Sering Digunakan, Ini Perbedaan Ukuran Kertas HVS

ilustrasi kertas HVS
Sumber :
  • pixabay.com/tamara

VIVA – Ukuran Kertas HVS pada kertas HVS menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang akan digunakan. HVS adalah salah satu kertas yang sering digunakan. Mulai dari kegiatan printing, menulis dengan tangan, hingga kebutuhan lainnya. HVS menjadi kertas populer  yang digunakan karena selain mudah untuk didapat, harga kertas HVS pun dapat dikatakan murah dan terjangkau. 

Cara Kurangi Sampah dengan Praktik Guna Ulang

Kertas HVS umumya berbahan dasar bubur kertas atau pulp tanpa lignin. Lignin sendiri merupakan perekat antar-serat yang biasa ditemukan dalam pohon. Kertas HVS mulai banyak digunakan di Indonesia setelah sering digunakan Belanda di Indonesia. HVS sendiri adalah singkatan dari Hout Virj Schrijfpapier yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. 

Walau termasuk kedalam benda yang mudah didapatkan, namun, tak banyak yang mengetahui bahwa kertas HVS memiliki beragam jenis ukuran. Ukuran yang paling populer dan banyak diketahui adalah ukuran A4. Namun ternyata HVS memiliki beberpa ukuran lainnya. Simak beberapa ukuran kertas HVS yang paling umum dijual.

Ketua Pansel Sebut Pendaftar Capim dan Dewas KPK Bertambah

1.    Ukuran Kertas HVS A4

Ukuran Kertas HVS A

Photo :
  • pixabay.com/tamara
Harga Emas Hari Ini 4 Juli 2024: Produk Antam Meroket Jadi Rp 1.378.000 per gram

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kertas HVS dengan ukuran A4 adalah yang paling populer dan sering digunakan. Bahkan banyak orang menyebut kertas jenis HVS dengan kertas A4. HVS dengan ukuran A4 memiliki ukuran umum dengan lebar  21 cm dan panjang 29,7 cm. 
Biasanya, ukuran A4 digunakan untuk printing dokumen, tugas - tugas kuliah dan lainnya. Jenis kertas ini yang paling umum digunakan untuk skala Internasional. 

2.    Ukuran Kertas HVS A3 

Ukuran Kertas

Photo :
  • pixabay.com/tamara

Kertas HVS A3 umumnya memiliki ukuran 29,7 cm x 42 cm. Biasanya, kertas dengan ukuran A3 ini digunakan untuk mencetak dokumen yang lebih besar atau penggunaan untuk fotocopy file dengan ukuran lebih lebar. Untuk ukuran A3 juga memiliki ukuran lain yaitu A3 plus, yang mana ukuran ini lebih besar dari standart A3, yakni dengan ukuran 32 cm x 48 cm. Untuk kertas A3 lebih banyak digunakan untuk digital printing, seperti cetak stiker, cetak poster ukuran jumbo, dan lainnya. 

3.    Ukuran Kertas HVS A5

Ukuran Kertas

Photo :
  • pixabay.com/tamara

Untuk ukuran terakhr dalah HVS Plano. HVS Plano sendiri memiliki empat ukuran yang berbeda. Keempat ukuran yang berbeda tersebut adalah 79 cm x 109 cm, 65 cm x 100 cm, 65 cm x 90 cm serta ukuran 61 x 86 cm. HVS Plano mungkin akan sedikit lebih susah ditemukan dan digunakan untuk keseharian. Namun, HVS Plano biasanya digunakan untuk mencetak poster dengan bentuk potrait, atau kertas tulisan yang membutuhkan diameter besar. 

Di atas adalah beberapa ukuran kertas HVS. Sedikit fakta, kertas HVS memang seringnya digunakan dengan warna putih. Namun, sesuai dengan kebutuhan, banyak orang yang membeli dan pabrik memproduksi kertas HVS dengan berbagai warna. Biasanya diperuntukan sebagai hiasan, membatas sebuah chapter buku dan lain sebagainya. 

Kertas HVS juga sebenarnya tak hanya memilliki ukuran A, B dan F saja, namun juga ada ukuran C dan  R. 

Untuk ukuran kertas HVS C ini, biasanya digunakan untuk mencetak amplop, map, atau kartu pos. Maka bisa dikatakan ukuran kertas HVS C adalah ukuran yang lebih kecil. Sedangkan untuk ukuran kertas HVS R, biasanya digunakan untuk mencetak foto. Maka dari itu, ukuran kertas HVS R bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencetak foto apa dan bagaimana yang dicetak. 

Selain beberapa perbedaan ukuran kertas HVS di atas, kertas HVS juga bisa dibedakan berdasarkan gramaturnya atau gsm. Terdapat tiga perbedaan, yaitu HVS 70 gs, HVS 80 gsm dan HVS 100 gsm

Kertas HVS 70 gsm biasa digunakan untuk keperluan mencetak dokumen biasa atau kebutuhan fotokopi, karena lebih ekonomis dan mudah didapatkan. Untuk kertas dengan 80 gsm, biasanya digunakan untuk makalah, penelitian sains, skripsi, tesis, disertasi, hingga dokumen – dokumen penting kantor hingga pemeritahan. 

untuk HVS 100 gsm, biasanya kertas ini dipergunakan untuk mencetak sesuatu dengan lebih mendetail. Biasanya digunakan untuk keperluan presentasi langsung, atau cetak peta dan atlas. 

Nah, di atas adalah deskripsi dan perbedaan mengenai ukuran kertas HVS. Untuk beberapa ukuran kertas HVS memang sulit ditemukan di jual di toko fisik, namun jika memang butuh, biasanya toko online atau online shop menjual berbagai ukuran kertas HVS. Sesuaikan dengan kebutuhan. 

Pahami Ketentuan Bea Cukai untuk Barang Kiriman Luar Negeri

Pahami Ketentuan Bea Cukai untuk Barang Kiriman Luar Negeri

Setiap barang kiriman luar negeri yang masuk ke Indonesia diberlakukan sebagai barang impor. Penanganan impor barang kiriman tersebut menjadi kewenangan Bea Cukai.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2024