10 Manfaat Membaca Surat Yasin, Dosa Diampuni Hingga Mati Syahid

Ilustrasi membaca al Quran
Sumber :
  • Agan.id

VIVA – Manfaat membaca surat Yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran dan terdiri dari 83 ayat, diturunkan di kota Mekkah dan disebut sebagai surat Makkiyah. Isi atau kandungan surat yasin sangat luas. Seperti pokok keimanan, tanda kekuasaan Allah SWT, peringatan kematian, hari akhir dan kisah perjuangan para pendakwah.

Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Membaca ayat-ayat suci dalam Al-qur’an memiliki banyak manfaat dan manfaat, termasuk surat Yasin. Masyarakat Indonesia sering dibaca oleh masyarakat Indonesia, khususnya di malam Jum’at. Selain di hari tersebut, surat Yasin juga pasti dibacakan saat momen tahlilan orang yang berpulang ke Sang Khalid.

Sama dengan surat-surat lain yang terdapat di dalam Al-Qur’an, surat yasin memiliki keistimewaannya, kali ini Viva akan memberikan informasi mengenai manfaat dari membaca surat Yasin yang bersumber dari berbagai pelansiran sebagai berikut:

Ternyata Masih Hidup, Salwan Momika Ditangkap di Norwegia

1. Dosa-dosa Diampuni

Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam riwayat hadist At Thabrani, ketika disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni. “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu.

Kemenag Mulai Lakukan Proses Penerjemahan Al-Qur'an ke dalam Bahasa Betawi

2. Pembacanya Mati Syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid. “Barang siapa yang membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.Atthobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

3. Menenangkan Hati

Allah SWT berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra'ad:28).

“Orang yang percaya hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati-hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra’du :28).

4. Mempermudah Sakaratul Maut

Membaca surat yasin juga dapat dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al-Azhim:

“Membaca surat yasin diisinya akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .” (Tafsir alqur'an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

“Disunnahkan membaca surat yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5/76 Dar’alim alkitab).

5. Terhindar dari Siksa Kubur

Membacakan surat Yasin saat mengunjungi kuburan seseorang, bisa membuat orang tersebut mendapatkan keringanan siksa kubur. Keutamaan surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal ini sesuai dengan tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 4/373.

‘’Barangsiapa yang ketika mengunjungi makam seseorang kemudian membaca surat Yasin, Allah SWT akan meringankan siksa kubur orang yang sudah meninggal itu.’’

6. Segala Keinginan Dikabulkan

Ada keinginan atau hajat yang segera setelah membaca surat yasin diyakni urusan akan dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

7. Pemberi Syafa'at di Akhirat

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu, saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata:

“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin bersemangat.” (HR.Muslim).

8. Mendapat Kemuliaan

Pada dasarnya setiap surat di Al-Quran itu baik. Dengan membaca Al-Quran secara rutin, termasuk surat yasin maka kita akan dimuliakan oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist :

“Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari hari. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinar nya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR.Abu Daud).

9. Dianggap Keluarga oleh Allah SWT

Rajin membaca Al-quran, termasuk surat yasin memiliki keistimewaan yang luar biasa. Salah satunya akan dianggap keluarga oleh Allah Ta'ala. Seperti pemaparan dalam hadist shahih:

”Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau melihat ditanya,siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab,mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR.Ahmad dan Ibnu Majah).

10. Jiwa akan bersih

Rutin membaca Al-Quran dapat membuat jiwa kita jadi bersih. Ini bisa di ibaratkan laksana bunga yang beraroma harum. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Al-Quran, termasuk yasin.

Dari sahabat Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Perumpamaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah yang aroma nya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Al-Qur`an adalah seperti buah kurma tidak ada aroma nya namun rasanya manis.

Perumpamaan seorang munafik namun ia rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Raihanah yang aroma nya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpamaan seorang munafik yang tidak rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah yang tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.” (Al-Bukhari dan Muslim).

Ilustrasi kiamat.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Al Quran dan penelitian ilmiah mengungkap berbagai teori dan fenomena yang menandakan kedatangan kiamat. Ajaran Islam telah lama mengakui kepercayaan akan hari kiamat.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024