Jumat Berkah, 5 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan di Hari Jumat

Mesjid Istiqlal Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Hal baik yang dapat dilakukan di hari Jumat memang banyak. Sebenarnya, hal baik bisa dilakukan setiap harinya, namun bagi umat Muslim, hari Jumat menjadi hari yang lebih baik untuk melaksanakannya. Hari jumat, khususnya bagi umat Muslim, menjadi hari yang baik. Keistimewaan hari Jumat yaitu bagi siapa yang meminta kepada Allah, maka akan diampuni dosa - dosanya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan dari Anas RA yaitu "Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta'ala tidak membiarkan seorang muslim pun pada hari Jumat yang tidak diampuni dosanya." (Hadist Riwayat Ibnu 'Adiy dan Ath-Thabrani). 

Maka dari satu alasan tersebut, bahwa hari Jumat menjadi hari spesial. Bahkan, di negara Arab Saudi dan negara Muslim lainnya, hari Jumat adalah hari libur. Hal tersebut karena umat Muslim melaksanakan salat Jumat pada hari Jumat yang mana menjadi puncak ibadah setiap minggu nya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Maka dari itu, melakukan hal baik di hari Jumat sangat dianjurkan bagi umat Muslim, karena akan mendapat banyak pahala. Berikut 5 hal baik yang dilakukan di hari jumat : 

1. Membaca surat Al Kahfi 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 5 April 2024

Berdoa

Photo :
  • pixabay

Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah.” (Hadist Riwayat Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain tertulis pula bahwa pahala membaca surat Al Kahfi akan mendapatkan kebaikan di antara dua jumat,

Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (Hadist Riwayat Al-Baihaqi)

2. Membersihkan Diri 

Gunting Kuku

Photo :
  • Pixabay/Saulhm

Dalam islam, kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka, dapat disimpulkan bahwa membersihkan diri pada hari Jumat sangat dianjurkan. Bahkan, termasuk ke salam sunnah. 

Membersihkan diri meliputi mandi, gunting kuku, mencukur rambut dan lainnya. Ini diungkapjan oleh Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafiiyah rahimahumullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan, pen.) pada hari Jumat.” (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287)

3. Melaksanakan sholat Dhuha

sholat dhuha

Photo :
  • vstory

Meskipun sholat Dhuha dapat dilakukan setiap pagi hari, namun melaksanakan sholat Dhuha pada hari Jumat termasuk amalan yang baik. 

Hadist Riwayat muslim pernah menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW, melalui Hadist Riwayat Muslim no 27, bahwa “Pada pagi hari, setiap ruas tulang salah seorang di antara kalian itu ada sedekahnya. Maka setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laa ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu Akbar) adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan yang mencukupkan dari semua itu adalah dua rakaat shalat Dhuha" 

4. Membaca surat As Sajadah dan surat Al Insan. 

berdoa

Photo :
  • pixabay

Nabi Muhammad sering membaca surat terntu di saat hari jumat. Di antaranya yang sering dibaca beliau adalah surah As Sajadah dan surah Al Insan.

"Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surah As-Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua.” (Hadist Riwayat Muslim no. 880)

5. Bershalawat kepada Rasul

Seseorang sedang meningkatkan kekhusyukan dan memperbanyak ibadah sunnah

Photo :
  • vstory

Shalawat atau bacaan pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Diungkapkan "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (Hadist Riwayat. Al Baihaqi 3:249)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya