UI Buka Program Beasiswa bagi Mahasiswa Asing

Kampus Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Universitas Indonesia (UI) membuka akses bagi mahasiswa asing melalui program beasiswa UI GREAT dan UI SHINE yang bertujuan meningkatkan reputasi akademik serta memperkenalkan UI dan Indonesia ke ranah internasional.

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

"UI sadar bahwa Indonesia sudah bertumbuh secara signifikan, terutama dalam bidang ekonomi. Bahkan, tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam gelaran G20. Program UI GREAT dan UI SHINE ini diharapkan meningkatkan kolaborasi internasional serta reputasi UI di mata global," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dalam keterangannya, Rabu (11/5).

Menurut dia UI menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan dengan kualitas pendidikan terbaik di Indonesia serta secara konsisten menempati ranking rata-rata di urutan 56 se-Asia dan 260 di tingkat global menurut QS World Campus Ranking.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

"Hal tersebut menjadi bukti bahwa UI mengedepankan kualitas pendidikan serta memiliki nilai kompetitif dalam berbagai aspek. UI mengerti pendidikan tinggi berkualitas diperlukan untuk menjaring talenta-talenta terbaik dari berbagai negara," ujarnya.

UI GREAT diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan penuh waktu atau full time di kampus UI. Hampir seluruh fakultas di UI menyediakan program pendidikan S2 yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Beberapa fakultas yang menyediakan program pendidikan pascasarjana, antara lain Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kebijakan Stratejik dan Global.

Kepala Kantor Urusan Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D mengatakan persyaratan untuk program UI GREAT sebagaimana dijelaskan drg. Baiduri, yaitu aplikan harus berasal dari warga negara asing (non-Indonesia), harus sudah mendapatkan vaksin minimal dua kali, mampu mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 selama masa studi di UI, serta beberapa syarat lain yang bisa diakses melalui tautan https://admission.ui.ac.id/.

Mahasiswa asing yang diterima dalam program UI GREAT berkesempatan mendapat bantuan beasiswa dengan komponen bantuan biaya visa mahasiswa, bantuan tiket pesawat, bantuan biaya hidup, serta bantuan lainnya yang dapat dilihat pada laman terkait.

Sementara itu, UI SHINE adalah program pertukaran pelajar bagi mahasiswa S1 dan S2 yang sedang menempuh pendidikan di universitas yang bekerja sama dengan UI. Mereka dapat menempuh pendidikan di UI selama satu semester.

Aplikan dapat memilih program studi di fakultas tujuan dengan bidang ilmu yang sama di universitas asal. Persyaratan yang harus dipenuhi program UI SHINE adalah aplikan merupakan mahasiswa non-Indonesia yang berasal dari universitas partner UI dan persyaratan lain yang dapat diakses melalui laman https://international.ui.ac.id/exchange/.  (antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya