5 Fakta Pembunuhan Ali bin Abu thalib

Ilustrasi Ali Bin Abi Thalib berperang
Sumber :
  • Website/bincangmuslimah.com

VIVA –Fakta pebunuhan Ali bin Abu thalib. Setelah melaksanakan shalat subuh Ali bin Abi Thalib, Khalifah Rashidin keempat dan Imam Syiah pertama, dibunuh pada 28 Januari 661 oleh seorang Khawarij bernama Abd al-Rahman bin 'Amr bin Muljam al-Muradi di Masjid Agung Kufah, yang terletak di Irak sekarang.

Remaja di Mamuju Tikam Temannya 28 Kali hingga Tewas karena Kesal Sering Dibully

Ali meninggal karena luka-luka yang dialaminya setelah dua hari  Abd al-Rahman menebas dengan pedang berlapis racun. Dia berusia 62 atau 63 tahun pada saat kematiannya pada 21 (atau 19) Ramadan 40 H, setara dengan 28 Januari 661 M.

Terbunuhnya  Ali bin abu thalib memiliki fakta-fakta yang mengejutkan di belakangnya, melalui berbagai sumber seperti Artikel Al-Islam.org yang berjudul The Life of the Commander of the Faithful Ali Ibn Abu Talib (as), Buku karya Ali al-sallabi yang berjudul Biography of Ali ibn Talib, dan tulisan karya Wilferd Madelung yang berjudul The Succession to Muhammad: A Study of the Early Calphate, Viva telah merangkum 5 fakta di balik pembunuhan Ali bin abu thalib sebagai berikut;

TNI-Polri Berhasil Tangkap Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide

Berawal dari Perang Saudara

Ali terpilih sebagai khalifah setelah pembunuhan Utsman pada 656, tetapi menghadapi tentangan dari beberapa faksi termasuk Mu'awiya. Akibatnya, perang saudara Muslim pertama, yang dikenal sebagai Fitnah Pertama, menyusul pembunuhan Utsman, berlanjut selama empat tahun pemerintahan Ali, dan berakhir dengan penggulingan Khilafah Rashidin dan pendirian dinasti Umayyah oleh Mu 'awiyah.

Viral Aksi Pria Bersuara Rocker Lantunkan Selawat di Maajid, Auto Dicari Sutradara Tanah Air

Ali setuju untuk melakukan arbitrase dengan Mu'awiya setelah Pertempuran Siffin pada tahun 657, sebuah faksi pasukannya memberontak melawannya. Ini kemudian dikenal sebagai Khawarij yang memisahkan diri. Mereka segera mulai meneror penduduk sipil dan mereka juga dihancurkan oleh pasukan Ali dalam pertempuran Nahrawan pada Juli 658.

Di Bunuh oleh Seorang Khawrij

Ali bin Abi Thalib merupakan kahlifah Rahsidin keempat dan juga menjadi Imam Syiah pertama. Ali di bunuh pada tangal 26 Januari 661 oleh seorang Khawarij bernama Abd al-Rahman bin 'Amr bin Muljam al-Muradi di Masjid Agung Kufah, yang terletak di Irak sekarang.

Ibn Muljam bertemu di Mekah dengan dua orang Khawarij lainnya, yaitu, al-Burak ibn Abd Allah dan Amr ibn Bakr al-Tamimi, dan menyimpulkan bahwa Ali, Mu'awia, dan gubernur nya di Mesir, Amr ibn al-As, yang harus disalahkan atas perang saudara yang terjadi.  

Mereka memutuskan untuk membunuh ketiganya untuk menyelesaikan "situasi menyedihkan" umat Islam dan juga membalas rekan-rekan mereka yang telah gugur di Nahrawan.

Dengan niat membunuh Ali, Ibnu Muljam menuju ke Kufah, ketika di Kufah ia jatuh cinta dengan seorang perempuan yang saudara laki-laki dan ayahnya juga terbunuh di Nahrawan. Dia setuju untuk menikah dengan Ibn Muljam dengan syarat dia akan membunuh Ali dan juga membantunya dalam usaha tersebut.

Ali dibunuh oleh Abd al-Rahman bin 'Amr bin Muljam al-Muradi, seorang Khawarij dari Mesir. Ibnu Muljam berasal dari suku Himyar dari pihak ayah tetapi termasuk di antara Murad karena kekerabatan dari pihak ibu. Yang terakhir bersekutu dengan suku Kinda. Dia memasuki Kufah dengan niat membunuh Ali untuk pertempuran Nahrawan.

Menurut al-Tabari, Ibn Muljam bertemu di Kufah sekelompok suku Taym al-Ribab dan sepuluh anggota suku mereka yang meninggal di Nahrawan. Di antara mereka ada seorang perempuan bernama Quttaam, yang membuat Ibnu Muljam kagum.

Ibnu Muljam melamar nya dan setuju dengan syarat bahwa yang dijadikan hadiah pernikahannya dengan membunuh Ali. Dia juga mengatur agar anggota sukunya, Wardan, untuk membantu Ibn Muljam dalam misinya. Sementara itu, suku Wardan meminta bantuan Shabib ibn Bujra. Malam sebelum pembunuhan, para konspirator menempatkan diri mereka di seberang pintu tempat Ali akan memasuki masjid.

Pada hari Jumat, 19 (atau 17) Ramadan, Ali tiba di masjid untuk memimpin salat Subuh. Ibn Muljam menyerang dan melukai Ali di mahkota kepalanya dengan pedang setelah Ali membacakan ayat-ayat dari surah al-Anbiya sebagai bagian dari doa atau saat dia memasuki masjid.

Ali meninggal dua hari kemudian pada 21 Ramadan 40 H (30 Januari 661) atau 19 Ramadan 40 (28 Januari 661) pada usia 62 atau 63. Dia telah meminta, jika dia tidak selamat, Ibn Muljam harus di eksekusi sebagai pembalasan (qisas) dan ini digenapi setelah kematiannya oleh putra sulungnya, Hasan.

Kematiannya Sudah Diprediksi

Beberapa sumber menulis bahwa Ali tahu tentang nasibnya jauh sebelum pembunuhan baik dengan firasat nya sendiri atau melalui Nabi Muhammad. Nabi Muhammad SAW telah memberi tahu Ali bahwa janggut nya akan ternodai dengan darah yang berasal dari kepalanya.

Catatan lain menambahkan bahwa, menurut Nabi Muhammad, "orang paling jahat di antara orang dahulu adalah dia yang telah membunuh unta Nabi Shalih dan di antara orang-orang sezamannya, dan dia juga yang akan membunuh Ali." Malam sebelum pembunuhan, Ali menyatakan bahwa nasibnya akan segera terpenuhi. Saat ia meninggalkan rumah di pagi hari, angsa mengikutinya dengan jalan terkekeh, dan Ali mengatakan bahwa mereka menangisinya.

Terduga Lain di Belakang Pembunuhan

Al-Ash'ath ibn Qays adalah kepala suku Kinda di Kufah. Menurut Madelung, pada tahun-tahun terakhir pemerintahan Ali, dia dibujuk ke pihak Mu'awiya dengan janji dan tawaran uang, sebagai imbalan atas sabotase kampanye Ali melawan Mu'awiyah.

Beberapa sumber menuduh bahwa al-Ash'ath mengetahui rencana pembunuhan Ali. Al-Yaqubi, misalnya, menulis bahwa Ibn Muljam dijamu oleh al-Ash'ath selama sebulan untuk persiapan pembunuhan Ali.

Beberapa laporan, seperti salah satunya oleh Ibn Sa'd, menegaskan bahwa al-Ash'ath menasihati Ibn Muljam pada malam pembunuhan dan bahwa itu adalah sinyal al-Ash'ath, "pagi telah tersenyum," yang mendorong Ibn Muljam untuk beraksi di masjid. Setelah pembunuhan itu, Hujr ibn Adi, seorang komandan tentara Ali, menuduh al-Ash'ath terlibat, meskipun bahkan ada laporan bahwa al-Ash'ath memperingatkan Ali tentang Ibn Muljam.

Al-Sallabi, di sisi lain, percaya tuduhan ini tidak berdasar, menyatakan bahwa al-Ash'ath adalah loyalis yang berperang melawan Khawarij dalam Pertempuran Nahrawan. Dia juga menulis bahwa al-Sallabi adalah orang pertama yang memerangi Suriah dalam Pertempuran Siffin.

Selain itu, menurut al-Sallabi, tidak ada catatan dari keluarga Ali yang mendukung tuduhan terhadap al-Ash'ath, atau keluarganya mendiskusikan nya dengan anggota keluarga al-Ash'ath.Ketika al-Ash?ath mengirim putranya untuk melihat kondisi luka Ali, kata-kata yang dikeluarkan menunjukkan bahwa dia tahu Ali tidak akan selamat.

Pemakaman Ali

Jenazah Ali dimandikan oleh putranya, Hasan, Husain, dan Muhammad ibn al-Hanafiyyah, dan salah satu keponakan nya, Abdullah ibn Ja'far.  Khawatir tubuhnya akan digali dan dicemarkan oleh musuh-musuhnya, Ali kemudian diam-diam dikuburkan oleh mereka dan Ubaydullah ibn al-Abbas.

Makamnya teridentifikasi beberapa abad kemudian berada di kota Najaf dan sekarang dijadikan sebagai situs ziarah utama bagi umat Islam, terutama Islam beraliran Syiah. Ada juga klaim bahwa dia dimakamkan di Hazrat Ali Mazar di kota Mazar-i-Sharif Afghanistan. Kematian Ali diperingati oleh Muslim Syiah setiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya