Beasiswa Kuliah 2022 Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

Ilustrasi raih beasiswa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Beasiswa kuliah 2022 berikut ini wajib kamu ketahui jika ingin melanjutkan kuliah lewat jalur beasiswa. Dengan beasiswa kuliah 2022 ini, kamu akan terbantu masalah biaya. Program apa saja yang membuka beasiswa kuliah 2022? Berikut telah kami rangkum untuk kamu informasi tentang beasiswa kuliah 2022.

Menko Airlangga Ungkap Opsi Pengalihan Beasiswa LPDP Bisa untuk Pelatihan Prakerja

1. Program Djarum Beasiswa Plus

Program Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa prestasi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki kerja sama (bermitra) dengan Djarum Foundation.

Pemerintah Kaji Setop Dana LPDP

Apa persyaratan pendaftaran Djarum Beasiswa Plus?

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui dan perhatikan. Berikut persyaratan pendaftarannya:

Siapkan Dana Pendidikan dan Beasiswa, Sri Mulyani Dorong Anak Muda Berani Bermimpi
  • Sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu.
  • IPK minimum 3.20 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.20 hingga akhir semester IV.
  • Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun luar kampus.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  • Kuliah di mitra Perguruan Tinggi Program Djarum Beasiswa Plus.

Syarat administratif berkas pendaftaran:

  • Bukti cetak PDF dari formulir pendaftaran online.
  • Satu lembar pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm memakai jaket almamater.
  • Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa.
  • Transkrip Nilai sampai dengan semester III yang telah dilegalisir otoritas kampus.
  • Salinan Surat Keterangan/sertifikat aktif berorganisasi dan atau sertifikat prestasi yang diikuti.
  • Surat keterangan dari Rektorat bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain (contoh untuk pendaftar 2022 adalah terhitung periode 1 September 2022 - 31 Agustus 2023).

Alur pendaftaran Djarum Beasiswa Plus

  • Pendaftar melakukan pendaftaran online dan mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran (melalui link website resmi yang akan dibuka pada bulan 21 Maret - 23 Mei 2022).
  • Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran segera setelah mengisi secara lengkap formulir pendaftaran online.
  • Pendaftar mengirimkan berkas administrasi ke panitia seleksi ke alamat yang tertera pada email konfirmasi pendaftaran online.
  • Pendaftar yang berkasnya lolos seleksi administrasi akan menerima undangan tes tulis dari Djarum Beasiswa Plus melalui email dan SMS.
  • Tes tulis diselenggarakan secara daring.
  • Pendaftar yang lolos tes tulis akan diundang untuk wawancara.
  • Pengumuman Djarum Beasiswa Plus dapat diakses di website resmi djarumbeasiswaplus.org diikuti dengan pengumuman di Bagian Kemahasiswaan di kampus.

Program Djarum Beasiswa Plus dibuka 1 kali dalam 1 tahun untuk mahasiswa yang tengah menempuh semester IV. Untuk tahun 2022, pendaftaran akan dibuka pada 21 Maret 2022 dan ditutup pada 23 Mei 2022. Untuk mengikuti pelatihan Djarum Beasiswa Plus, pelatihan soft skills Djarum Beasiswa Plus saat ini difokuskan untuk Beswan Djarum.

Program Djarum Beasiswa Plus tidak untuk lulusan SMA, D3, maupun S2. Djarum Beasiswa Plus telah bermitra dengan perguruan tinggi unggulan di seluruh provinsi di Indonesia. Pengajuan kerjasama dapat diajukan melalui info@djarumbeasiswaplus.org

2. Beasiswa BCA

Beasiswa kuliah 2022 juga disediakan oleh bank BCA. Untuk pendaftaran Batch 1 dilaksanakan mulai tanggal 18 April - 15 September 2022. Untuk pengumumannya yaitu pada 31 Oktober 2022.

Beasiswa BCA adalah salah satu program Corporate Social Responsibility, beasiswa BCA ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diselenggarakan oleh BCA.

Program ini berlangsung selama 2.5 Tahun yang bertempat di BCA Learning Institute. Untuk jam operasionalnya setiap hari Senin - Jum’at Pukul 08.00 - 17.00 WIB. Disana akan disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung dan laptop (khusus untuk PPTI).

Dengan mengikuti program ini, kamu akan bebas biaya Pendidikan dan mendapatkan uang saku bulanan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kesempatan magang dan penawaran kerja di BCA. Saat ini, beasiswa BCA memiliki 2 program, yakni Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa yang dilaksanakan oleh Tanoto Foundation itu akan merilis nama-nama penerimanya pada awal tahun 2022. Pendaftaran beasiswa bertajuk Kepemimpinan Teladan 2022 itu sejatinya sudah berlangsung sejak 17 Agustus hingga 7 Oktober 2021 lalu.
Program ini ditujukan bagi mahasiswa semester pertama yang melanjutkan pendidikannya di universitas mitra Tanoto Foundation. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya kuliah dan tunjangan hidup per bulan hingga masa studinya selesai.

Selain itu, mereka juga bakal menjalani pelatihan yang meliputi pengembangan diri, pengembangan karakter, pembelajaran berbasis proyek, kegiatan magang, dan terlibat langsung dalam kegiatan di masyarakat.

4. Beasiswa lpdp

Melansir dari laman situ lpdp, program beasiswa dari LPDP terdiri dari dua program yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, dan juga program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Maka, program beasiswa lpdp tidak ada program tingkat sarjana atau S1.

Maksimal masa studi untuk program Magister adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Apabila melebihi masa waktu tersebut, maka akan dikenakan penalti bagi pemegang atau pelaksana beasiswa tersebut.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP merupakan orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor yang akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa lpdp ini kamu bisa mendaftar melalui online. Berikut Langkah-langkah pendaftarannya:
Daftar Online - Pengumuman Seleksi Administrasi -  Wawancara - Pengumuman Hasil Wawancara - Program Kepemimpinan (PK) - Pengumuman Kelulusan.

Pendaftaran beasiswa ini di buka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali.
Biaya yang akan ditanggung adalah biaya pendaftaran, SPP, tunjangan buku, biaya tesis/disertasi/penelitian, biaya wisuda, biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup dan biaya kedatangan.

Persyaratan: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Merupakan Lulusan Sarjana/magister di Universitas terakreditasi Ban-PT.
  • Mempunyai Jiwa Kepemimpinan.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/ keilmuan/ inovasi dan kebudayaan, dan lain sebagainya.

Untuk pendaftaran beasiswa lpdp tahap 1 telah ditutup. Namun kamu bisa mendaftarkan beasiswa lpdp melalui tahap 2 yang akan dibuka pada Juli hingga Agustus 2022.

4. Beasiswa kuliah ke Al Azhar Kairo dan Tripoli Libya

Ustadz Ali Hidayat membuka kesempatan para generasi muda yang ingin melanjutkan kuliah ke Timur Tengah. Hal tersebut diketahui dari laman YouTubenya @adihidayatofficial yang memberikan informasi terkait beasiswa tersebut.

Ia mengatakan jika ia membuka beasiswa bagi para kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin melanjutkan Pendidikan di perguruan tinggi islam di Timur Tengah khususnya Al Azhar Kairo dan Tripoli Libya, serta beberapa kampus di Sudan.

Syarat yang diperlukan yaitu bagi penghafal al-qur’an. Hal tersebut lantaran ia mengatakan jika beasiswa yang dikeluarkan beasiswa istimewa penuh mulai dari tiket pemberangkatan hingga Pendidikan. Syarat lainnya yaitu mampu berbahasa dan menulis arab. Bagi yang tertarik bisa mendaftar melalui website quantumakhyar.com. pendaftaran maksimal tanggal 26 April 2022.

Demikian informasi terkait beasiswa kuliah 2022 baik dalam negeri maupun luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Heboh Tawaran Bayar Kuliah Pakai Pinjol, Sri Mulyani Kaji Pembentukan Student Loan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Pemerintah tengah mengkaji terkait pembentukan pinjaman pelajar atau student loan.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2024