebuah hal atau untuk memperoleh keterangan yang jelas. Beberapa contoh kata rujukan yang kerap dipakai dalam bahasa Indonesia adalah ia, mereka, itu, beliau, dia, di sini, tersebut, dan masih banyak yang lainnya. 

Kemudian menurut Praptomo Baryadi Isodarus, kata rujukan memiliki arti sebuah kata yang dipakai untuk merujuk pada bagian teks sebelumnya maupun setelahnya dalam sebuah kalimat. Kata rujukan ini memiliki fungsi sebagai kata penghubung pada bagian-bagian teks atau sebagai kohesi. 

Sementara menurut KBBI, rujuk adalah sebuah cara yang mengacu pada kata entri yang dicantumkan di tempat lain yang sudah diberikan definisi atau penjelasan. Sementara rujukan adalah keterangan lanjutan tentang sebuah hal atau sumber yang dipakai untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. 

Jenis-jenis Kata Rujukan

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com

Selain untuk mengetahui contoh kata rujukan, ada juga jenis-jenisnya yang harus diketahui. Ya, kata rujukan ini mempunyai beberapa jenis yang harus dipelajari. Kata rujukan sendiri terbagi menjadi dua jenis menurut arah rujukannya, yaitu kata rujukan yang menunjuk hal yang sudah dikatakan atau ke arah kiri (anaforis). 

Kemudian ada kata rujukan yang menunjukkan hal yang belum pernah dikatakan atau kata rujukan ke arah kanan (kataforis). Contoh ata rujukan anaforis terdiri atas dia, ia, -nya, mereka, beliau, itu, ini, demikian, begitu, hal itu, ini, situ, dan sana. Sementara contoh kata rujukan kataforis adalah berikut, berikut ini, ini, begini, demikian, yakni, dan yaitu. 

Sementara itu, mengutip dari buku Bahasa Indonesia karangan dari Eti Wati, S. Kep., dan Ners. S. Pd, M. Pd (2021), kata rujukan bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Kata Rujukan Benda

Kata rujukan benda atau sebuah hal adalah kata rujukan yang dipakai untuk merujuk kepada benda atau sesuatu yang dipandang sebagai sebuah benda. Contoh kata rujukan ini adalah ini, itu, dan tersebut. 

2. Kata Rujukan Orang

Kata rujukan orang dikatakan juga sebagai sebuah kata yang diperlakukan seperti orang. Kata ini adalah kata ganti untuk seseorang atau sesuatu yang dipandang sebagai orang. Contoh kata rujukan ini adalah ia, mereka, beliau, dan dia. 

3. Kata Rujukan Tempat

Seperti namanya, kata rujukan tempat adalah kata ganti atau acuan kepada sebuah tempat. Beberapa kata rujukan tempat yang kerap dipakai adalah di sini, di sana, dan di situ. 

Contoh Kata Rujukan

1. Contoh Kata Rujukan Benda

Ilustrasi Rak Buku

Photo :
  • ruparupa.com

Salah satu cara untuk mencegah banjir di wilayah DKI Jakarta adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tapi sayang, masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya hal itu. (Kata “itu” dalam kalimat kedua merujuk kepada perilaku “tidak membuang sampah sembarangan” pada kalimat sebelumnya).

Pada hari Senin lalu, saya membaca buku Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Buku tersebut adalah salah satu buku keren yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang kehilangan. (Kata “tersebut” pada kalimat kedua merujuk pada buku yang berjudul Laut Bercerita di kalimat sebelumnya).

Ayah mencuci sepatu dan menjemurnya di atas genteng. Tapi, ketika hujan tiba semuanya basah lantaran lupa di angkat. (Kata “semuanya” mengacu pada sepatu di kalimat sebelumnya). 

2. Contoh Kata Rujukan Orang

Ilustrasi memanggil orang lain

Photo :
  • Instagram @imzadiconsulting

Soekarno merupakan Presiden Republik Indonesia yang pertama. Kala itu, beliau sangat gigih dalam melepaskan belenggu penjajah Belanda dan Jepang. (Kata “beliau” merujuk pada Soekarno di kalimat awal). 

Aulia adalah atlet basket di kampusku. Dia sangat mahir bermain basket lantaran rajin berlatih sepulang sekolah. (Kata “dia” di kalimat kedua merujuk pada Aulia di kalimat sebelumnya). 

Saat ulangan mata kuliah Statistika, Tasya ketahuan mencontek di kelas. Tapi untung, dia masih diberikan kesempatan untuk mengikuti ulangan susulan. (Kata “dia” merujuk kepada Tasya).

3. Contoh Kata Rujukan Tempat

Red Square, Moskow.

Photo :
  • U-Report

Moskow adalah Ibu Kota Rusia. Di sana ada sebuah bangunan bersejarah. (Kata “di sana” merujuk kepada Moskow di kalimat pertama). 

Stadion Gelora Bung Karno sudah sangat ramai. Karena, di sini sore nanti akan ada konser musik Justin Bieber. (Kata “di sini” merujuk pada Stadion Gelora Bung Karno yang merujuk pada kalimat sebelumnya). 

Anisa tinggal di Jalan Sudirman No. 3. Di situ di tinggal bersama kedua orang tuanya dan satu orang kakaknya. (Kata “di situ” mengacu pada alam tinggal Jalan Sudirman No. 3 pada kalimat sebelumnya). 

Jamie Aditya

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Perayaan selama dua hari ini menampilkan kompetisi pakaian terbaik dan musik yang mengusung tema 1920-an. Acara pada hari Jumat, 19 April, dipandu oleh Jamie Aditya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024