4 Hal yang Terjadi Jika Bumi Datar, Aneh dan Mengerikan

Iustrasi Bumi Datar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hal yang terjadi jika bumi datar dapat menghilangkan gravitasi bahkan membuat kita tersesat. Bumi adalah sebuah bola. Namun, saat ini ada sekelompok kecil yang bersikeras bahwa dunia itu datar sebutan untuk mereka adalah kaum bumi datar. Mereka telah muncul secara online dalam beberapa tahun terakhir, dan mereka tampaknya menebar keraguan tentang aspek realitas yang paling mendasar ini. Banyak penganut bumi datar berusaha keras untuk meramu penjelasan alternatif mengapa dunia berperilaku seolah-olah itu bulat padahal sebenarnya datar. Meskipun sudah banyak penjelasan tentang itu bumi bulat dengan pengamatan yang dilakukan manusia tentang planet ini selama beberapa milenium terakhir.

Karakuri, Teknologi yang Menggunakan Gravitasi

Jika bumi benar-benar datar saat ini bumi tidak mempunyai perilaku seperti selama ini kita kenal. Banyak hal yang hilang bahkan “ganjil” jika bumi datar. Berikut ini adalah empat hal yang terjadi jika bumi datar, dilansir dari beberapa sumber. 

1.  Tidak Memiliki Gravitasi 

Tsunami dan Gempa Bisa Terjadi Bersamaan di Bumi

tidak ada gravitasi

Photo :
  • getty image

Pertama-tama yang terjadi jika bumi datar adalah tidak memiliki gravitasi. Tidak jelas bagaimana gravitasi akan bekerja, atau tercipta, di dunia seperti itu, kata James Davis, ahli geofisika di Lamont-Doherty Earth Observatory Columbia University. Itu masalah yang cukup besar, karena gravitasi menjelaskan berbagai pengamatan duniawi dan kosmik. Gaya terukur yang sama yang menyebabkan sebuah apel jatuh dari pohon juga menyebabkan bulan mengorbit bumi dan semua planet mengorbit matahari.

Bisakah Melubangi Bumi hingga Tembus ke Sisi Lain? Ini Jawabannya

Orang-orang yang percaya pada bumi datar berasumsi bahwa gravitasi akan menarik lurus ke bawah, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa itu akan bekerja seperti itu. Dilansir oleh news.climate.columbia.edu, saat kamu semakin jauh dari pusat, gravitasi akan semakin menarik secara horizontal. Ini akan memiliki beberapa dampak aneh, seperti menyedot semua air ke pusat dunia, dan membuat pohon dan tanaman tumbuh secara diagonal, karena mereka berkembang dalam arah yang berlawanan dengan tarikan gravitasi.

2.  Tidak Ada Lagi Aurora dan Kita Semua akan Terpanggang

aurora

Photo :
  • getty image

Berikutnya jika bumi itu datar adalah tidak ada lagi aurora dan kita semua akan terpanggang. Di Bumi yang bulat, logam cair yang berputar-putar di sekitar inti besi, menghasilkan arus listrik yang pada gilirannya menciptakan medan magnet pelindung kita yang melengkung di sekitar planet dari satu kutub ke kutub lainnya, menurut NASA. dilansir oleh livescience.com, tetapi di Bumi yang datar, tanpa inti padat yang menghasilkan medan magnet, lapisan pelindung magnetosfer tidak akan ada lagi. Begitu juga dengan aurora atau disebut juga dengan Cahaya Utara langit ini menunjukkan bentuk ketika partikel bermuatan dari matahari menabrak molekul oksigen dan nitrogen di magnetosfer, di mana mereka melepaskan energi dalam bentuk pertunjukan cahaya aurora yang luar biasa. Bumi dan segala sesuatu di permukaannya akan dibombardir dengan radiasi matahari yang berbahaya, meninggalkan dunia tandus yang mirip dengan tetangga kita Mars, menurut NASA.

3.  Kita Semua akan Tersesat

ilustrasi jika bumi itu datar

Photo :
  • getty image

Hal lain yang terjadi jika bumi datar adalah kita akan tersesat. Ada kemungkinan bahwa satelit tidak akan ada jika Bumi datar, karena mereka akan kesulitan mengorbit bidang datar. "Ada sejumlah misi satelit yang bergantung pada masyarakat yang tidak akan berhasil," James Davis, ahli geofisika di Lamont-Doherty Earth Observatory Columbia University, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya tidak dapat memikirkan bagaimana GPS akan bekerja di sebuah flat. Bumi," kata Davis.

Kami bergantung pada Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) untuk segala hal mulai dari layanan GPS di ponsel kamu, hingga informasi perjalanan dan manajemen stok tepat waktu supermarket untuk memastikan produk tiba dalam keadaan segar dan secepat mungkin. Dan secara kritis, layanan darurat menggunakan GPS untuk menemukan penelepon dari sinyal telepon mereka, komunikasi satelit mungkin dapat memudahkan hidup kamu. 
Sulit membayangkan dunia tanpa GPS, cukup untuk mengatakan bahwa kita akan tersesat. 

4.  Air Laut Mengalir ke Kutub Utara

ilustrasi jika bumi itu datar

Photo :
  • getty image

Jika gravitasi ditarik ke arah pusat piringan planet, yang dalam hal ini adalah Kutub Utara, presipitasi juga akan tertarik ke tempat itu. Ini karena presipitasi jatuh ke bumi karena gravitasi dan karenanya akan jatuh ke titik tarikan gravitasi terkuat.

Hanya di pusat piringan cuaca akan berperilaku seperti yang kita kenal di bumi jatuh lurus ke bawah. Semakin jauh kamu bepergian, semakin horizontal curah hujannya. Air di sungai dan laut juga akan mengalir menuju Kutub Utara, yang berarti lautan besar yang menggembung akan terkumpul di pusat planet, sehingga praktis tidak ada air di tepinya, menurut Lamont-Doherty Earth Observatory dari Universitas Columbia.

Itulah beberapa hal yang terjadi jika bumi datar. Banyak keganjilan dan keanehan yang terjadi jika bumi benar-benar datar. Betapa aneh dan mengerikannya kita hidup di bumi yang datar dengan hal-hal yang tak biasa terjadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya