6 Fakta Dewa Krishna Umat Hindu

Mitos Agama Hindu di India
Sumber :
  • scmp.com

VIVA – Fakta Dewa Krishna umat Hindu. Merupakan salah satu Dewa yang paling dikagumi dan paling terkenal dari semua dewa India, Dewa Wisnu dan juga sebagai dewa tertinggi dan sangat dihormati oleh agama hindu. Ketika anda memikirkan Dewa Krishna, hal pertama yang terlintas dalam pikiran anda adalah seruling dan gopinya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Tentu saja, Dewa Krishna merupakan seorang pawang wanita, pencuri mentega, dan pemandu kusir Arjuna di kisah Mahabharata. Krishna dikagumi oleh setiap manusia di bumi ini. Dari mendidik tentang bhakti dan Dharma hingga pencerahan tentang realitas kehidupan, Dewa krishna tetap menjadi sumber pengetahuan dan kebijaksanaan. Dewa Krishna dikenal sebagai individu ilahi yang terhubung dengan baik dengan umat manusia.

Sebagian besar orang mengaku berpengalaman dengan Dewa Krishna dan cerita-ceritanya, tetapi ada lebih banyak fakta tentang Dewa krishna yang tidak mereka sadari. berikut beberapa fakta dewa Krishna umat Hindu seperti dikutip dari Myflowertree, sebagai berikut:

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

1. Warna Kulitnya Bukan Biru

Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Dewa Krishna telah membuat kesan yang luar biasa pada umat manusia. Dewa Krishna memiliki kehidupan yang terbaik. Salah satu hal menarik tentang Dewa krishna yang kebanyakan orang tidak tahu adalah warna kulitnya gelap bukan biru.

Meskipun Dewa Krishna umumnya digambarkan dalam lukisan dan berhala kulitnya berwarna biru, warna kulitnya yang sebenarnya gelap. Diyakini bahwa aura magnetiknya yang menyeluruh memiliki rona biru dan itulah sebabnya ia umumnya digambarkan kulitnya berwarna biru.

2. Memiliki Banyak Istri

Krishna memiliki banyak, tercatat delapan di antaranya adalah istri utamanya yaitu Rukmini, Satyabama, Jambawati, Naga Jitu, Bhadra, Kalindi, Lakshmana, dan Mitravinda. Rukmani adalah titisan Dewi Laksmi yang dinikahi Dewa Krishna untuk menyelamatkannya dari kerabatnya. Sisa dari istri diselamatkan oleh Dewa Krishna dari Narakasura. Dia membunuh iblis itu dan melepaskan semua wanita yang ditahan secara paksa di tempatnya.

3. Dewa Krishna Multi Agama

Semua orang percaya bahwa Dewa krishna merupakan 'Manifestasi Tuhan'. ia juga dewa utama dalam agama Hindu dan disembah di banyak tradisi Hindu dalam berbagai perspektif yang berbeda. Selain Hindu, Dewa Krishna juga merupakan bagian dari agama lain yang disebut agama Jain.

Dewa Krishna disebut sebagai salah satu Triad, bernama Vasudeva. Bahkan dalam agama Buddha, dia adalah bagian dari cerita Jataka di mana dia digambarkan sebagai seorang pangeran yang membunuh pamannya yang jahat, Kansa, dan membuktikan dirinya legendaris dengan membunuh semua raja untuk memerintah Jambudipa.

4. Kitab Suci Hindu Tidak Memiliki Catatan Radha

Padahal kisah Radha Krishna dianggap sebagai salah satu cinta terbesar di dunia. Tapi yang mengejutkan tidak ada kitab suci kuno, termasuk Mahabharata dan Srimad Bhagavatam yang menyebutkan Radha sama sekali. Bahkan Harivansh, sebuah buku yang didasarkan pada kehidupan Dewa Krishna, tidak memiliki catatan apapun tentang Radha.

5. Dewa Krishna Berhubungan Dengan Eklavya Dan Drupadi

Drupadi dipercaya sebagai jelmaan Dewi Parwati, sedangkan Krishna, anyelir Dewa Wisnu yang merupakan saudara dari Dewi Parwati. Itulah sebabnya diyakini bahwa Dewa Krishna dan Drupadi adalah saudara kandung. Eklavya adalah seorang pemanah terampil yang merupakan putra Devsharavu yang merupakan saudara dari Vasudev.

Dewa Krishna memberinya anugerah untuk bereinkarnasi untuk membalas dendam pada Dronacharya yang membuat Ekalaya memotong ibu jari kanannya. Eklavya bereinkarnasi sebagai Dhrishtadyumna yang melangkah keluar dari api yajna, dibuat dengan tujuan tunggal untuk memenggal kepala Dronacharya.

6. Kutukan Menyebabkan Kematian Krishna

Perang Kurukshetra menyebabkan semua 100 anak Gandari tewas. Ketika Dewa Krishna mendekatinya untuk menyampaikan belasungkawa, ibu yang berduka itu mengutuknya bersama dengan dinasti Yadu bahwa mereka berdua akan jatuh dalam 36 tahun.

Saga Durvasa sedang makan kheer di hadapan Krishna. Dia meminta Krishna untuk mengoleskan sisa kheer di kakinya. Krishna setuju untuk menerapkannya pada tubuhnya tetapi tidak pada kakinya karena mereka sedang beristirahat di tanah. Jadi, dia mengutuknya bahwa dia akan mati di kakinya.

Ketika dinasti Yadav membawa kehancuran mereka sendiri setelah kutukan Gandari, Krishna melakukan yoga Samadhi di bawah pohon. Kaki Krishna disalahartikan oleh seorang pemburu, Jara, sebagai binatang dan pemburu itu menembakkan panah ke kakinya.

Ketika dia menyadari kesalahannya, dia memohon pengampunan tetapi Krishna mengungkapkan bahwa di Tretayuga, Krishna adalah Rama dan dia telah menyerang Vali dengan menembaknya dari belakang dan sekarang menuai hasil karmanya. Sekarang, Jara adalah avatar vali dan ditakdirkan untuk membunuh Krishna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya