Mengenal Ukuran Kertas B5 Lengkap dalam MM, CM, Inci, dan Piksel

Ilustrasi selembar kertas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahukah kamu bahwa ukuran kertas B5 ini biasanya dipakai untuk keperluan pencetakan profesional lantaran kertasnya yang tebal, misalnya untuk pembuatan majalah. Meskipun tidak semua majalah memakai kertas B5, tapi kebanyakan majalah yang sering ditemukan menggunakan jenis kertas tersebut. Dalam seri B ini, perkiraan besarnya ukuran berada di tengah antara 2 ukuran atas kertas seri A. 

Harga Emas Hari Ini Kamis 4 April 2024: Produk Antam dan Global Kompak Tembus Rekor Tertinggi

Selain itu, kertas sendiri memiliki standar dan konvensi yang berbeda-beda, dan setiap negara juga mempunyai standar ukuran masing-masing serta bisa juga didasarkan oleh situasi setempat. Menjadi negara yang mengikuti standar internasional, ISO (International Organization for Standardization) di dalamnya ada ukuran A4, B3, C4, dan lain sebagainya. Tapi, ada pula standar lokal seperti di Amerika Utara yaitu letter, legal, ledger, dan lain sebagainya. 

Adanya penentuan standar ini bermanfaat untuk menentukan berapa ukuran dari majalah, binder buku, kartu, koran, dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa ukuran B5 ini adalah ukuran kertas yang dibagi 2 dari ukuran kertas sebelumnya, yaitu B4, begitu juga dengan B7 yang merupakan setengah dari ukuran B6 atau dibagi dua. Nah, berikut adalah ulasan tentang ukuran kertas B5 yang disadur dari berbagai sumber. 

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Ukuran Kertas B5 dalam Satuan Milimeter (mm)

ilustrasi kertas HVS.

Photo :
  • pixabay.com/tamara
Harga Emas Hari Ini 15 Maret 2024: Antam Melorot, Produk Global Bervariasi

ISO sudah menetapkan ukuran standar setiap jenis kertas dalam satuan MM, termasuk kertas B5. Ukuran B5 dengan satuan mm terdiri atas 176 mm x 250 mm. Artinya, kertas B5 dalam standar ISO memakai panjang 250 mm dan lebar mencapai 276 mm. 

Ukuran Kertas B5 dalam Satuan Sentimeter (cm)

Ilustrasi selembar kertas.

Photo :
  • U-Report

Bila kamu kesulitan untuk memakai ukuran mm, kamu dapat melakukan konversi ukuran B5 ke dalam cm. Bila ukuran B5 dikonversi, maka ukurannya akan menjadi 17,6 cm x 25 cm. Dengan panjanga yang mencapai 25 cm dan lebarnya 17,6 cm. 

Ukuran Kertas B5 dalam Satuan Inci (in)

Langkah-langkah melipat kertas.

Photo :
  • U-Report

Salah satu ukuran kertas B5 yang sudah ditetapkan oleh ISO 216 adalah dalam satuan inci. Hasil ukuran B5 yang sudah dikonversi adalah 8,94 x 6,92 in. Dengan rincian panjang mencapai 9,84 inci dan lebar mencapai 6,93 inci. 

Ukuran B5 dalam Satuan Pixel (px)

Ilustrasi menulis.

Photo :

Satuan yang satu ini biasanya dipakai di dunia desain grafis. Ukuran dalam satuan tersebut adalah satuan digital standar komputer. Ukuran kertas ini bisa diatur sesuai dengan satuan piksel atau PPI (pixel per inch). PPI ini akan memperlihatkan jumlah piksel dan kepadatan piksel sebuah gambar atau desain digital dalam layar. Ada beberapa ukuran B5 dalam satuan piksel sebagai berikut. 

  • Ukuran B5 dengan 72 PPI memiliki lebar 499 piksel dan panjang 709 piksel.
  • Ukuran B5 dengan 96 PPI terdiri dari lebar 665 piksel dan 945 piksel.
  • Kertas B5 dengan 150 PPI berukuran 1040 x 1476 piksel. Artinya kertas ini memiliki lebar 1040 piksel dan 1476 piksel.
  • Kertas B5 dengan 300 PPI memiliki lebar 2079 piksel dan 2953 piksel.

Manfaat Kertas B5

Ilustrasi membahas promosi yang baik.

Photo :
  • U-Report

Kertas berukuran B5 ini kerap dimanfaatkan oleh industri percetakan profesional untuk kebutuhan alat percetakan. Selain itu, ada beberapa kegunaan lain, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Sebagai Media untuk Promosi

Seperti seri kertas yang lain, kertas ukuran B5 ini mempunyai berbagai kegunaan, dan salah satunya adalah dimanfaatkan sebagai salah satu media promosi. Pembuatan poster dan brosur dalam ukuran kecil lebih sering memakai ukuran kertas B5. 

2. Sebagai Alat Kantor

Kertas B5 biasanya dapat ditemukan di peralatan kantor. Kertas dengan ukuran tersebut dipakai untuk membuat amplop, mencetak buku tulis, atau kebutuhan yang lain. 

3. Sebagai Bahan Dasar untuk Publikasi

Kertas berukuran B5 juga dipakai sebagai bahan dasar dalam membuat majalah. Meski tidak semua majalah memakai kertas B5, tapi kertas jenis ini kerap dipilih. Hal ini karena karakteristik kertas yang cukup tebal menjadi pilihan tepat untuk bahan dasar majalah. 

Cara Membuat Kertas Ukuran B5 di Word

Password.

Photo :
  • U-Report

Setelah mengetahui ukuran kertas tersebut, berikutnya kita dapat mencoba untuk mengatur secara langsung ukuran dokumen secara digital. Sebab, terdapat dua jenis pemakaian kertas B5 untuk dokumen dan desain, sehingga cara pemakaiannya juga berbeda. Untuk kamu yang menggunakan Ms. Word maka bisa langsung mengaturnya lewat menu Paper Size. 

Ukuran standar yang ada di Ms. Word mungkin dapat ditemukan anya A4, A5, dan sejenisnya. Karena itu, kota perlu mengaturnya sendiri secara manual. Caranya cukup buka Ms. Word, lalu ketuk tombol Layout dan pilih Custom Page Size. Setelah itu, atur ukuran kertasnya dan bisa juga memakai ukuran inci. 

Cara Membuat Kertas Ukuran B5 di Ms. Excel

Microsoft Excel.

Photo :
  • uakron.edu

Kertas B5 di Excel ini cocok untuk data-data yang ingin disimpan dan dicetak dalam ukuran yang kecil. Namun, masih banyak yang belum mengetahui cara mengubahnya, untuk itu silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Buka menu Ribbon Excel dan pilih tab Page Layout pilih Paper Size. 

2. Pilih lagi menu More Page Sizes. 

3. Kemudian buka tombol Options. 

4. Di antara opsi yang tersedia, atur menjadi User Defined atau Custom Size. 

Bila sudah diatur, tambahkan satuan ukuran kertas jenis B5 dalam satuan yang disesuaikan. 

Cara Membuat Kertas Ukuran B5 dengan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Photo :
  • U-Report

Untuk kebutuhan gambar majalah, desain poster, lukisan, dan lainnya, pemakaian kertas B5 dapat memakai aplikasi edit foto. Aplikasi edit foto ini ada banyak sekali jenisnya. Tapi, memang tidak semuanya dapat digunakan untuk membuat kertas berukuran B5. Karena itu, direkomendasikan untuk memakai Photoshop. 

1. Buka Adobe Photoshop

2. Pilih File > Pilih Open > Lalu cari desain gambar yang telah dibuat.

3. Kemudian pilih menu Image di bagian atas. Kemudian atur satuannya memakai ukuran Pixels. 

4. Pilih OK dan klik lagi menu File. Pilih Save As. 

5. Beri nama file sesuai keinginan kamu dan pilih simpan dalam format yang diinginkan. 

Satuan yang direkomendasikan untuk digunakan adalah pixels. Hal ini supaya akurasinya meningkat meskipun memang bisa juga memakai satuan lain seperti MM atau CM. Perlu diketahui juga bahwa mengatur piksel sampai nilai angkanya menyentuh 2.000 akan membuat halaman Photoshop menjadi besar. 

Ilustrasi musim hujan.

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Hujan merupakan fenomena alam yang sering dijumpai dan membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Selain menyegarkan bumi dan tanaman, hujan juga menyimpan banyak fakta menar

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024