5 Pendekar Perang Islam Terbaik Sepanjang Masa

Ilustrasi kekhalifahan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pendekar perang Islam terbaik sepanjang masa. Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia dan telah menyebar dengan cepat di beberapa benua sejak pertama kali muncul. Tetapi sejarah manusia dipenuhi dengan konflik agama, jadi agama baru mana pun akan menemui beberapa gesekan. Ada banyak pejuang Islam besar yang bangkit menghadapi tantangan untuk menghadapi beberapa konflik ini.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Tidak peduli apa pendapat tentang Islam, sulit untuk menyangkal bahwa beberapa pejuang dan ahli taktik militer terbesar sepanjang masa ternyata seorang Muslim. Kerajaan Islam berdiri kokoh selama berabad-abad. Seorang tentara Muslim merupakan prajurit yang sudah terlibat dalam perang, atau terlatih dalam seni perang.

Berikut beberapa pendekar perang Islam terbaik sepanjang masa, seperti dikutip dari Pakiholic, sebagai berikut:

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

1. Saladin

Saladin

Photo :
  • History Collection
5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Memiliki nama lengkap An-Nasir Salah ad-Din Yusuf ibn Ayyub mudah untuk melihat mengapa ia menjadi lebih dikenal sebagai Saladin. Saladin memimpin perlawanan Muslim terhadap kekuatan Eropa selama perang salib ketiga dia memimpinnya dengan sukses.

Saladin merupakan raja Mesir dan Suriah. Dia dikaruniai kemampuan untuk menyatukan komunitas Muslim yang terpisah sehingga serangan balik gabungan menjadi mungkin. Setelah berhasil mengusir tentara Kristen dari Palestina, dia melakukan hal yang tidak terpikirkan. ia menunjukkan toleransi kepada warga sipil Kristen yang ditinggalkan.

Membiarkan orang Kristen hidup bebas merupakan hal yang luar biasa untuk abad ke-12. Kebanyakan pemimpin di posisinya akan membantai mereka. Sebelum meninggal, Saladin menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Dia mengajarkan bahwa pejuang Islam harus dermawan dan penyayang

2. Malik Ambar

Panglima perang.

Photo :
  • U-Report

Kisah Malik Ambar memang luar biasa. Dijual sebagai budak sebagai seorang anak, ia akhirnya akan menjadi salah satu komandan militer paling sukses di India. Malik berasal dari India tapi orang tuanya menjualnya ke pedagang Islam di India. Ketika dia tumbuh dewasa, dia mengumpulkan pasukannya sendiri dan memimpin pasukan Islam menuju kemenangan berkali-kali.

Malik Ambar membuat karir dari peperangan. Banyak raja lokal menyewa pasukannya untuk mengalahkan musuh-musuh mereka. Bahkan Malik Ambar pernah diangkat menjadi Perdana Menteri di sebuah kerajaan India. Malik dikenal luas karena pertempurannya dengan kerajaan Mughal, yang merupakan kerajaan Islam yang kuat yang menguasai sebagian besar India dan Pakistan. Beberapa pejuang Kristen, Budha, Hindu atau Islam pernah melihat tingkat keberhasilan yang dia lakukan di India.

3. Muhammad Bin Qasimi

Khalifah Umar bin Khattab.

Photo :
  • U-Report

Muhammad bin Qasim merupakan seorang jenderal kunci selama periode dimana Islam menyebar ke Asia Selatan dan Tengah. Qasimi merebut beberapa wilayah vital di tempat yang sekarang disebut Pakistan, yang merupakan prestasi yang luar biasa. Kerajaan-kerajaan India secara historis terkenal karena keberhasilan mereka yang berulang-ulang dalam mempertahankan tanah mereka.

Tetapi musuhnya merupakan seorang raja Hindu. Subjek raja sebagian besar beragama Buddha, yang membenci raja mereka. Hal ini melemahkan posisinya dalam mempertahankan diri dari invasi Islam. Banyak sekutu politik raja yang sebenarnya membelot ke pihak Muslim.

Muhammad bin Qasim memerintahkan pasukan yang sangat yakin bahwa tuhan mereka adalah satu-satunya yang benar. Mereka juga memiliki senjata yang lebih unggul dari pihak Hindu. Semua faktor ini bersatu untuk memunculkan salah satu pejuang Islam terbesar yang pernah ada.

4. Abd El-Krim

Kehidupan para Khalifah.

Photo :
  • U-Report

Abd el-Krim merupakan seorang komandan militer yang sangat efisien sehingga dia menginspirasi para revolusioner masa depan seperti Che Guevara, Ketua Mao, dan banyak pejuang Islam lainnya yang ingin mengikuti jejaknya.  Abd el-Krim merupakan seorang Muslim Afrika Utara yang memimpin koalisi besar ke dalam perang melawan pemerintah Prancis dan Spanyol.

Ini merupakan pertanda baik untuk terlibat dalam perang dengan kekaisaran Eropa. Tapi sepertinya dia bermain cukup baik. Setidaknya untuk sementara. Dia akhirnya dipaksa untuk menyerah. Setelah kehilangannya, dia diasingkan ke sebuah pulau kecil di samudra Hindia. Jelas bahwa mereka mengasingkannya begitu jauh karena mereka masih menganggapnya sebagai ancaman nyata bagi kekuatan Eropa di Afrika Utara.

5. Mehmed

Konstantinopel Paint (cc: wallpaperflare.com)

Photo :
  • vstory

Mehmed merupakan sebagai orang yang merebut Konstantinopel. Konstantinopel merupakan kota paling vital dari Kekaisaran Bizantium sehingga merebutnya mengejutkan seluruh Eropa. Mehmed mengepung kota dengan tujuan memblokir persediaan atau bantuan apapun dari sekutunya. Dia kemudian memanfaatkan teknologi Utsmani yang unggul untuk membombardir kota.

Utsmani menjadi terkenal karena penggunaan meriam raksasa, seperti yang digunakan untuk melawan Konstantinopel. Apa yang membuat ini lebih mengesankan adalah bahwa Mehmed melakukan ini pada usia muda 21 tahun. Jatuhnya Konstantinopel membuka jalan bagi ekspedisi Utsmaniyah ke Eropa, ketika para pejuang Islam menyapunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya