Mengenal Ukuran Kertas A4 Beserta Beratnya

Ilustrasi selembar kertas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bagi kamu yang sering mencetak tugas makalah atau sedang menyusun skripsi, barangkali sudah tidak asing dengan kertas A4.  Kertas ini bisa dibilang yang paling sering digunakan secara umum. Kondisi disebabkan oleh ukuran yang tidak terlalu kecil namun tidak terlalu besar sehingga masih bisa dibawa ke manapun tanpa merepotkan. Tak cuma itu, kertas A4 juga dapat ditemukan dengan mudah dan ukurannya ramah terhadap segala jenis mesin printer.

Harga Emas Hari Ini Kamis 4 April 2024: Produk Antam dan Global Kompak Tembus Rekor Tertinggi

Cara print bola balik

Photo :
  • freepik by freepik

Namun tahukah kamu mengapa jenis kertas diawali oleh satu huruf kapital dan diikuti oleh satu digit angka?  Adanya kode campuran huruf dan angka ini mengacu pada kegunaan dan ukuran yang berbeda-beda.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Pada jenis kertas A, ukuran yang tersedia yakni dari A0 bahkan sampai A10. Semakin kecil angka yang tertera justru semakin lebar dan besar ukuran sebuah kertas. Misal, ukuran kertas A0 adalah 84.1 x 118.9 cm. Singkatnya angka 0 menunjukkan bagian kertas yang tidak dilipat atau dibagi dua, jika dilipat atau dibagi dua maka menjadi ukuran kertas A2. Jenis kertas A mayoritas digunakan untuk percetakan yang umum seperti mencetak dokumen, buku, atau poster.

ilustrasi di tempat percetakan

Photo :
  • freepik by senivpetro
Harga Emas Hari Ini 15 Maret 2024: Antam Melorot, Produk Global Bervariasi

Mengetahui ukuran A4 yang sebenarnya dalam cm, mm, serta inci beserta beratnya

Ukuran kertas A4 yang sesuai dengan standar ISO (International Organization for Standardization) yakni 21 x 29.7 cm, 210 x 297 mm, 8.27 x 11.69 inci. Kertas A4 memiliki beragam berat. Satuan berat yang digunakan kertas adalah gram atau gram per square meter (GSM). Kertas A4 hadir dari ukuran 60 sampai 80 gram. Berat ini menentukan seberapa tipis atau tebalnya sebuah kertas.

Rupanya berat 60 hingga 80 gram tidak hanya dijumpai pada kertas A4. Ukuran ini kerap ditemukan pada kertas ukuran A3, F4, dan Q4. Macam kertas A4 yang biasanya beredar di pasaran yakni jenis HVS atau houtvrij schrijfpapier yang diambil dari Bahasa Belanda. HVS sendiri berarti kertas tulis bebas serat kayu. Selain HVS berwarna putih bersih, ada pula kertas A4 buram yang berwarna abu-abu.

Ilustrasi musim hujan.

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Hujan merupakan fenomena alam yang sering dijumpai dan membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Selain menyegarkan bumi dan tanaman, hujan juga menyimpan banyak fakta menar

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024