Sebagai Muslim, Ini 6 Keutamaan Surat Al Kahfi

Al Quran, Islam
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA – Keutamaan surat al kahfi di Hari Jum’at dan menjadi Sunnah.  Banyak keutamaan bagi orang-orang muslim dalam membaca surat ini.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Rasulullah juga menyebutkan, bagi siapa saja yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat niscaya akan mendapatkan pahala yang berlimpah dan juga mendapatkan berbagai keberkahan dari Allah SWT.

Merujuk dari berbagai sumber, Viva kali ini akan memberikan kamu mengenai keutamaan membaca surat Al-Kahfi;

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

1. Dosa Diampuni oleh Allah SWT

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW mengatakan bahwa

Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah sampai ke langit, akan mematuhi nya kelak pada hari hari, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.’”

Al-Mundziri berkata: hadist ini diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan jumat yang tidak apa-apa. (Dari kitab at-Targhib wa al-Tarhib: 1/298)”

2. Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata; Rasulullah SAW bersabda,"Siapa yang membaca Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah sampai ke langit, akan dijelaskannya kelak pada hari hari dan diampuni dosanya antara dua Jumat. (HR. Abu Bakr bin Mardawalh).

Dajjal merupakan satu di antara tanda-tanda yang diketahui. Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa:

“Dajjal tidak akan muncul kembali sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).

Dajjal sebagaimana diceritakan memiliki satu mata di dahinya. Di dahinya juga terukir tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya kafir. Fitnah Dajjal yang kejam serta dapat membawa kita ke kesesatan dan siksa neraka Jahanam. Akan tetapi, jika kita rutin dan istiqomah membaca Surat Al Kahfi, maka akan mencegah kita terjebak dengan kemudhatan Dajjal.

Hal tersebut oleh hadist- hadist berikut ini :

“Barang siapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barang siapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati Dajjal) membaca ia membacakan atasnya ayat-ayat asal Surat Al Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari asal Surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

“Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surat Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR.Abu Daud).

Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal Surat Al Kahfi itu dapat menyenangkan-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah.

3. Mendapatkan Ridho Cahaya dari Allah SWT

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kaki, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

“Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa'id al-Khudri R.A disebutkan;

“Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

4. Disinari Cahaya Kebaikan di Hari Kiamat

Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari hari dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kaki hingga ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12 yang bunyinya

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid:12)

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasullulah SAW mengatakan:

“Barangsiapa membaca Surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘atiq ( Ka’bah) .” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736.

5. Dijaga Doa nya di antara dua Jumat

Abdullah bin Umar ra berkata; Rasulullah bersabda, "Siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jum'at maka akan memancar cahaya dari bawah kaki sampai ke langit akan menghadap nya pada hari hari dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

6. Dijaga Dari Gangguan Setan

Salah satu upaya untuk menghindari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal," Rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al Kahfi atau Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu."

Nah, itu keutamaan bacaan Suart Al-Kahfi yang akan menutuni dan memberikan dampak yang baik untuk kamu, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca surat Al-Kahfi ya!

Inul Daratista

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Meski demikian, Inul Daratista hanya menerima dengan ikhlas dan meminta doa restu dari ibunya. Baginya, doa ibu dan perlindungan dari Allah SWT adalah yang terpenting.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024