Rahasia Datangnya Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi lailatul qadar
Sumber :
  • vstory

VIVA – Malam Lailatul Qadar merupakan sebuah malam yang begitu mulia dan penuh dengan keistimewaan serta keutamaan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. 

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Datangnya malam Lailatul Qadar yaitu terjadi di antara 10 malam terakhir Ramadhan dan akan berjatuhan di malam-malam ganjil. Tidak heran jika pada 10 malam terakhir Ramadhan, banyak umat Muslim meningkatkan kualitas ibadahnya serta melakukan segala perintah Allah SWT.

Tidak hanya itu, banyak orang yang juga berbondong-bondong mendatangi masjid pada waktu malam hingga dini hari. Namun nyatanya, untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar tidaklah mudah. Hanya orang-orang pilihan Allah SWT saja yang diberi kenikmatan tersebut.

1.840 Aparat Amankan Malam Takbiran di Jadetabek, Konvoi Takbir Keliling Diputarbalik

Al-Faqih berkata bahwa Muhammad bin Al-Fadl menceritakan kepada kami dengan sanadnya dari Al-Hasan. Ia mengatakan pada saat orang-orang sedang bertengkar, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam keluar kemudian bersabda mengenai malam lailatul qadar.

“Aku datang bermaksud untuk memberi tahu kepadamu tentang lailatul qadar, hanya saja aku khawatir kamu akan bersandar padanya dan barangkali akan menjadi lebih baik. Carilah lailatul qadar itu pada malam tanggal 21, 23, 25, 27, dan pada malam terakhir.” Ucap Nabi Muhammad SAW kepada Muhammad bin Al-Fadl.

Jangan Panik Jika Siang Nanti Langit Mendadak Berubah Malam

Kemudian, Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wassalam menjelaskan mengenai tanda-tanda dari malam lailatul qadar. “Tanda-tandanya, yaitu bahwa malam itu udaranya terang, tidak panas dan tidak dingin, dan pagi harinya, matahari terbit dengan cahaya yang tidak tajam. Barang siapa yang menghidup-hidupkan malam itu dengan iman dan mengharapkan ridha Allah, maka Allah ampuni dosanya yang sebelum itu.”

Dalam menyempurnakan ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan, Rasulullah SAW mempersyaratkan iman dan mengharapkan adanya keridaan Allah dalam berpuasa pada siang hari maupun malam hari.

Di mana, iman sendiri merupakan sebuah pembenaran terkait adanya pahala yang dijanjikan Allah pada umatnya. Jika umat Muslim sungguh benar-benar mengharapkan pahala, maka baiknya ikhlas, tulus, dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah puasa.

“Wahai Tuhanku, Engkau telah menjamin pahala bagi orang yang tertimpa musibah baik di dunia maupun di akhirat. Wahai Tuhanku, seandainya Engkau menolak puasa ini kepada kami, janganlah kami terhalang untuk memperoleh pahala musibah, wahai Dzat yang terkenal dengan kebaikan-Nya.”

Abu Dzarr Al-Ghifari mengatakan bahwa ia dan yang lainnya berpuasa bersama-sama dengan Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam dan pada malam ganjil mulai dari malam 23, 25, hingga 27, Nabi bangun malam dan mengerjakan salat sampai habis sepertiga malam.

Bahkan, di malam ke 27, beliau bangun malam dan mengajak semua anggota keluarga serta mengerjakan salat bersama-sama hingga mereka merasa khawatir (kalau-kalau) mereka kehabisan waktu sahur. Sementara di malam genap seperti malam ke 24, dan 26, beliau tidak keluar.

Saat mengerjakan ibadah malam pada malam ke 25 di bulan puasa, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam bersabda. “Barang siapa yang keluar dan mengerjakan salat bersama-sama dengan imam hingga imam pulang, maka dicatat baginya pahala seperti beribadah sepanjang malam.”

Aisyah ra. meriwayatkan bahwa Nabi Shalallahu’alaihi Wassalam keluar di tengah malam pada awal bulan Ramadhan, mengerjakan salat di masjid dan orang-orang mengikuti salat beliau. Pagi harinya orang-orang membicarakan yang demikian itu. Pada malam kedua, banyak orang yang (yang menunggu di masjid), beliau mengerjakan salat dan mereka mengikuti salat beliau. Pada malam ketiga, banyak sekali orang sehingga masjid itu tidak menampung pengunjung, namun beliau tidak keluar kepada mereka sampai beliau keluar untuk mengerjakan salat subuh.

Setelah melakukan salat subuh, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam bertemu mereka dan mengeluarkan sabda terkait ibadah malam di bulan puasa. “Sesungguhnya bukannya aku tidak tahu keadaanmu semalam, akan tetapi aku khawatir kalau-kalau salat malam itu diwajibkan atas kamu, lantas kamu tidak mampu untuk mengerjakannya.”

Nabi Shalallahu’alaihi Wassalam menganjurkan untuk salat malam pada bulan Ramadhan tanpa menyuruh kepada mereka sebagai suatu keharusan (kewajiban), sampai Rasulullah Shalallahu’alaihi Wassalam wafat keadaan tetap seperti itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya