Mengenal Bilangan Bulat Positif Negatif Lengkap dengan Cara Menghitung

Bilangan bulat dalam garis bilangan
Sumber :
  • Wikimedia/Averater

VIVA – Ketika belajar matematika, kita pasti akan mendengar dan mempelajari tentang bilangan bulat positif negatif. Tapi, sebelum lebih jauh, kita harus memahami terlebih dahulu arti dari bilangan itu sendiri. Bilangan merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan nilai atau jumlah dari suatu sistem perhitungan. Bilangan tersebut mempunyai simbol atau lambang yang dikenal dengan angka. 

Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Positif di Dunia

Saat ini, sudah banyak jenis bilangan, seperti bilangan asli, bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan real, bilangan kompleks, dan lain sebagainya. Setiap jenis bilangan tentu saja mempunyai pengertian dan ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah bilangan bulat yang terdiri atas bilangan bulat positif dan negatif. Tapi, kali ini kita akan membahas tentang bilangan bulat positif negatif yang sudah dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Bilangan Bulat Positif Negatif

Kisah Profesor Matematika yang Ditaklukkan Al Quran dan Akhirnya Masuk Islam

Bilangan bulat dalam garis bilangan

Photo :
  • Wikimedia/Averater

Bilangan bulat positif merupakan himpunan bilangan yang bernilai positif atau yang biasa disebut juga dengan bilangan asli. Sementara itu, bilangan bulat negatif merupakan himpunan bilangan yang bernilai negatif. Setiap bilangan yang terletak di sebelah kanan 0 adalah bilangan positif dan bersesuaian dengan bilangan bulat di sebelah kiri 0 adalah bilangan bulat negatif. 

Bubarkan Tawuran, 2 Polisi di Padang Malah Ditabrak Ambulans yang Sopirnya Positif Sabu

Bilangan bulat negatif ini umumnya mempunyai lambang atau simbol minus (-) sebelum penulisan angka. Sementara bilangan bulat positif tidak mempunyai lambang atau simbol apa pun. Contoh bilangan bulat positif adalah: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan seterusnya. Sedangkan contoh bilangan bulat negatif adalah: -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9, dan seterusnya. 

Contoh pasangan bilangan bulat tersebut adalah 2 dengan -2, 5 dengan -5, 8 dengan -8, dan seterusnya. Tapi terkadang, bilangan bulat di sebelah kanan 0 ditulis dengan +1, +2, +3 dan seterusnya. Hal ini untuk menekankan bahwa deretan angka tersebut adalah bilangan bulat positif sebagai lawan dari bilangan bulat negatif yaitu -1, -2, -3 dan seterusnya. 

Rumus Perhitungan Bilangan Bulat Positif Negatif

Tabel perkalian.

Photo :
  • U-Report

Rumus perhitungan bilangan bulat positif negatif adalah sebagai berikut. 

1. Apabila bilangan bulat positif (+) bertemu dengan bilangan bulat positif (+), maka hasilnya adalah bilangan bulat positif (+). 

2. Apabila bilangan bulat positif (+) bertemu dengan bilangan bulat negatif (-), maka hasil bilangannya adalah negatif (-). 

3. Apabila bilangan bulat negatif (-) bertemu dengan bilangan bulat positif (+), maka hasilnya adalah negatif (-). 

4. Apabila bilangan bulat negatif (-) bertemu dengan bilangan bulat positif (-), maka hasil bilangannya adalah positif (+). 

Pemakaian Bilangan Bulat

Trik perkalian matematika kupu-kupu.

Photo :
  • U-Report

Konsep dari lawan bilangan dalam bentuk bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif berguna untuk menghitung kedua sisi dari titik acuan. Bilangan tersebut dinamakan juga dengan bilangan positif dan bilangan negatif. Bilangan bulat positif memperlihatkan arah yang berbeda dengan bilangan bulat negatif. 

1. Kredit dan Utang

Kredit direpresentasikan dengan bilangan bulat positif, sementara utang atau defisit dilambangkan dengan bilangan bulat negatif. Hal ini umumnya diterapkan dalam neraca perdagangan, seperti perbedaan antara ekspor dan impor. 

2. Suhu

Dalam termometer celcius, titik beku air adalah 0. Sedangkan, dalam skala suhu Fahrenheit, titik bekunya adalah 32. Dalam kedua skala ini, suhu di atas 0 adalah positif sementara di bawah 0 adalah negatif. 

3. Ketinggian

Permukaan air laut menjadi referensi yang umum dalam mengukur sebuah ketinggian. Bagan dan peta dengan label ketinggian di bawah dan di atas permukaan laut memakai bilangan positif dan negatif. Misalnya, bilangan negatif dipakai untuk memperlihatkan ketinggian di atas dasar Samudera Atlantik atau ketinggian di bawah permukaan laut. 

4. Olahraga

Dalam beberapa olahraga, bilangan positif dan juga negatif dipakai untuk memperlihatkan jumlah dari titik acuan yang diberikan. Misalnya dalam olahraga golf, titik acuan yang dipakai adalah par dengan skor -4 memperlihatkan 4 pukulan di bawah par. 

5. Waktu

Para ahli kerap menemukan beberapa kecocokan saat menetapkan waktu yang dipakai sebagai waktu nol. Menurut waktu sebelum, menjadi negatif. Sementara itu, menurut waktu sesudah, menjadi positif. Praktik tersebut juga dipakai dalam peluncuran roket, misalnya -15 menit yang memiliki arti 15 menit sebelum meluncur. 

Cara Menghitung Bilangan Bulat

Cara Pengurangan Angka Ribuan dengan Mudah, Kamu Wajib Coba!

Photo :
  • Instagram@ngajimatematika

Untuk menghitung bilangan bulat, kamu membutuhkan operasi hitung. Operasi hitung di dalam matematika merupakan perlakuan terhadap sebuah bilangan. Operasi hitung bisa berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya. Untuk bisa memahaminya, simak ulasan berikut ini. 

1. Penjumlahan

Penjumlahan dengan jenis bilangan bulat yang sama akan menghasilkan jenis bilangan yang sama. Bila operasi penjumlahan dilakukan dengan bilangan bulat positif, maka hasilnya adalah bilangan bulat positif. Hal yang sama juga berlaku untuk penjumlahan bilangan bulat negatif. 

Misalnya: 

3 + 2 = 5

(-3) + (3) = -6

(-4) + 1 = -3

6 + (-5) = 1

2. Pengurangan

Dalam operasi pengurangan, bila simbol pengurangan adalah (-) bertemu dengan simbol minus (-), maka hasil perhitungannya akan dijumlahkan. Untuk bisa lebih memahaminya, kamu dapat melihat contoh pengurangan dua jenis bilangan yang sama di bawah ini. 

7 - 2 = 5

(-3) - (-4) = (-3) + 4 = 1

6 - (-2) = 6 + 2 = 8

(-1) - 4 = 3

3. Perkalian

Perkalian dua bilangan bulat positif akan menghasilkan dua buah bilangan positif. Sedangkan, perkalian dua bilangan bulat negatif akan menghasilkan bilangan bulat positif. Tapi, bila mengalikan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, maka hasilnya adalah bilangan bulat negatif. 

3 x 3 = 9

2 x (-4) = -8

(-5) x 1 = -5

(-5) x (-2) = 10

4. Pembagian

Pembagian dua bilangan bulat positif akan menghasilkan bilangan bulat positif. Sedangkan pembagian dua bilangan bulat negatif akan menghasilkan bilangan bulat positif. Lalu, bila membagi bilangan bulat positif dengan negatif, maka hasilnya adalah bilangan bulat negatif. Pada dasarnya, konsep tersebut pembagian bilangan bulat sama dengan operasi hitung perkalian. 

6 : 2 = 3

(-4) : (-2) = 2

8 : (-4) = -2

(-10) : 2 = 5

2 siswa Indonesia meraih emas di kompetisi matematika dan bahasa Inggris dunia.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Selain juara kompetisi matematika internasional, siswa Indonesia lainnya juga berhasil meraih medali emas di kompetisi Bahasa Inggris bagi pelajar dari berbagai negara.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024