UIN Jakarta Sediakan 1.384 Kursi Jalur UM-PTKIN 2022

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sumber :
  • uinjkt.ac.id

VIVA – Kepala Bagian Akademik UIN Jakarta, Feni Arifiani, mengatakan, UIN Jakarta pada jalur seleksi UM-PTKIN ini menawarkan sebanyak 30 prodi.

UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

“Sementara daya tampung yang dialokasikan UIN Jakarta sebanyak 1.384 kursi tersebar di tujuh fakultas,” jelas Feni Arifiani dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/4).

UM-PTKIN merupakan sistem seleksi bersama nasional masuk PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) untuk prodi bidang keagamaan. Sistem seleksi dilakukan secara online menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Wacana KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama, Guru Besar UIN Jakarta: Out of the Box

Pendaftaran UM-PTKIN dibuka serentak secara nasional di 58 PTKIN plus Fakultas Agama Universitas Singaperbanga, Karawang, Jawa Barat. Dalam seleksi ujian tulis elektronik tersebut, terdapat sedikitnya 1.266 program studi (prodi) yang ditawarkan.

Pendaftaran dibuka mulai 25 April hingga 4 Juni 2022 secara online di laman https://um-ptkin.ac.id. Berikut adalah cara mendaftar seleksi UM-PTKIN yang diatur oleh Panitia Nasional UM-PTKIN tahun 2022.

UIN Jakarta Kembangkan RS Haji Usai Selesaikan Likuidasi, Ini Langkah yang Telah Disiapkan

Pertama, Pendaftaran Akun. Pilih daftar akun UM-PTKIN lalu daftarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi yang memiliki NISN dan daftar NISS bagi yang belum memiliki NISN.

Kedua, Daftar NISN. Masukan NISN dan tanggal lahir, kemudian akan muncul nama Anda. Setelah itu lanjutkan isi nomor WhatsApp (WA) dan e-mail akif. Bagi yang memiliki NISS, masukan nama, tanggal  lahir, NIK, nomor WA, e-mail, dan file ijazah.

Ketiga, Password. Username/NISN/NISS dan password didapatkan setelah melakukan daftar NISN dan dikirim melalui e-mail Anda setelah diverifikasi oleh panitia.

Keempat, Login dan Isi Biodata. Masukkan NISN dan password untuk melanjutkan isi biodata.

Kelima, Cetak Slip Instruksi Pembayaran (SIP). Setelah itu lanjutkan untuk mencetak SIP dengan memilih salah satu metode pembayaran.

Keenam, Pembayaran. Lakukan pembayaran sesuai pilihan pada SIP calon peserta pada bank mitra yang ditentukan.

Ketujuh, Login. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melakukan login kembali menggunakan NISN/NISS dan password.

Kedelapan, Unggah Foto. Setelah login, calon peserta melanjutkan dengan mengunggah pas foto terbaru.

Kesembilan, Pilih Program Studi. Calon peserta dapat memilih tiga prodi sesuai PTKIN pilihan, minimal memilih satu prodi.

Kesepuluh, Memilih PTKIN Terdekat/Panitia Lokal. Untuk mengikuti ujian, calon peserta diminta memilih lokasi ujian di PTKIN atau Panitia Lokal terdekat dengan tempat tinggal.

Kesebelas, Cetak Kartu. Setelah semua data diisi, calon peserta melanjutkan dengan mencetak Kartu Ujian secara mandiri dengan menggunakan printer warna.

Keduabelas, Mengikuti Uji Coba dan Ujian SSE. Tahap terakhir, peserta mengunduh aplikasi ujian SSE di laman https://um-ptkin.ac.id serta mengikuti uji coba SSE dan ujian SSE. (UINJkt)

Sesuai jadwal, uji coba SSE akan dilakukan pada 7-10 Juni 2022, sedangkan ujian SSE dilakukan pada 14-17 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya