Ini 6 Beasiswa Unggulan Kemendikbud Tahun 2022

Beasiswa Unggulan
Sumber :
  • IIUM Today

VIVA – Beasiswa unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa, pegawai, masyarakat dan yang lainnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. 

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Seperti yang diketahui bahwa tak semua orang mudah dalam hal ekonomi. Masih banyak di luar sana mahasiswa atau masyarakat yang mengalami kekurangan tersebut sehingga mereka tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Maka dari itu terselenggaralah beasiswa unggulan Kemendikbud sebagai solusi untuk membantu mahasiswa dan kalangan masyarakat yang ekonominya masih rendah. Sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com
Jika Pramuka Dihapus, Nilai Kenegarawanan Generasi Muda Bisa Terkikis

Beasiswa unggulan Kemendikbud diprioritaskan untuk mahasiswa yang berprestasi. Terdapat enam pilihan beasiswa unggulan yang bisa dijadikan sebagai pilihan sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Simak penjelasan mengenai enam Beasiswa Unggulan Kemendikbud  berikut ini:

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Masyarakat Berprestasi (Program Beasiswa Unggulan dalam negeri dan luar negeri) ini diselenggarakan oleh Kemendikbud, untuk meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Penerima beasiswa ini antara lain adalah siswa/mahasiswa berprestasi, guru, pegiat sosial, seniman dan atlet yang meraih medali di olimpiade Internasional, Juara tingkat Nasional dan Internasional di bidang sains, teknologi, seni budaya dan olahraga, guru yang berprestasi diberbagai bidang, karyawan/pegawai berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan direkomendasikan oleh atasan serta pegiat di bidang sosial.

Prioritas dari program Beasiswa Masyarakat Berprestasi ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, S2 dan S3 di Perguruan Tinggi yang akreditasinya minimal B dan akreditasi Program Studi A. 

2. Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Beasiswa Pegawai Kemendikbud ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Diselenggarakannya beasiswa ini adalah untuk menyiapkan profesional untuk menjadi lokomotif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembinaan Karir Pegawai.

3. Beasiswa Mahasiswa Asing

Ketiga ada Beasiswa Mahasiswa Asing yang diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 di Indonesia dan bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia di bidang pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya. 

4. Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga

Selanjutnya ada Beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga yang merupakan program beasiswa yang diselenggarakan dari antara kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Bank CIMB Niaga. Tujuan dari diselenggarakannya beasiswa ini adalah untuk “mencerdaskan kehidupan Bangsa melalui peningkatan kualitas dan profesionalitas guru”.

Program beasiswa unggulan yang satu ini diperuntukkan bagi guru (pengajar) yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang S2 di Universitas Padjadjaran (UNPAD ), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) untuk Fakultas Ekonomi dengan program studi yang terakreditasi A.

5. Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran

Bagi para peneliti, penulis, pencipta, seniman/budayawan, wartawan, olahragawan, tokoh serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendikbud beasiswa yang diselenggarakan adalah Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran. Beasiswa ini disesuaikan dengan aktivitas dan kreativitas yang dijalankan. 

6. Beasiswa Unggulan 3T

Sesuai dengan PP RI No. 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2015-2019, Beasiswa Unggulan 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) ini diperuntukkan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, S2 dan S3, maka kamu bisa memilih Beasiswa Unggulan 3T sesuai dengan ketentuan. Beasiswa ini dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang sudah terakreditasi minimal B. 

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Bank Indonesia

Photo :
  • Dok. Istimewa

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud ini terdapat 2 (dua) alur yang harus diketahui dan dilalui oleh calon penerima beasiswa. Simak beberapa alur pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbud berikut ini. 

1. Untuk yang belum memiliki akun

  • Buka alamat website beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol daftar online
  • Masuk ke halaman baru buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol registrasi
  • Isi data pendaftaran secara lengkap dan benar
  • Jika sudah mengisi data, kemudian klik tombol register
  • Tunggu konfirmasi selanjutnya yang akan dikirimkan melalui email

2. Untuk yang sudah memiliki akun

  • Buka alamat website buonline.beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id
  • Pilih tombol login
  • Selanjutnya silahkan masukkan alamat email dan password kamu
  • Kemudian lengkapi data pendaftaran kamu
  • Ikuti pedoman atau petunjuk berikutnya sesuai dengan yang diperintahkan

Itulah penjelasan lengkap mengenai Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud yang bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin mendaftar. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya. 

Sekolah rusak akibat gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Di Indonesia, terdapat lebih dari 500 ribu sekolah dengan jumlah peserta didik mencapai lebih dari 60 juta, serta lebih dari 5 juta pendidik dari 2,5 juta ruang kelas.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024