14 Contoh Kata Hubung Secara Lengkap dengan Jenis-jenisnya

Ilustrasi menulis esai (pexels/Zen Chung)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Contoh kata hubung dan fungsinya dalam bahasa Indonesia wajib diketahui oleh semua orang supaya bisa memahami makna dari sebuah kalimat. Kata hubung ini ada banyak sekali penyebutannya, seperti kata penghubung, kata sambung, dan kata konjungsi. Kata hubung ini umumnya dipakai untuk menghubungkan kalimat, klausa, maupun sebuah paragraf. Kata hubung ini sangat penting dalam kalimat, klausa, maupun paragraf karena dapat memudahkan kamu dalam memahami maknanya. 

Tulis Ini di Sosmed Bisa Hindarkan dari Penyakit Ain? Begini Jawaban Tegas Syeikh Assim Al Hakeem

Maka dari itu, kita sering memakai kata hubung dalam setiap kalimat, klausa, maupun paragraf saat mengirimkan pesan atau menulis sesuatu. Beberapa contoh kata penghubung yang kerap digunakan adalah dan, atau, serta, sebab, karena, dan sehingga. Ini merupakan beberapa contoh kata penghubung di antara banyaknya ragam kata penghubung menurut jenis-jenisnya di dalam bahasa Indonesia. 

Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa contoh kata hubung menurut jenisnya yang harus dikenali. Sehingga dengan memahami berbagai contoh kata hubung menurut jenisnya ini akan membantu kamu untuk mengenali perbedaan sekaligus pemakaian secara tepat. Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang contoh kata hubung menurut jenisnya yang sudah dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

DPR Monitor Pemilu di Kamboja, Putu Supadma: Perlu Jadi Contoh Pesta Demokrasi

Pengertian Kata Hubung

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay
Simak! Ini Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Wajib Kamu Ketahui

Kata hubung atau konjungsi menurut Keraf (1991: 116) dalam bukunya menjelaskan bahwa kata hubung adalah kata-kata yang menghubungan kata-kata, bagian-bagian kalimat, dan kalimat dengan wacana. Sementara Chaer (2000) mengatakan bahwa kata hubung adalah kata-kata yang dipakai untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat. 

Kemudian Alwi (2003) dalam bukunya mengatakan bahwa pengertian kata hubung adalah kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, yaitu kata dengan kata, frasa dengan frasa, dan klausa dengan klausa. Sedangkan Mulyono (2013) kata hubung adalah kata yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan satuan-satuan sintaksis, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, dan kalimat dengan kalimat. 

Contoh Kata Hubung

1. Contoh Kata Hubung Aditif

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Kata hubung aditif merupakan sebuah kata hubung yang dikenal dengan kata hubungan gabungan. Kata hubung yang satu ini merupakan jenis yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan antar klausa, maupun kalimat, dan paragraf yang mempunyai kedudukan yang sama. Contoh kata hubung aditif adalah dan, lagipula, dan serta. Sementara untuk contoh kalimatnya:

Lemon dan mangga adalah buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. 

2. Contoh Kata Hubung Waktu

Ilustrasi menulis surat resmi.

Photo :
  • pixabay

Kata hubung waktu dipakai untuk menghubungkan kalimat, klausa, maupun paragraf yang bisa memperlihatkan tentang waktu. Contoh kata hubung yang satu ini umumnya digunakan untuk menjelaskan waktu yang termasuk ke dalam kata hubung bertingkat. Adapun untuk contoh kata hubung ini adalah ketika, sewaktu, sejak, sesudah, sebelumnya, sesudah, dan tatkala. Sementara contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Aulia memilih untuk pulang ke rumah sebelum ia bertemu pacarnya. 

3. Contoh Kata Hubung Pertentangan

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Jenis kata hubung yang satu ini merupakan kata hubung yang dipakai untuk memperlihatkan pertentangan, baik sederajat maupun tidak sederajat. Ini dapat dipakai untuk menghubungkan antar klausa, antar kalimat, maupun antar paragraf. Sedangkan untuk contoh kata penghubung ini adalah tetapi, melainkan, dan sedangkan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut. 

Bukan sikapnya yang membuat sakit hati, melainkan kata-katanya. 

4. Contoh Kata Hubung Pilihan

Menulis dengan laptop.

Photo :

Kata penghubung pilihan merupakan sebuah kata hubung yang dipakai untuk menghubungkan kalimat, paragraf, maupun klausa dengan maksud untuk memberikan pilihan. Sehingga contoh kata penghubung yang satu ini umumnya mengandung pesan yang membuat pembaca atau seseorang memilih dua opsi atau lebih. Contoh kata penghubung ini adalah atau, ataupun, dan maupun

Keputusan ada di tangan kamu, mau lanjut atau putus. 

5. Contoh Kata Hubung Syarat

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com

Contoh kata hubung syarat umumnya dipakai untuk menerangkan sebuah kejadian yang terjadi dengan syarat tertentu. Adapun contoh kata penghubung syarat yang meliputi jika, jikalau, kalau, dan apabila. Nah, berikut adalah contoh kata hubung syarat. 

Jika ia tidak pergi sekarang, takutnya malah telat. 

6. Contoh Kata Hubung Sebab

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com

Kata hubung sebab dipakai untuk menerangkan sesuatu yang bisa terjadi lantaran diakibatkan oleh sesuatu. Kata penghubung ini dapat digunakan untuk menghubungkan antar kalimat, antar klausa, serta paragraf. Sementara contoh kata hubung ini adalah sebab, dan karena. Sementara untuk contoh kalimatnya adalah sebagai berikut. 

Ahmad senang berolahraga karena menyehatkan tubuh. 

7. Contoh Kata Hubung Akibat

Ilustrasi menulis ceramah

Photo :
  • Pixabay/ Free-Photos

Sama dengan kata kata penghubung sebab, kata hubung akibat ini juga bisa menerangkan sebuah kejadian atau peristiwa yang memperlihatkan sebuah akibat tertentu. Contoh kata hubung akibat adalah sehingga, sampai, dan akibatnya

Adi makan banyak sehingga perutnya begah. 

8. Contoh Kata Hubung Tujuan

Ilustrasi menulis esai (pexels/Zen Chung)

Photo :
  • vstory

Sesuai dengan namanya, jenis kata penghubung tujuan merupakan kata hubung yang dapat dipakai untuk menerangkan sesuatu berhubungan dengan tujuan tertentu. Di antara beberapa contoh kata penghubung tujuan adalah untuk, agar, supaya, dan guna. Sementara untuk contoh kalimatnya yang memperlihatkan kata penghubung tujuan adalah. 

Kakak memasak daging sapi dengan panci khusus agar empuk. 

9. Contoh Kata Hubung Perbandingan

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash

Photo :
  • U-Report

Kata hubung perbandingan menerangkan tentang sebuah hal untuk dibandingkan. Jenis kata yang satu ini dapat dipakai dalam kalimat, klausa, maupun paragraf. Maupun contoh kata penghubung perbandingan yang terdiri atas seperti, bagaikan, dan sebagai. Berikut adalah contoh kata penghubung perbandingan. 

Baunya semerbak, bagaikan angin di pagi hari. 

10. Contoh Kata Hubung Korelatif

Ilustrasi menulis | Photo by Liam Anderson from Pexels

Photo :
  • U-Report

Contoh kata hubung korelatif menerangkan tentang sesuatu yang terhubung satu sama lain. Artinya kata hubung ini dapat memberikan dampak pada antar kalimat. Di antara contoh kata hubung korelatif yang terdiri atas tidak hanya…tetapi juga, bukannya…melainkan. Berikut adalah contoh kalimatnya. 

Tidak hanya ditahan, tetapi juga dimiskinkan. 

11. Contoh Kata Hubung Penegas

Ilustrasi belajar menulis | istock

Photo :
  • U-Report

Sesuai dengan namanya, kata hubung penegas ini dipakai untuk menegaskan sebuah kalimat, klausa, maupun paragraf. Kata hubung penegas ini terdiri atas bahkan, yaitu, yakni, dan apalagi. Sementara untuk contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Ponsel sangat berarti bagiku, bahkan melebihi diriku sendiri. 

12. Contoh Kata Hubung Urutan

Menulis

Photo :
  • U-Report

Kata penghubung urutan dipakai untuk menerangkan sesuatu menurut urutannyta. Kata penghubung ini dapat digunakan antar kalimat, klausa, maupun paragraf. Contoh kata penghubung urutan ini adalah lalu dan kemudian

Adik menjemur sepatu kemudian baju di halaman rumah. 

13. Contoh Kata Hubung Pembatas

Menulis Konten

Photo :
  • U-Report

Contoh kata hubung pembatas ini dipakai untuk menjelaskan mengenai sesuatu menurut batasan tertentu. Contoh dari kata hubung pembatas ini adalah kecuali, dan selain. Sementara untuk contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Aku harus bangun pagi kecuali di hari libur. 

14. Contoh Kata Hubung Pembenaran

Menulis membutuhkan mental dan praktik.

Photo :
  • U-Report

Contoh kata hubung pembenaran ini adalah biar dan biarpun. Kata ini dipakai untuk menerangkan tentang sebuah hal dengan cara membenarkan maupun menolaknya dengan cara yang lain. 

Biarpun aku tidak masuk, tapi aku bisa tetap kuliah.

Ilustrasi idul fitri

Sering Dikirim Saat Lebaran, Apa Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal ya Karim?

Kalimat tersebut sering dikirim maupun diucapkan saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, apa arti dari ucapan tersebut?

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024