Mengenal Ukuran Foto 5R Secara Lengkap dalam MM, CM, dan Inci

bingkai foto
Sumber :
  • myhomeideas.com

VIVA – Ukuran foto 5R merupakan ukuran dimensi panjang dan lebar yang telah disesuaikan dengan standar yang ditentukan dalam satuan mm (milimeter) dan dapat dikonversi menjadi satuan cm (centimeter) maupun inci (inchi). Dalam hal ini, ukuran tersebut termasuk ke dalam standar ukuran kertas seri R yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Biasanya, ukuran foto 5R ini dipakai dalam kertas jenis foto untuk mencetak pas foto maupun berbagai ukuran yang lain. 

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Selain itu, pemakaian huruf R dalam ukuran foto ternyata mempunyai alasan sendiri. Hal ini karena huruf R merupakan ukuran yang telah ditetapkan menurut standar internasional (ISO) sebagai lambang ukuran dalam foto atau hal lain yang berkaitan dengan foto Tapi sayang, masih banyak orang yang masih belum mengetahui ukuran yang paling sesuai dengan R saat akan mencetak foto. 

Salah satu ukuran foto yang populer adalah 5R karena ukuran tersebut sangat sesuai untuk dijadikan sebagai album kenangan atau dibingkai untuk menjadi hiasan. Kemudian, ukuran foto 5R dalam satuan milimeter dapat dikonversi ke dalam bentuk satuan ukur lain, misalnya menjadi satuan centimeter maupun inchi. Nah, untuk lebih memahami ukuran foto 5R, berikut ulasan selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber. 

Harga Emas Hari Ini Kamis 4 April 2024: Produk Antam dan Global Kompak Tembus Rekor Tertinggi

Resolusi Ukuran Foto 5R

Untuk mencetak foto ukuran 5R ada baiknya dengan gambar yang beresolusi cukup besar yaitu 1500 X 2102 pixel. Tujuannya tidak lain supaya hasil gambarnya berkualitas bagus dan tidak pecah. Berbagai foto bisa kamu cetak dengan ukuran tersebut, lalu dipajang. Seperti foto kelulusan, pernikahan, ulang tahun, dan momen lain yang layak untuk diabadikan. 

Jurus Irjen Suwondo Antisipasi Macet Libur Lebaran di Yogyakarta

Ukuran Foto 5R

Layaknya ukuran foto yang lain, ukuran foto 5R ini terdiri atas panjang dan lebar yang sudah disesuaikan dengan standar internasional (ISO). Jika dalam kertas percetakan yang memakai standar satuan A dan B, berbeda dengan kertas foto yang memakai satuan R. Bila dikonversi ke dalam milimeter (mm), centimeter (cm), dan inchi (inci) hasilnya pun akan berbeda. 

Maka dari itu, kamu perlu memahaminya terlebih daulu. Sebab, saat akan mencetak foto, petugas akan menanyakan berapa ukuran yang kamu butuhkan. Untuk memahami konversi ukuran tersebut juga tidak terlalu sulit. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa memilih kertas foto jenis glossy paper. 

1. Ukuran Foto 5R dalam Satuan mm 

Ukuran foto dalam satuan mm adalah 127 x 178 mm. Satuan milimeter sendiri merupakan satuan menurut standar internasional. Berdasarkan ukuran tersebut, dapat disimpulkan bahwa foto 5R mempunyai lebar 127 mm dan mempunyai panjang 178 mm. Untuk lebih jelasnya, simak foto di atas untuk contoh ukuran foto 5R dalam satuan mm. 

2. Ukuran Foto 5R dalam Satuan cm

Ukuran foto untuk satuan cm adalah 12,7 x 17,8 centimeter. Selain dalam satuan mm, kita juga dapat mengkonversikan satuan ukuran foto 5R dalam cm. Menurut keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa foto 5R mempunyai ukuran lebar 12,7, cm dan panjang mencapai 17,8 cm. Untuk lebih jelasnya, simak foto di atas. 

3. Ukuran Foto 5R dalam Satuan inci

Ukuran foto 5R dalam satuan inci adalah 5 x 7 inci. Artinya, foto 5R dalam satuan inci ini mempunyai lebar mencapai 5 inci dan mempunyai panjang 7 inci. Untuk lebih jelasnya, silakan simak contoh foto atas untuk ukuran foto 5R dalam satuan inci. 

Tips Foto Keren

1. Setting Kamera

Kamu dapat memakai ponsel yang dimiliki kemudian diubah untuk menghasilkan foto yang keren. Rasio foto yang harus diubah pertama kali ada kamu harus menemukan beberapa pilihan seperti 1:1, 4:3, atau yang full screen. Tapi, untuk hasil foto yang keren, kamu dapat memilih ukuran 4:3. Setelah itu, ubah juga garis kisi dalam kamera ponsel tersebut. 

Kemudian, tampilan kamera kamu akan dihiasi dengan kotak-kotak. Umumnya akan berupa 6 kotak kecil yang saling berpotongan dan menyatu. Jangan lupa untuk menonaktifkan opsi watermark. Fungsinya supaya logo ponsel kamu yang berada di sebelah kiri tidak ikut terpampang. 

2. Cari Spot Foto

Pengambilan foto tentu saja akan terikat dengan spot foto yang keren. Sebetulnya tidak sulit untuk mencari spot foto yang keren dan kekinian. Kamu hanya perlu memanfaatkan dengan baik sosial media yang dimiliki untuk mencari informasi sebaik mungkin. Kamu dapat mencari lewat Instagram, Facebook, Google, dan lain sebagainya. 

Saat sudah memperoleh referensi tempat dan foto. Amati terlebih dahulu, kemudian lihat apakah jauh dari keramaian dan background foto harus indah serta bersih. Bila dirasa kurang bagus, kamu bisa mencari spot yang lain. Jangan lupa untuk memakai opsi zoom bila dirasa kurang dekat dan pakai langkah kaki untuk mendekati objek sasaran. 

3. Ambil Sudut yang Tepat

Berikutnya, kamu bisa mengambil foto dari sudut yang diinginkan. Pertama ada high angle, mengambil foto dari atas objek. High angle ini cocok untuk para perempuan yang menginginkan hasil foto yang tampak cantik dan imut. Sudut foto yang kedua adalah mid angle atau membidik objek dari tengah. 

Sudut foto yang satu ini akan menghasilkan foto yang netral antara objek dengan informasi latar belakang yang ditampilkan. Jadi, seseorang akan langsung mengetahui lokasi tempat berfoto. Sudut terakhir adalah low angle. Foto ini dapat diambil dari bawah dengan kamera yang menghadap ke atas. 

4. Proses Editing

Untuk yang satu ini, tidak semua orang dapat menerapkannya karena ingin hasil foto yang lebih natural atau alami. Tapi, editing bukan hanya menambahkan efek atau stiker, tapi juga memperbaiki hasil foto yang kurang maksimal atau tajam. Untuk mengedit, kamu bisa memakai aplikasi tambahan yang sudah tersedia di Play Store atau App Store. 

Sunan Kalijaga dan Salmafina

Unggah Foto Umroh Bareng, Sunan Kalijaga: Kembalikan Iman Islam Salmafina

Dalam foto lainnya, terlihat Heidy Sunan yang berada di tengah mengambil foto dengan bantuan tongsis bersama putrinya Salmafina Sunan dan Sunan Kalijaga.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024