5 Hal Tentang Ukuran Kertas A5, Simak Berikut Ini!

Ukuran kertas A5
Sumber :
  • prepressure.com

VIVA – Ukuran kertas A5 adalah bagian dari kumpulan atau rentang ukuran halaman, yang disebut standar ISO A atau ISO 216. Standar internasional ini didasarkan pada standar DIN 476 Jerman dari tahun 1922. A5 sebenarnya sering disebut sebagai DIN A5. Dilansir oleh prepressure.com, orang Jepang telah mengadopsi kisaran ukuran kertas yang sama dalam standar JIS P 0138-61 mereka.

Sederet Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging, Bantu Turunkan Kolestrol Saat Lebaran

Dengan melipat A5 menjadi dua di sepanjang sisi terpendek, kamu membuat ukuran A6. Dua halaman A5 bersebelahan sama dengan ukuran kertas A4. Dengan cara ini berbagai ukuran kertas dibuat dari A0 (yang memiliki permukaan satu meter persegi) hingga A10. Rasio tinggi/lebar tetap konstan (1:1,41 atau akar kuadrat dari 2) untuk semua ukuran. Dimensi selalu dibulatkan ke milimeter terdekat. Simak dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ukuran kertas A5.

Pengenalan Ukuran Kertas A5

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Dilansir oleh mainthebest.com, ukuran Kertas A menjadi “standar” yang sering digunakan menurut “ISO” dan berlaku luas secara internasional, termasuk A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10. Ada banyak konvensi standar ukuran kertas lain yang telah ada pada waktu yang berbeda dan di berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini mempengaruhi atau biasanya digunakan untuk kertas tulis, alat tulis, kartu, beberapa dokumen pencetakan, dan ukuran kertas yang berhubungan dengan amplop.

Standar Ukuran Kertas Seri A ditentukan dengan membagi 2 atau setengah ukuran kertas sebelumnya dalam dimensi yang lebih besar. Sedangkan kertas yang paling sering digunakan adalah ukuran A4, biasanya digunakan untuk kertas tulis, kartu, mencetak dokumen, amplop, dan juga pada aplikasi seperti Microsoft Office seperti Word atau Excel.

Libur Lebaran Kasus Flu Singapura Meningkat, Kemenkes Minta Lakukan Ini untuk Pencegahan

Dikutip dari standardpostersizes.com, Ukuran berikut adalah ukuran yang digunakan secara global dan paling umum. Standar ini pertama kali dikembangkan di Perancis sekitar tahun 1798 selama revolusi Perancis. Mereka kemudian ditingkatkan oleh sarjana Jerman pada tahun 1922 yang membawa struktur (DIN) yang telah menjadi kerangka kerja yang digunakan saat ini di seluruh dunia.

A5 persis setengah ukuran ukuran A4 untuk ukuran kertas ISO semua ukuran adalah akar kuadrat dari dua. Jadi misalnya lebar dan tinggi halaman berhubungan satu sama lain seperti sisi dan luas diagonal persegi

Resolusi yang Diperlukan untuk Mencetak Gambar Ukuran A5

Untuk menampilkan gambar dengan hasil maksimal perlu memiliki resolusi minimum tertentu. Jumlah piksel tergantung pada kualitas output yang diperlukan.

  • Contohnya pada 300 ppi (piksel per inci) gambar harus berukuran 1748 x 2480 piksel. Ini adalah resolusi yang diperlukan untuk kualitas cetak offset yang akan dilihat dari jarak dekat (seperti buku, brosur, majalah, kalender, dan lain-lain). Untuk buku foto, ini juga merupakan resolusi optimal tetapi jumlah piksel yang agak lebih rendah (250 dpi) dapat diterima untuk foto terlihat lebih bagus.
  • Seanjutnya pada 150 ppi, gambar harus berukuran 874 x 1240 piksel. Ini adalah resolusi minimum untuk surat kabar atau poster yang dilihat dari jarak yang cukup dekat.

Kamera digital dengan kualitas gambar yang layak dan resolusi 4 megapiksel atau lebih dapat digunakan untuk mencetak gambar ukuran A5 berkualitas tinggi.

Ukuran Kertas A5

Dimensi Ukuran Kertas A5 dalam mm, cm, inci:

Ukuran A5 dalam mm adalah 148 x 210 milimeter.
A5 Ukuran dalam cm adalah 14,8 x 21,0 sentimeter.
Ukuran A5 dalam inci adalah 5,83 x 8,27 inci.

Beberapa Catatan Teknis Lainnya Pada Ukuran Kertas A5

  • Ukuran kertas A6 adalah 2x ukuran kertas A5.
  • A5 adalah 1/2 ukuran A4 dan 1/4 ukuran A3
  • A5 adalah 1/8 ukuran A2 dan 16 x ukuran A1
  • A5 adalah 32 x ukuran A0

Bagaimana Ukuran Kertas A5 Dibandingkan dengan Ukuran Lain

Ukuran Kertas

Photo :
  • asizespaper.com

Dengan mengetahui lima hal diatas kamu dapat dengan mudah mengetahui depan spesifik ukuran kertas A5. Kamu juga dapat membedakan dengan ukuran kertas lainnya. Dengan begitu kamu tidak lagi kellru saat membeli ukuran kertas yang kamu inginkan. Memang pada umumnya lebih banyak menggunakan ukuran kertas A4 dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu. 

Polisi olah TKP kecelakaan (Foto ilustrasi)

Polri Sebut 199 Kecelakaan Terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, 41 Orang Meninggal Dunia

Akibat kecelakaan tersebut 41 orang luka berat dan 271 orang luka ringan.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024